7 Keajaiban Senyuman

Senyuman merupakan bahasa universal dalam komunikasi. Paul Ekman, seorang psikolog dan pakar ekspresi wajah terkemuka dari Amerika Serikat menyatakan bahwa senyuman bersifat lintas budaya dan memiliki makna yang sama bahkan di masyarakat yang berbeda.

Senyuman, meski sederhana, bisa menjadi sumber kebahagiaan. Dengan tersenyum, Kamu tidak hanya membuat diri sendiri menjadi lebih bahagia tapi juga dapat menularkan kebahagiaan pada orang lain. Apa saja keajaiban dari senyuman?

  1. Tersenyum Membuat Kamu Umur Panjang
    Para ahli di Wayne State University di Michigan, Amerika Serikat mempelajari senyuman dari 230 foto pemain baseball. Foto tersebut diteliti dan hasilnya menunjukkan bahwa dari 184 pemain yang telah meninggal dunia, yang dalam fotonya tidak tersenyum memiliki rata-rata usia 72,9 tahun. Sementara para pemain yang tersenyum lebar memiliki rata-rata usia 79,9 tahun, yang berarti 7 tahun lebih lama. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa senyuman dapat mencerminkan pandangan positif yang mendasari kehidupan dan dapat membantu kesehatan jangka panjang yang lebih baik.
  1. Tersenyum Membuat Kamu Lebih Menarik dan Berkarisma
    Profesor psikologi University of California, Howard Friedman, telah melakukan penelitian mengenai bahasa tubuh dan isyarat non verbal dengan kaitannya terhadap karisma. Menurut penelitiannya, orang-orang yang berkarisma cenderung lebih banyak tersenyum dari rata-rata orang. Karisma seseorang juga berkaitan dengan keramahan, dan keramahan dapat ditunjukkan melalui senyuman. Senyuman asli yang tidak dibuat-buat, mengindikasikan penerimaan Kamu terhadap orang-orang di sekitar Kamu.
  1. Tersenyum dapat Memengaruhi Orang-Orang di Sekitarmu
    Saat Kamu tersenyum, orang dapat memperlakukan Kamu secara berbeda. Ketika Kamu tersenyum pada seseorang, orang tersebut secara otomatis akan membalas senyumanmu dan merasa lebih dihargai. Kamu juga akan dinilai sebagai pribadi yang menyenangkan, lebih atraktif dan memiliki ketulusan. Para peneliti di Face Research Laboratory di University of Aberdeen, Skotlandia juga menemukan bahwa pria dan wanita lebih tertarik kepada orang-orang yang melakukan kontak mata dan tersenyum.
  1. Senyuman Dapat Menular
    Studi pada tahun 2002 dan 2011 di Uppsala University di Swedia menunjukkan bahwa senyuman orang lain menekan kontrol yang biasa digunakan untuk mengatur otot, sehingga secara spontan Kamu akan ikut tersenyum ketika melihat orang lain tersenyum padamu. Dalam penelitian tersebut juga dipaparkan bahwa sulit bagi seseorang untuk mengerutkan kening ketika melihat orang lain tersenyum padanya, bahkan ketika orang asing yang tersenyum padanya.
  1. Senyuman Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas
    Suasana hati yang baik yang dimiliki seseorang akan membuat orang tersebut cenderung memiliki ide kreatif dan meningkatkan hubungan sosialnya. Saat perasaan seseorang sedang baik, pikirannya akan terarah lebih fleksibel, lancar dan orisinal. Selain itu, perasaan senang juga dapat membantu seseorang lebih tepat membuat keputusan, melihat permasalahan dengan jernih dan cepat menemukan solusinya.  
  1. Senyuman Membuat Hubungan Asmara Lebih Langgeng
    Kesehatan sebuah hubungan berkaitan dengan bagaimana Kamu dan pasanganmu menikmati hari-hari bahagia bersama. Berbagi senyuman dan tawa akan mempererat hubungan dan menambah keharmonisan. Penelitian di Stanford University menunjukkan bahwa orang-orang yang mampu menurunkan emosi negatif akan lebih mampu mengatasi perselisihan dalam hubungan.
  1. Senyum dapat Memengaruhi Otak dan Tubuh
    Setiap kali Kamu tersenyum, otak akan merasa bahagia. Tersenyum dapat membantu meredakan stres. Saat Kamu tersenyum, Kamu akan melepaskan dopamin, endorfin dan serotonin yang membantu menenangkan sistem saraf, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Bagaimana Agar Kita Bisa Tersenyum Lebih Sering?

  1. Bergaul dengan Orang-Orang yang Punya Semangat Positif
    Karena senyuman dapat menular, pastikan Kamu dikelilingi oleh orang-orang yang bahagia. Orang-orang yang punya semangat positif akan lebih optimis dalam menjalani hidup dan membantu Kamu lebih ceria.
  1. Membaca Cerita Lucu dan Menonton Film Komedi
    Perasaan yang Kamu alami sangat dipengaruhi oleh stimulus dari luar. Membaca cerita yang lucu atau menonton film komedi yang menghibur dapat membuat Kamu merasa lebih ringan dan bahagia. Kamu jadi punya alasan untuk tersenyum dan bahkan tertawa.
  1. Menjaga Kesehatan Mulut
    Mulut yang senantiasa sehat akan membuat Kamu lebih sering tersenyum. Sakit gigi dan sariawan akan membuat Kamu malas tersenyum dan memilih menutup mulut rapat-rapat. Apalagi sariawan juga membuat bibir kering dan pecah-pecah yang berdampak pada mood Anda.

Jika Kamu sariawan, selalu sedia Aloclair Plus. Aloclair Plus sudah tepercaya efektif menyembuhkan sariawan dan sudah dipakai di 57 negara. Aloclair Plus terdiri dari tiga varian, yakni Aloclair Plus Gel (oles), Aloclair Plus Oral Rinse (kumur), dan Aloclair Plus Spray (semprot)

Bagaimana cara kerja Aloclair Plus?

Aloclair Plus akan membentuk lapisan pada luka untuk melindungi luka dari stimulasi makanan, minuman, tekanan dan gesekan. Selain itu, Aloclair Plus juga akan mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Aloclair Plus tidak perih saat digunakan. Aloclair Plus juga bebas alkohol dan mengandung bahan alami aloe vera, sehingga aman jika digunakan pada bayi dan anak-anak.

Sumber:

http://www.dailymail.co.uk/health/article-1265548/Smiling-add-years-life.html

https://www.thebestbrainpossible.com/how-the-simple-act-of-smiling-benefits-your-brain-and-body/

https://www.psychologytoday.com/blog/fulfillment-any-age/201506/may-be-the-secret-happiness-in-relationships

https://www.neuronation.com/science/benefits-of-smiling

 

Artikel

Artikel Lainnya