Pentingnya menyediakan P3K di rumah

Kita semua tahu jika kesehatan sangatlah penting, terutama jika sudah memiliki keluarga maka kesehatan keluarga adalah prioritas nomor satu. Menjaga kesehatan akan lebih baik daripada mengobati. Agar keluarga dapat terhindar dari berb agai penyakit, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Diet sehat
    Diet sehat dapat membantu memberikan asupan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti protein, vitamin, mineral yang memadai untuk tetap melaksanakan aktifitas sehari-hari.
  2. Olahraga
    Di tengah sibuknya waktu untuk mengurus pekerjaan, sempatkan untuk berolahraga walau hanya 15 menit dengan berjalan santai, hal itu merupakan salah satu cara untuk
    mengurangi tingkat kepenatan setelah beraktivitas dan membantu kamu mengurangi stress. Sehingga tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.
  3. Cukupi kebutuhan akan istirahat
    Tubuh manusia membutuhkan istirahat untuk memulihkan tubuh serta untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga dan energi setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Selain itu, istirahat yang cukup dapat membantu menambah daya tahan tubuh, serta menggantikan sel-sel tubuh yang telah mati.
  4. Menjaga lingkungan agar tetap bersih
    Salah satu faktor yang menyebabkan mudahnya penyebaran penyakit adalah dari lingkungan yang kotor. Hal ini disebabkan karena lingkungan yang kotor merupakan media yang baik bagi bakteri dan virus untuk berkembang.
  5. Selalu sedia kotak P3K di rumah
    Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Selain tips-tips diatas, kamu juga dapat menyediakan kotak P3K untuk keluarga kamu. Di dalam kotak P3K ada beberapa obat-obatan penting untuk mengatasi beberapa gejala penyakit seperti sakit kepala, flu, ataupun sariawan.
Menyediakan kotak P3K sama saja dengan menyediakan ‘dokter pribadi’. Sayangnya  belum semua keluarga di Indonesia menyediakan kotak P3K, namun jika kamu sudah memiliki kotak P3K di rumah, pastikan kamu meletakkannya di kotak P3K di tempat yang aman dan mudah dijangkau, misalnya di rak yang mudah terlihat atau laci lemari yang mudah dijangkau, dan beri tahukan lokasi ini kepada semua orang di rumah. Biarkan anak-anak mengetahui lokasi kotak P3K, namun letakkan di tempat yang tidak dapat dijangkaunya.
 
Sudah punya kotak P3K namun belum lengkap isinya? Jika kamu ingin melengkapi kotak P3K, maka kamu harus mengetahui obat dan alat kesehatan apa saja yang harus ada di dalam kotak P3K. Berikut adalah beberapa obat dan alat kesehatan yang wajib tersedia di dalam kotak P3K
 
  1. Obat antiseptik.
    Berguna untuk membersihkan dan mengatasi luka ringan yang mengeluarkan darah, misalnya saat anak jatuh atau teriris benda tajam.
  2. Obat batuk
    Obat batuk berfungsi untuk meringankan gejala batuk terutama saat batuk terjadi di malam hari dan membuat anak kesulitan tidur
  3. Obat demam
    Obat demam umumnya diberikan jika suhu tubuh lebih dari 38° Celcius. Sama seperti obat lainnya, obat demam hanya meringankan gejalanya saja. Jika demam masih berlanjut, kamu bisa hubungi dokter.
  4. Oralit
    Oralit diberikan pada anak-anak saat mereka mengalami diare dengan tujuan agar tidak kehilangan cairan guna mencegah dehidrasi.

  5. Obat asma hirup
    Asma dapat terjadi kapan saja. Untuk kebutuhan pencegahan sediakan obat asma hirup yang telah sesuai dengan resep dokter.
  6. Obat gatal
    Gatal dapat terjadi karena alergi ataupun karena digigit oleh serangga. Pastikan untuk selalu sedia obat gatal untuk mengatasi gatal yang terjadi.

  7. Obat luka bakar
    Obat lika bakar penting untuk dimiliki karena berfungsi sebagai antibiotik guna mencegah infeksi, inflamasi atas peradangan dan melabarnya luka.
  8. Kasa steril
    Selain obat-obatan, jangan lupa sertakan benda-benda yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penymbuhan seperti kasa steril yang berguna untuk menutup luka kecil maupun besar.
  9. Plester, gunting kuku, cotton bud, kapas bulat
    Jangan lupa sertakan beberapa alat lainnya seperti gunting kuku, cotton bud dan kapas bulat guna menjaga pada bagian tubuh yang dibersihkan.

  10. Obat Sariawan
    Sariawan merupakan salah satu penyakit yang cukup sering diderita semua orang. Oleh karenanya, sediakan obat untuk meringankan sariawan. Salah satunya adalah Aloclair Plus, yang tanpa menimbulkan perih, dan bekerja cepat meredakan sariawan.
Menyediakan Aloclair Plus menjadi sangat penting karena kita tidak akan pernah tau kapan sariawan akan menyerang. Aloclair Plus bekerja secara efektif dan nyaman tanpa efek samping, karena memiliki kandungan berikut ini.
  1. Aloe vera
    Bersifat sebagi anti-inflamasi, anti septik, analgetik.
  2. Glycyrrhetinic Acid
    Anti-inflamasi pada kulit (meredakan kemerahan, rasa terbakar dan gatal di kulit)
  3. Sodium Hyaluronate
    Memiliki efek Hidrasi dan berfungsi sebagai pelembab dan healing wound effect
  4. Polyvinylpyrrolidone (Pvp)
    Bekerja membentuk suatu lapisan pelindung terhadap ulkus di mukosa mulut yang bertahan selama beberapa jam, dan tidak diserap tubuh.
Pastikan selalu menyediakan Aloclair Plus di kotak P3K kamu ya. Aloclair Plus, pilihan nyaman atasi sariawan.

Artikel

Artikel Lainnya