Aloclair Yeni Polydo


Selamat Sore Dokter Dita,
Sudah sekitar 3 bulan saya sering mengalami sariawan yang hilang timbul, dalam arti sariawan selama 5 hari lalu sembuh, seminggu kemudian muncul sariawan lagi di tempat yang lain, begitu seterusnya. Puncaknya 2 minggu yang lalu ada 3 sariawan di mulut saya. Akhirnya setelah rutin memakai Aloclair Indonesia gel saya bisa sembuh setelah 1 minggu. Pertanyaannya Bu Dita:
1. Kenapa saya bisa sering sariawan? padahal saya banyak sekali minum air putih, makan sayur dan buah-buahan.
2. Amankah keadaan saya yang sering muncul sariawan seperti ini atau perlukah saya ke dokter spesialis untuk men-chek up kesehatan saya?
3. Saat saya sariawan sering disertai juga jerawat. Apakah ada hubungannya antara sariawan dan jerawat yang saya alami?
4. Apakah Aloclair Rinse aman jika tertelan setelah berkumur, terutama untuk anak usia 5 tahun?
#TanyaAhliLebihNyaman


Hai Ibu Yeni,

Sariawan yang paling umum ditemukan adalah Stomatitis Aphotsa Recurrent (SAR), merupakan penyakit di dalam mulut yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia, SAR ini adalah suatu luka di jaringan lunak rongga mulut terutama di lidah, pipi dalam, bibir, dan juga dasar mulut dengan tingkat kekambuhan sampai lebih dari 3 kali dalam satu tahun. Adanya ciri adanya “kekambuhan” ini yang tertuang dalam istilah “Recurrent” dalam diagnosis SAR tersebut.

Hingga saat ini penyebab pasti dari SAR (sariawan) ini belum diketahui secara pasti. Namun saat ini sudah diketahui adanya keterlibatan gen tertentu dalam timbulnya SAR ini. Hal ini ditunjukkan dengan penelitian pada orang tua yang memiliki SAR akan melahirkan 90% anak yang memiliki SAR juga..

Tapi walau belum diketahui penyebabnya, ada beberapa faktor pencetus timbulnya sariawan. Terkait dengan pertanyaan Ibu Yeni yang kedua, faktor pencetus munculnya SAR setiap orang berbeda-beda. Faktor-faktor tersebut: Genetik, Hormon, Stress (fisik dan pikiran), Kekurangan zat besi/asam folat/vitamin B12, Trauma mekanis, Alergi, Kebersihan rongga mulut yang kurang baik. Dari pertanyaannya sudah terlihat bawah salah satu faktor yang paling dominan adalah faktor genetik (dari orang tua-hingga cucu). Bisa jadi ada beberapa faktor lain yang selama ini mungkin belum Ibu ketahui.

Juga dengan pertanyaan hubungan sariawan dan jerawat. Beberapa faktor penyebab jerawat selain bakteri adalah hormon, stress, dan alergi. Jadi bisa jadi SAR (sariawan) Ibu Yeni salah satu pencetusnya adalah perubahan hormon (misal pada ibu hamil, ketika menstruasi, dll), stress (banyak pikiran, kecapekan), atau alergi terhadap makanan. Ada yang SAR muncul ketika makan gorengan abang-abang, ada yang muncul ketika makan mie instan, dll. Tinggal ibu coba telusuri kebelakang saja, biasanya SAR ibu muncul ketika apa.

Kalau mengenai kekhawatiran mengenai seringnya sariawan. Ketika SAR Ibu muncul di luar kebiasaan dan sering, ada baiknya Ibu pergi konsultasi ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Kalau SAR karena genetik kan biasanya rutin muncul, nah ketika munculnya sudah diluar kewajaran dan jumlahnya juga berbeda dari biasanya, lebih baik konsul ke Sp. PM ya bu.

Mengenai apakah aman bila Aloclair Rinse tertelan anak ibu? Saya tidak pernah menganjurkan anak yang belum terlalu fasih berkumur (buang ludah) untuk menggunakan mouthrinse (obat kumur, baik yang dijual bebas ataupun yang berupa obat). Walau Aloclair Rinse jika tertelan pada anak, masih relatif aman namun tetap saja tidak kami anjurkan untuk ditelan dan lebih baik penggunaannya secara topikal atau sebatas area mulut saja (gunakan Aloclair Gel lebih baik, karena kita bisa menggontrol pengaplikasiannya).

Semoga menjawab pertanyaan ibu.

Artikel

Artikel Lainnya