Cara mudah dan alami atasi sariawan pada anak

Memiliki Buah Hati yang aktif memang menyenangkan, apalagi mereka yang mulai belajar bicara, pasti mereka selalu ingin bercerita dan didengar. Tapi beda cerita kalau buah hati terserang sariawan. Dia pasti enggan untuk bicara karena menahan perihnya sariawan. Walaupun memang jarang terjadi pada bayi dan anak usia balita, namun ada beberapa penyebab mereka mengalami sariawan. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Tergigit, baik dari gusi, bibir bagian dalam maupun lidah.

Bayi yang sedang mengalami masa tumbuh gigi (teething) atau yang belajar berbicara memiliki kebiasaan memasukkan mainan atau barang apapun ke dalam mulutnya, sehingga tidak menutup kemungkinan bayi mengalami trauma pada mulut yang berasal dari tergigit yang dapat mengakibatkan sariawan.

  1. Kekurangan vitamin tertentu seperti asam folat, zinc, dan B12 dalam darah

Kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan pada bayi dan anak-anak usia balita.

  1. Terkena infeksi virus dan bakteri.

Salah satu virus yang dapat menyebabkan sariawan pada bayi dan anak usia balita adalah Virus Herpes Simpleks, yang menyebabkan jenis sariawan Herpetic.

  1. Faktor keturunan

Umumnya sariawan akibat faktor keturunan ini disertai dengan faktor pemicu (predisposisi) seperti kelelahan serta kekurangan air putih, anemia, alergi makanan tertentu, gangguan imunitas, defisiensi nutrisi/vitamin, stress dan trauma pada mulut akibat luka tergigit atau benturan dengan sikat gigi atau benda keras, serta adanya gangguan pencernaan.

  1. Jamur

Berupa bercak-bercak putih yang tidak mudah hilang pada lidah, gusi, ataupun pipi bagian dalam. Bercak putih ini jika dibiarkan akan bertambah banyak dan bisa menyebabkan luka pada mulut yang membentuk sariawan.

Jika buah hati kamu terserang sariwan, kamu perlu memeriksa sariawan yang dialaminya, apakah termasuk sariawan ringan atau sariawan berat. Ada beberapa kriteria penentuan jenis sariawan, diantaranya adalah

  1. Sariawan Minor

Sariawan ini paling umum dijumpai, dan dapat terjadi karena benturan antara gusi dengan sikat gigi saat sedang menggosok gigi yang berakibat luka pada gusi dan berakhir sariawan. Pada sariawan jenis ini, proses penyembuhan berkisar 3-7 hari tanpa bantuan obat.

  1. Sariawan Mayor

Merupakan sariawan yang paling menyakitkan karena umumnya berukuran cukup besar, selain itu jenis sariawan ini memiliki cekungan lebih dalam daripada sariawan minor. Proses penyembuhan tanpa obat bisa berlangsung lama, berkisar antara 4-5 minggu, oleh karena itu, disarankan melakukan pengobatan yang rutin baik secara alami maupun menggunakan obat.

  1. Sariawan Herpetiformis

Merupakan sariawan yang lebih mirip dengan penyakit herpes. Sariawan jenis ini cenderung memiliki ukuran kecil dan tersebar sangat banyak pada rongga mulut bahkan bisa mencapai ratusan jumlahnya. Proses penyembuhan jenis sariawan ini kurang lebih berkisar antara 7 – 14 hari tanpa obat.

Nah, jika sariawan yang dialami oleh buah hati termasuk ringan, kamu bisa melakukan cara-cara pengobatan secara alami, sebagai berikut;

  1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang dapat menyembuhkan sariawan. Kamu bisa memberi buah hati jus papaya atau dikonsumsi secara langsung.

  1. Minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa dan madu merupakan kombinasi alami yang dapat menyembuhkan sariawan. Cara aplikasinya pun mudah, cukup oleskan secara rutin campuran madu dan minyak kelapa ke bagian sariawan.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang dapat menjadi alternatif dalam penyembuhan sariawan, hal itu dikarenakan kandungan dalam yoghurt salah satunya adalah Vitamin C.

  1. Kunyit dan bawang putih

Kandungan vitamin dalam kunyit dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Sedangkan pada bawang putih terdapat zat anti inflamasi yang membuat sariawan cepat sembuh.

  1. Multivitamin dan Tomat

Salah satu penyebab sariawan adalah karena kurangnya vitamin dalam tubuh, meminum multivitamin adalah salah satu cara mengatasi sariawan.

  1. Tomat

Buah tomat memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yang dapat menyembuhkan sariawan. Beri buah hati kamu jus tomat atau campur ke dalam sandwich favoritnya.

Jika sariawan yang buah hati kamu alami termasuk sariawan berat maka salah satu jalannya adalah dengan memeriksakan kedokter, namun kamu tidak perlu melakukan cara-cara alami untuk menyembuhkan sariawan atau bahkan sampai kedokter jika kamu menyediakan Aloclair Plus di rumah. Aloclair Plus wajib ada di kotak P3K di rumahmu. Apalagi untuk kamu yang memiliki buah hati yang masih bayi atau balita. Mengapa harus Aloclair Plus? Ini karena Aloclair Plus terbukti aman dipakai bayi dan balita meskipun tidak sengaja tertelan. Selain itu ada 5 keunggulan Aloclair Plus lainnya, diantaranya:

  1. Efektif dan cepat mengurangi nyeri rongga mulut
  2. Nyaman dan mudah digunakan
  3. Tidak perih
  4. Cocok untuk anak, dewasa dan orang tua
  5. Perlindungan lebih lama

Aloclair Plus, pilihan nyaman atasi sariawan

 

Sumber :

http://mediskus.com/penyakit/penyebab-sariawan-anak-dan-obatnya

http://health.liputan6.com/read/2038294/tiga-jenis-sariawan-yang-perlu-anda-ketahui

http://sariawan.org/

 

Artikel

Artikel Lainnya