7 Takjil Sederhana yang Menggugah Selera

Berpuasa bukan menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan. Memang berpuasa cenderung membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Untuk meminimalisir hal tersebut ada baiknya kita mengurangi memakan junkfood atau makanan pedas dan panas. Berikut tujuh menu buka puasa sederhana dan sehat yang menggugah selera, mari simak!

1.  Kurma

Kurma menjadi salah satu buah paling populer selama bulan puasa. Bentuknya yang kecil, berwarna merah kecoklatan, dan rasanya yang manis ini sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Mengapa?

Kurma mengandung karbohidrat yang tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa atau jenis gula yang alami.

Fruktosa ini nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Itulah sebabnya makan saat berbuka puasa bisa memulihkan kondisi tubuh yang lemas menjadi fit kembali setelah seharian berpuasa.

2. Sop Buah

Yang satu ini sudah sangat familiar  sekali pastinya. Selain sehat sop buah atau es buah tak kalah populer dari Kurma. Rasanya yang manis dan memberikan sensasi yang dingin membuat tubuh menjadi segar kembali. Tapi jangan kebanyakan ya makan sop buahnya, nanti makanan yang lain lupa dimakan nih!

3. Es Pisang Ijo

Makanan khas Makassar ini emang ga kalah menggugah selera. Walaupun asalnya dari Makassar, tapi di Jakarta dan sekitarnya es ini sudah menjamur dimana-mana. Jadi gampang banget buat kamu nemuin es pisang ijo ini nih. Selain rasanya yang manis dan bikin segar, es ini juga ramah di kantong loh!

4. Es Kacang Merah

Kacang merah ternyata ga cuma enak disajikan hangat-hangat dalam sup. Di Palembang dan Manado, kacang merah diolah menjadi es kacang merah, kuliner segar dan sangat menggugah selera. Es kacang merah ini terdiri dari kacang merah yang dipadukan dengan es serut dan siraman sirup merah atau sirup pandan. Wah segar ya!

5. Es Dawet Ayu asli Banjarnegara

Siapa sih yang nolak jika ditawari berbuka dengan segelas es dawet ayu khas Banjarnegara? Kuliner satu ini sangat disayangkan untuk dilewatkan. Apalagi es ini ga cuma ada di Banjarnegara, tapi bisa ditemukan di kota-kota lainnya. Rasa manis yang diperoleh dari gula aren asli dan dipadukan dengan dawet yang kenyal dan lembut, ditambah sedikit santan dan es batu, hmmm kebayang kan gimana segarnya berbuka dengan es dawet ayu khas banjarnegara.

6. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang disebut sebagai minuman betawi jadul. Ya, karena minuman perpaduan kuah santan, gula dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagu, tepung beras atau tepung hunkwe ini tak lagi mudah ditemukan. Kamu bisa menemukannya di kawasan Kota Tua atau pada event-event maupun hajatan Betawi di Jakarta.

7. Es Oyen Khas Bandung

Siapa sih yang ga tahu dengan kota yang dijuluki Kota Kembang ini? Ga hanya soal wisatanya yang terkenal, Bandung juga punya nih es yang bikin buka puasamu segar. Namanya es oyen, es oyen adalah es campur khas Bandung yang kini sedang naik daun! Habisnya, siapa sih yang tidak tergoda oleh kesegarannya? Beraneka buah dicampur menjadi satu, menghasilkan rasa manis dan menyegarkan yang khas. Bahan utamanya adalah es dan pacar cina yang dicampurkan dengan aneka buah-buahan. Seperti kelapa, alpukat, kolang-kaling, nangka sampai durian. Nyam!

Nah, udah memutuskan mau berbuka dengan takjil apa hari ini? Eits, tapi jangan lupa nih, karena keseringan berbuka dengan es tiap hari kamu jadi lupa kesehatan mulutmu. Makanya, jangan lupa sedia Aloclair Plus untuk jaga-jaga dari sariawan ya! Agar puasa dan berbuka kamu jadi lebih enak dan aman.

Artikel

Artikel Lainnya