Penyebab bayi susah makan

Menyenangkan jika kita melihat anak bisa makan dengan lahapnya. Beda cerita kalau anak sedang susah makan, rasanya pasti kita juga ikut susah karena si kecil butuh asupan untuk menunjang pertumbuhannya dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Susah makan pada anak merupakan kejadian yang sering terjadi, lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan anak susah makan? Berikut ini beberapa penyebab anak susah makan diantaranya;

  1. Picky Eater
    Picky eater merupakan kondisi dimana anak hanya mau memakan makanan yang ia sukai. Picky Eater umumnya terjadi ketika anak berada pada rentan usia 2- 6 tahun, dimana mereka sudah bisa merasakan rasa pada makanan, serta tekstur dan bentuk pada makanan itu sendiri, namun tak menutup kemungkinan bayi yang sudah mulai mpasi juga bisa menjadi picky eater dan menolak makana tertentu. Cobalah untuk mengolah makanan sehat dan menghias makanan sehingga lebih menarik perhatian Buah Hati. 

  2. Sedang tumbuh gigi
    Bayi yang sedang tumbuh gigi bisa menjadi susah makan karena merasakan ketidaknyamanan pada area gusinya. Untuk mengatasinya, coba beri ia makanan yang lembut agar ia mudah mengunyahnya, serta beri ia makanan favoritnya

  3. Menolak makanan baru
    Bayi yang baru mulai MPASI (makanan pendamping ASI) memang baru diperkenalkan dengan makanan-makanan baru. Mereka mungkin merasa asing dengan rasa atau tekstur dari jenis makanan yang baru kamu kenalkan. Untuk menyiasatinya coba berikan ia makanan yang tidak berbeda jauh dari makanan sebelumnya, misal jika ia tidak menyukai wortel tapi menyukai tomat, kamu bisa mencampur sedikit wortel kedalam menu yang berbahan dasar tomat.

  4. Selalu merasa kenyang
    Anak bisa menjadi labil saat makan karena mereka selalu merasa kenyang. Lalu apa penyebab mereka merasa kenyang? Salah satu penyebab anak merasa kenyang adalah konsumsi gula mereka yang berlebihan. Makanan manis seperti permen, cokelat serta es krim mengandung gula tinggi hal itu membuat anak lebih cepat merasa kenyang. Makanan ringan seperti itu memang menjadi hal yang lumrah bagi anak untuk mengonsumsinya. Untuk itu, cobalah untuk memperhatikan jadwal makan dan pilih camilan sehat untuk anak anak agar anak tidak selalu merasa kenyang.

  5. Sensitif terhadap aroma dan rasa
    Anak-anak bisa menjadi susah makan dikarenakan mereka lebih sensitif terhadap aroma dan rasa. Sensitif terhadap aroma dan rasa ini membuat anak lebih cenderung untuk menolak makanan apapun yang menurut mereka memiliki aroma atau rasa yang tidak enak. Umumnya mereka akan memilih untuk menutup hidung ataupun mulut mereka terhadap makanan yang ada di depan mereka. Coba perhatikan masakan kamu, dan catat apa saja makanan yang mereka sukai dan tidak mereka sukai, jangan lupa untuk selalu mengolah makanan sehat untuk tumbuh kembang anak yang baik.

  6. Mencari perhatian
    Walaupun kamu sudah memasak makanan kesukaan Buah Hati, atau kondisi anak sedang sehat, namun terkadang anak masih menolak untuk makan. Salah satu penyebab yang mungkin terjadi saat anak menolak makan adalah karena ingin mencari perhatian. Cobalah untuk sesekali memberikan apresiasi kepada mereka agar mau makan, misal dengan memberi pujian atau memberikan hadiah jika mereka berhasil menghabiskan makanan mereka, atau cobalah cari suasana baru dengan membawa mereka ke tempat baru.

  7. Sakit atau kurang sehat
    Pada beberapa kasus penyebab anak susah makan adalah karena mereka dalam keadaan kurang sehat seperti sedang sakit gigi, demam atau sedang sariawan. Jangankan pada bayi dan anak-anak, pada orang dewasa saja sariawan kadang membuat makanan seenak apapun jadi tidak enak. Oleh karenanya, coba periksa kondisi mereka apakah mereka mengalami masalah di area rongga mulut. Sariawan pada bayi bisa disebabkan oleh trauma pada mulut seperti tergigit, kekurangan vitamin, alergi makanan, terinfeksi virus atau karena factor keturunan. Jika memang terjadi sariawan, jangan lupa berikan mereka obat-obatan yang aman untuk bayi dan anak-anak sepeti Aloclair Plus Gel. Aloclair Plus Gel berguna untuk mengobati sariawan tak hanya pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak, dengan efek samping yang minimal, serta aman jika tidak sengaja tertelan.

Cara aplikasi pada bayi dan anak-anak pun mudah, cukup dengan cara berikut ini;

  1. Oleskan 1-2 cm Aloclair Plus Gel pada area sariawan hingga menutup seluruh ulkus/lesi.
  2. Hindari kontak langsung antara ujung tube dengan
  3. Jangan menyentuh lesi dengan lidah mininal 2 menit agar terbentuk selaput
  4. Gunakan 3-4 kali sehari / sesuai
  5. Hindari makan dan minum minimal 1 jam setelah

Aloclair Plus Gel mampu meringankan dan mengatasi sariawan pada Buah Hati, sehingga mereka tidak akan merasa kesakitan saat makan, sariawan juga akan lebih cepat sembuh. Si kecil pun akan kembali ceria dan mau makan kembali.

Sumber :

www.alodokter.com/kenali-4-penyebab-bayi-susah-makan

 

Artikel

Artikel Lainnya