Aloclair Sanny Marini

Dear ibu drg.Dita apakah pasta gigi dan ukuran sikat gigi yang tidak sesuai dengan kebutuhan mulut dapat menyebabkan sariawan?? soalnya saya sering banget sariawan dan saya disaran kan untuk menggunakan pasta gigi tertentu dan karna gigi saya berantakan maka saya pun di anjurkan menggunakan sikat gigi untuk anak anak… Mohon penjelasannya dok... terima kasih :) #TanyaAhliLebihNyaman

Hai ibu Sanny,

Mengenai hubungan antara pasta gigi dan ukuran sakit gigi yang tidak sesuai apakah bisa menyebabkan sariawan, kita harus tahu dulu apa saja faktor pencetus sariawan. Beberapa diantara pencetus sariawan adalah trauma mekanik, alergi dan kebersihan rongga mulut yang kurang. Kalau mau di kaitkan pertanyaan ibu Sanny berhubungan sama salah satu (atau lebih) dari 3 faktor tersebut.

Bisa jadi ibu memiliki alergi atau sensitifitas terhadap bahan/kandungan yang ada di dalam pasta gigi yang digunakan. Memang kadang harus melalui proses trial and eror (coba-coba) untuk mengetahui pasta gigi mana yang cocok dan yang tidak cocok. Sedangkan kalau ukuran sikat gigi, berhubungan sama trauma mekanik, trauma mekanik bisa disebabkan dengan kesodok sikat ketika sedang menyikat gigi, tergigit, kejeduk (terantuk), dll. Sikat gigi yang saya sarankan adalah sikat yang memiliki kepala kecil dan membulat untuk memperkecil kemungkinan tersodok sikat gigi, selain itu kalau bisa cari yang bulu sikatnya lembut (soft).

Saran saya gantilah pasta gigi dan sikat gigi ibu, mudah-mudahan hal tersebut bisa mengurangi keluhan seringnya timbul sariawan. Kalau mengenai menggunakan sikat gigi untuk anak dan ibu nyaman silahkan dilanjutkan, bila ibu Sanny ingin menggunakan sikat gigi dewasa, silahkan cari seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

Oh iya, tidak ada hubungannya sebenarnya antara gigi berantakan dengan jenis sikat gigi yang digunakan. Bila gigi ibu berantakan, saran saya sebaiknya dirapihkan dengan memakai behel/kawat gigi (orthodontic). Kenapa? Karena gigi yang berantakan akan menyebabkan mudahnya sisa makanan dan karang gigi menumpuk, sehingga bisa menjadi salah satu faktor pencetus lagi bagi munculnya sariawan, yaitu karena kurang bersihnya rongga mulut ibu.

Semoga bermanfaat.

Artikel

Artikel Lainnya