Apa saja obat sariawan yang manjur

Obat Sariawan yang Ampuh dan Manjur

Meski bukan penyakit yang terlalu serius, sariawan di mulut dapat sangat mengganggu aktivitas. Kamu jadi malas berbicara dengan orang lain dan tidak dapat menyantap makanan kesukaan. Nyeri yang ditimbulkannya bisa membuat mood menjadi buruk. Penyebab sariawan bisa bermacam-macam. Sariawan dapat timbul karena kurang vitamin, stres, tergigit, adanya bakteri dalam mulut atau terluka karena kawat gigi.
 
Sariawan Tidak Selalu Karena Kurang Vitamin C
 
Untuk mengatasi sariawan, penting juga mengetahui sebabnya. Tidak semua sariawan timbul karena kekurangan vitamin C. Memang salah satu penyebab sariawan adalah daya tahan tubuh yang menurun yang bisa jadi karena kurang vitamin C. Akan tetapi, jangan terburu-buru mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi saat sedang sariawan. Vitamin C dosis tinggi yang dikonsumsi terus menerus justru dapat berdampak buruk pada saluran pencernaan.
 
Makanan yang Harus Dihindari Saat Sariawan
 
Saat sedang sariawan, biasanya nafsu makan akan menurun. Akan tetapi, kamu tetap harus mengisi energi melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi, agar tubuh tidak lemas. Untuk itu, perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Jangan sampai makanan yang kamu makan justru memperburuk kondisi sariawanmu. Apa saja makanan yang perlu dihindari?
 
  • Makanan pedas. Makanan pedas yang mengandung cabai dan merica akan membuat luka sariawan terasa semakin sakit dan meradang.
  • Makanan bertekstur keras. Saat sedang sariawan, hindari makanan bertekstur keras yang punya kemungkinan dapat melukai seperti keripik, biskuit, dan lain sebagainya. Makanan keras dapat menimbulkan iritasi. Konsumsilah makanan yang lunak dan mudah ditelan.
  • Kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi cairan yang ada dalam tubuh.
  • Minuman bersoda.  Soda dapat membuat tubuh mengeluarkan cairan yang bisa berdampak pada dehidrasi. Tidak hanya cairan, nutrisi dan mineral penting juga ikut terbuang.
  • Makanan terlalu asam  Makanan terlalu asam, seperti yang mengandung cuka perlu dihindari karena dapat memperlambat kesembuhan sariawan.
Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan saat sedang sariawan. Semangka, pir, dan ketimun serta sayur selada bersifat menenangkan dan dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Kelelahan dan stres juga bisa menjadi pemicu munculnya sariawan. Jika begitu, kamu bisa mencoba meditasi, atau piknik dan liburan untuk melepas stres. Kenali sebab sariawanmu dan lakukan penanganan yang tepat. Untuk mengobati sariawan, kamu bisa memil ih obat sariawan yang manjur seperti di bawah ini:
  • Air Garam
    Berkumur dengan larutan garam dapat membantu menyembuhkan sariawan. Caranya, campurkan satu setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Lakukan selama 3–4 kali sehari. Meski cukup efektif, berkumur dengan air garam bisa memberikan sedikit rasa perih di sariawan yang kamu derita.
  • Es batu
    Sariawan khususnya di lidah biasanya akan lebih menyakitkan, karena sulit untuk menghindarinya agar tidak terkena makanan. Belum lagi jika sariawannya membengkak,
    aktivitas makan akan semakin terganggu. Untuk membuat sariawan kempis, bisa kompres dengan es batu hingga mencair. Ini akan mengurangi rasa sakit, namun biasanya lidah akan terasa sedikit kebas beberapa saat. Hati-hati juga untuk yang memiliki gigi dan gusi sensitif. Lelehan es batu mungkin akan sedikit memberi rasa ngilu.
  • Madu
    Madu memiliki sifat antibakteri sekaligus memberi kelembapan. Oleskan madu menggunakan kapas ke sariawan kamu. Biarkan selama beberapa saat. Saat pertama dioleskan, rasanya akan sedikit perih, namun akan hilang perlahan.
  • Air kelapa
    Air kelapa dapat meredakan peradangan dan memberi kesegaran pada mulut. Air kelapa juga baik untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang memiliki cukup cairan dapat membantu mengatasi masalah sariawan dan bibir percah-pecah.
  • Obat Kumur Tanpa Alkohol
    Berkumurlah dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Menu rut Dr Gerry Curatola, pendiri Rejuvenation Dentistry di New York City, alkohol dalam obat kumur dapat mendatangkan masalah lain di mulut. Alkohol dapat membuat mulut semakin terasa kering dan ini akan memperparah sariawan. Alkohol juga membunuh bakteri baik di mulut, yang memungkinkan bakteri jahat lebih cepat berkembang.
     
    Karena itu penting untuk memilih obat sariawan yang tidak mengandung alkohol seperti Aloclair Plus. Aloclair Plus adalah obat sariawan yang dapat digunakan semua orang, mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Bahannya juga tidak berbahaya jika tertelan oleh bayi dan anak anak.
     
    Ada tiga jenis obat sariawan Aloclair Plus, yakni yang berbentuk cairan untuk dikumur, gel untuk dioles, dan spray untuk disemprot. Kamu bisa pilih yang paling sesuai. Untuk bayi, Aloclair Plus Gel lebih efisien, karena bayi belum bisa berkumur. Sementara untuk kamu yang juga menginginkan rasa segar di mulut bisa menggunakan Aloclair Plus Oral Rinse atau Aloclair Plus Spray. Keduanya cocok untuk jumlah sariawan yang lebih dari satu.
     
    Mengapa Aloclair Plus lebih unggul dibanding obat sariawan merk lain?
    - Tidak mengandung alkohol
    - Berbahan dasar alami yakni ekstrak lidah buaya
    - Tidak perih saat digunakan
    - Aman jika tertelan bayi atau anak-anak
    - Memberikan rasa segar di mulut
    - Telah dipercaya efektif mengobati sariawan di 57 negara di dunia
Jadi, pastikan sariawanmu ditangani dengan cara yang tepat, serta pilihlah obat sariawan yang sudah terbukti ampuh menyembuhkan sariawan.
 
 
Sumber:
 
http://wartakota.tribunnews.com/2016/10/24/inilah-bahayanya-pakai-obat-kumur-beralkohol-waspadalah
http://www.alodokter.com/bebas-rasa-perih-dan-nyeri-dengan-obat
-sariawan-alami
http://health.liputan6.com/read/2079807/3-buah-yang-baik-dikonsumsi-saat-sariawan
http://lifestyle.kompas.com/read/2010/08/16/07554917/sariawan.bukan.karena.kurang.vitamin.c
 
 

Artikel

Artikel Lainnya