Cara mengobati sariawan saat puasa

Saat puasa, orang akan cenderung mudah terserang sariawan, munculnya sariawan saat berpuasa sebenarnya adalah akibat dari melonjaknya populasi bakteri di dalam mulut. Bakteri ini berkembang biak dengan pesat lantaran mulut tidak mengasup makanan apapaun dalam waktu yang relatif lama. Sariawan pun bisa sangat menyiksa apalagi saat bulan puasa karena kamu akan merasakan ketidaknyamanan, diantaranya;

  1. Sariawan membuat kesulitan makan dan minum

Sariawan adalah penyakit yang menyerang rongga mulut, umumnya menyerang gusi, lidah  atau bibir, hal ini membuat sariawan menjadi penyebab utama rasa tidak nyaman saat makan dan minum baik ketika berbuka puasa atau sahur. Pada beberapa kasus, sariawan bahkan dapat menyebabkan pendarahan pada daerah rongga mulut, dan ketika pendarahan terjadi di saat kamu berpuasa, hal itu tentunya dapat membuat perasaan tidak nyaman serta ibadah menjadi terganggu.

  1. Sariawan membuat enggan untuk berbicara

Sariawan juga berdampak pada kehidupan sosial sehari-hari kita. Sariawan membuat kita enggan untuk berbicara atau bahkan hanya untuk tersenyum kepada orang lain dikarenakan sakit yang ditimbulkan sariawan. Saat kamu berusaha untuk tersenyum lebar menyapa orang-orang di sekitar, terutama saat kamu mengalami sariawan yang disertai dengan bibir pecah-pecah, hal itu malah membuat luka sariawan semakin membesar, alhasil, darah bisa saja keluar dari luka tersebut dan kondisi ini tentunya sangat mengganggu puasa kamu.

Agar sariawan tidak membuat ibadah puasa kamu terganggu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengobati sariawan disaat puasa, diantaranya;

  1. Rajin menggosok gigi

Pencegahan pertama yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari sariawan di bulan puasa adalah dengan rutin menggosok gigi. Jika pada hari biasa, kita dianjurkan untuk menggosok gigi minimal 2x dalam sehari. Pada bulan puasa, kamu bisa menambah frekuensi gosok gigi menjadi 3x dalam satu hari, yaitu setelah sahur, setelah berbuka puasa, dan sebelum tidur. Dengan rajin menggosok gigi, kebersihan rongga mulut akan lebih terjaga dan kamu akan terbebas dari penumpukan plak akibat sisa makanan, dan terbebas dari bakteri dari sisa makanan yang bisa menyebabkan sariawan.

  1. Cukupi asupan serat

Umumnya sariawan akan sembuh dalam waktu 4 hari. Perbanyak sayuran dan buah yang banyak mengandung serat dan vitamin C, B2, B5, serta asam folat untuk mencegah dan mengobati sariawan. Namun jika kamu terlanjur terserang sariawan, kamu bisa meningkatkan konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan tinggi serat, lalu cobalah untuk makan dengan tenang supaya bibir atau lidah tidak tergigit, karena salah satu penyebab sariawan sendiri adalah trauma pada lidah dan bibir akibat tergigit saat kamu mengunyah makanan.

  1. Minum air hangat saat berbuka

Pada saat berbuka, awali dengan minum air hangat. Jika dimulai dengan air panas atau dingin dapat menyebabkan sel-sel pelindung mukosa mulut akan mati sehingga sangat mudah membuat kamu terserang sariawan.

  1. Jika terlanjur sariawan, maka hindari makanan dan minuman panas saat berbuka atau sahur

Makanan panas ternyata bisa menjadi penyebab sariawan. Sariawan terjadi karena timbulnya luka dalam mulut dan akan semakin parah jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman panas. Panas pada makanan dan minuman akan memperlambat proses penyembuhan pada sel jaringan pada mulut serta akan memperparah luka pada mulut sehingga timbul sariawan. Oleh karena itu, lebih baik makan dan minumlah dalam kondisi suhu ruangan agar aman bagi mulut baik saat buka maupun saat sahur.

  1. Menggunakan obat untuk mengobati dan mencegah sariawan seperti Aloclair Plus

Langkah ini dapat kamu lakukan sebagai upaya pencegahan ketika gejala sariawan muncul atau upaya pengobatan saat sariwan terlanjur muncul. Aloclair Plus punya beberapa varian yang bisa kamu siapkan di kotak P3K selama bulan puasa, yaitu ada Aloclair Plus Gel, Aloclair Plus Spray, dan Aloclair Plus Oral Rinse.

Mengapa harus sedia Aloclair Plus saat bulan Ramadhan? Karena Aloclair bekerja secara efektif dan efisien dalam mengobati sariawan. Kamu bisa menggunakan Aloclair Plus Oral Rinse untuk membantu mencegah sekaligus mengobati sariawan, sedangkan kamu bisa gunakan Aloclair Plus Gel, Aloclair Plus Spray saat sariawan menyerang.

Beberapa kelebihan Aloclair Plus diantaranya;

  1. Dapat digunakan di semua usia mulai dari bayi, anak-anak, dewasa hingga lansia
  2. Aman jika tidak sengaja tertelan (terutama pada bayi dan anak-anak)
  3. Efek samping minimal
  4. Tidak mengiritasi mukosa dan lesi
  5. Tidak menyebabkan rasa kelu/baal
  6. Aplikasi mudah terutama pada daerah di rongga mulut yang tidak terjangkau oleh penggunaan salep/gel
  7. Mula kerja cepat dan efek bertahan lama
  8. Menekan nyeri dan menyembuhkan sariawan/ lesi

Dengan kelebihan serta efek samping minimal yang dihasilkan oleh Aloclair Plus, menjadikan ibadah puasa kamu semakin lancar. Aloclair Plus, pilihan nyaman atasi sariawan.

 

Sumber: 

http://lifestyle.kompas.com/read/2014/07/11/095653023/Mengapa.Gampang.Sariawan.Saat.Puasa.

http://doktersehat.com/penyakit-sariawan/

http://www.tribunnews.com/tribunners/2017/05/30/cara-mengatasi-sariawan-saat-puasa-secara-alami

http://halosehat.com/penyakit/sariawan/makanan-penyebab-sariawan

Artikel

Artikel Lainnya