Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Bibir dan Mulut

Lidah buaya (aloe vera) termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Lidah buaya hanya membutuhkan sedikit air untuk hidup. Tanaman lidah buaya sejak lama dipercaya memiliki
banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan sehingga sering digunakan sebagai obat dan kosmetik. Bahkan, menurut legenda, Cleopatra menggunakan lidah buaya untuk menjaga kelembutan kulitnya.
 
Terdapat banyak vitamin dalam lidah buaya, di antaranya seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B6, dan B12. Vitamin A, C dan E adalah antioksidan penting untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu penyembuhan luka, membentuk kolagen dan menjaga kekencangan kulit. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, sementara Vitamin E dapat mencegah pembekuan darah.
 
Kesuburan rambut serta kelembapan dan keremajaan kulit juga dapat diperoleh dari manfaat yang ditawarkan lidah buaya. Tidak heran, lidah buaya banyak disertakan dalam kandungan produk perawatan kulit dan rambut. Luka bakar di kulit akibat paparan sinar matahari juga dapat didinginkan dengan lidah buaya.
 
Enzim yang terkandung di dalam lidah buaya juga dapat memecah lemak dan membantu melancarkan pencernaan. Untuk kesehatan rongga mulut, lidah buaya juga punya banyak manfaat. Berikut ini 6 manfaat lidah buaya untuk kesehatan bibir dan mulut:
 
Meredakan Peradangan Mulut
 
Menurut penelitian berjudul “Pharmacological attribute of Aloe vera: Revalidation throughexperimental and clinical studies" yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, diungkapkan bahwa lidah buaya dapat membantu meringankan pasien yang menderita Oral Lichen Planus (OLP). OLP adalah peradangan dalam mulut (pipi bagian dalam, gusi, lidah atau langit-langit mulut) yang menyebabkan rasa panas dan sakit.
 
Penelitian tersebut dilakukan dengan menerapkan terapi gel lidah buaya kepada 54 pasien OLP. Hasilnya, 81% pasien membaik di minggu ke 8 dan mengatakan rasa terbakar hilang dari mulut mereka. Karena itu, lidah buaya dalam bentuk gel dapat dianggap sebagai pengobatan alternatif yang aman untuk pasien OLP.
 
Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah
 
Lidah buaya mengandung polisakarida yang menurut penelitian yang terbit di "Journal of Chinese Integrative Medicine (2013) dapat meningkatkan produksi kolagen dan sel kulit baru serta memperlambat kerusakan sel. Karena itu, lidah buaya banyak diolah menjadi kandungan yang terdapat dalam produk lip balm atau pelembab bibir.
 
Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya segar sebagai pelembab bibir alami. Peras gel lidah buaya dan oleskan tipis pada bibir tiga kali sehari, ini membantu membersihkan bibir dan melembabkannya.
 
Meredakan Radang Tenggorokan
 
Dalam buku Sehat Itu Mudah yang ditulis Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan dan Prof. Dr. Ir. Faisal Anwar, dijelaskan lidah buaya dapat dikonsumsi sebagai jus dan berkhasiat untuk batuk yang membandel dan radang tenggorokan. Lidah buaya juga mengandung komponen aktif aloin, glukoman, barbaloin, glikosid dan antrakuinon. Aloin dalam lidah buaya bersifat antiseptik dan antibiotik. Karena bersifat antiseptik, bakteri penyebab sakit tenggorakan dapat dikurangi.
 
Menyehatkan Gigi dan Gusi
 
Serupa dengan manfaatnya di kulit, pada mulut, lidah buaya juga dapat membersihkan dan memberi efek menenangkan pada gigi dan gusi. Lidah buaya yang diolah menjadi gel pasta gigi dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut, sehingga dapat membantu mencegah gigi berlubang. Gel lidah buaya juga tidak mengandung unsur abrasif seperti yang ada pada pasta gigi biasa, sehingga baik untuk orang-orang yang memiliki gigi dan gusi yang sensitif.
 
Menghilangkan Bau Mulut
 
Lidah buaya dapat diolah menjadi pencuci mulut atau mouthwash yang dapat mengurangi bau mulut yang tak sedap. Ketika tubuh sedang sakit, biasanya mulut akan terasa kering dan lidah terasa pahit. Konsumsi lidah buaya dapat mengurangi rasa pahit di mulut, memberi kesegaran serta dan meningkatkan selera makan ketika kamu sedang tidak enak badan.
 
Mengobati Sariawan
 
Antrakuinon dalam lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit karena bersifat antiinflamasi. Antiinflamasi ini dapat merangsang fungsi sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen serta menghalangi penyebaran iritasi. Karena bersifat antiinflamasi, lidah buaya dipercaya ampuh dan manjur mengobati sariawan. Manfaat alami lidah buaya untuk mengobati sariawan dapat ditemukan dalam obat sariawan Aloclair Plus. Aloclair Plus mengandung ekstrak lidah buaya untuk menyembuhkan luka, mengurangi nyeri, dan mencegah infeksi. Selain itu Aloclair Plus juga mengandung Sodium hyaluronate untuk melembabkan, Glycyrrhetinic acid untuk mengurangi bengkak serta Polyvinylpyrrolidone untuk pembentukan lapisan pelindung. Aloclair Plus bekerja dengan membentuk lapisan pada luka untuk melindungi luka dari stimulasi makanan, minuman, tekanan dan gesekan sehingga sariawan jadi lebih cepat sembuh. Aloclair tidak perih ketika dipakai karena tidak mengandung alkohol. Jadi,aman untuk digunakan pada bayi dan anak-anak. Dipercaya konsumen di 57 negara, membuat keunggulan Aloclair P lus tidak perlu diragukan lagi. Untuk kamu yang senang berpergian, Aloclair Plus praktis dibawa ke mana saja dan kemasannya canggih karena tidak perlu bersentuhan dengan luka saat digunakan.
 
 
Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3611630/
http://www.livestrong.com/article/98576-home-remedies-chapped-cut-lips/
http://www.alodokter.com/khasiat-lidah-buaya-yang-sebenarnya
 
 

Artikel

Artikel Lainnya