6 Tips Agar Lancar Menjalankan Puasa Ramadan di Hari Pertama

Marhaban Yaa Ramadhan! Selamat datang bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Bulan Ramadhan yang kita cintai datang dengan membawa banyak sekali perubahan. Siapkah kita menyambut hari pertama bulan terbaik ini? Harusnya sudah, tapi jika belum jangan khawatir, enam hal sederhana ini bisa kita lakukan untuk menunjang kualitas puasa dan ibadah kita di bulan yang menjadi ladang pahala bagi kita. Apa saja sih enam hal itu? Yuk kita simak!

1. Jangan lupa niat selepas makan sahur

Satu hal penting yang sering kita lakukan saat puasa; lupa niat! Yap, lupa niat saat puasa bikin laparmu sia-sia. Seharian menahan diri terhadap hawa nafsu tidak terbayarkan dengan pahala yang melimpah. Niat termasuk dalam rukun berpuasa, jika suatu rukun tidak dijalankan artinya kita tidak puasa. Puasa pertama, jangan lupa niat, ya!

2. Jangan telat bangun sahur

Hari pertama puasa biasanya bakalan susah bangun buat sahur. Tubuh masih terbiasa dengan siklus tidur dan bangun yang telah kita jalani selama 11 bulan terakhir. Sahur biasanya dilakukan antara pukul 03:00 pagi hingga 04:30 pagi (tergantung posisi tempat tinggal). Saat hari pertama kita bakalan susah bangun, tahu-tahu sudah subuh. Padahal sahur sangat penting untuk memberikan energi tambahan saat berpuasa.

3. Minum multivitamin dan obat lambung

Puasa hari pertama akan membuat tubuh kita mejadi lemas. Meski sudah sahur beberapa jam sebelum subuh, tapi perut akan keroncongan terus-menerus. Untuk mengatasi hal tersebut usahakan minum suplemen seperti multivitamin. Dengan mengkonsumsi multivitamin tubuh akan mendapatkan sedikit tenaga tambahan, selain itu multivitamin juga akan menjaga tubuh dari serangan penyakit. Dan bagi yag memiliki urusan dengan lambung. Usahakan minum obat penurun asam lambung sesaat setelah makan sahur. Perut yang bermasalah akan sedikit ternetralisir. Dengan mengantisipasi keadaan seperti, puasa hari pertama akan berjalan dengan baik dan lancar. 

4. Hindari kegiatan yang menguras banyak tenaga

Olahraga tentunya sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun di hari pertama puasa sebaiknya kita hindari berolahraga di siang atau selama kita berpuasa seharian, karena khawatir malah akan membuat tubuh kita menjadi lemas dan haus. Berolahraga selama bulan Ramadhan sebaiknya dilakukan setelah berbuka atau setelah solat tarawih agar puasa kita lancar.

5. Perbayak konsumsi buah dan sayur

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur bisa menjaga kita dari masalah pencernaan. Serta hindari makanan yang terlalu pedas, panas dan dingin. Hal ini dikarenakan makanan jenis tersebut dapat menyebabkan gusi atau bibir luka sehingga mengakibatkan panas dalam dan sariawan. Untuk itu di hari pertama puasa penting juga nih buat kita sedia Aloclair Plus. Apa sih Aloclair Plus? Aloclair Plus adalah terbukti ampuh menyembuhkan luka, mengurangi nyeri serta mempercepat penyembuhan sariawan. So jangan lupa sedia Aloclair Plus ya supaya puasamu makin lancar!

6. Bergembiralah dengan datangnya bulan Ramadhan

Dengan mengingat manfaat puasa di bulan Ramadhan, maka kita akan menjalani puasa di hari pertama dengan  bersungguh-sungguh. Kita akan berusaha membuat diri kita terhindar dari segala hal yang dapat mengakibatkan pahala puasa kita berkurang atau bahkan batal. Menyambut puasa dengan gembira dan sukacita akan membuat puasa kita sempurna hingga lebaran tiba.

Berikut enam tips sederhana agar puasa di hari pertama berjalan dengan lancar. So jangan lupa dipraktikan ya, Selamat menjalankan ibadan puasa!

Artikel

Artikel Lainnya