Sering sariawan tanda daya tahan tubuh lemah ?

Siapa sih yang tidak ingin bebas dari sariawan? Bisa menikmati makan dengan enak, bisa ngobrol dengan nyaman adalah salah satu alasan mengapa kita enggan terserang sariawan. Kalau sariawan sekali atau dua kali sih tidak masalah, namun jika sariawan sering terjadi bahkan rutin menghampiri maka perlu dipertanyakan. 

Prof Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed, FICD Lab BioCORE, dari FKG Universitas Trisakti, mengatakan bahwa sariawan yang muncul lebih dari dua di dalam mulut dalam waktu bersamaan, dan tumbuh berkali-kali di tempat yang sama maka perlu untuk diwaspadai. Terlebih lagi, jika sariawan hanya terjadi pada satu bagian mulut saja, misalnya di sekitar pipi kiri saja dan berulang-ulang. Bisa jadi itu pertanda masalah serius. 

Meskipun sariawan terlihat sepele, namun bisa menimbulkan resiko yang serius jika tidak segera sembuh dan tidak diobati. Resiko yang dimaksud adalah kanker rongga mulut. Kanker rongga mulut memiliki gejala yaitu, sariawan berkepanjangan selama lebih dari dua minggu, kelenjar getah bening di leher terasa sakit dan sedikit bengkak serta adanya benjolan-benjolan yang cukup besar di wilayah rongga mulut.

Lalu, jika sariawan terjadi berulang-ulang apakah tandanya daya tahan tubuh kita lemah? Benarkah sariawan erat kaitannya dengan lemahnya daya tahan tubuh? Beberapa penyebab sariawan memang bisa jadi disebabkan oleh kekebalan tubuh yang menurun akibat penyakit pilek atau flu, perubahan hormonal, atau kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Bisa juga dipicu faktor lainnya seperti stress, konsumsi makanan pedas dan panas juga dapat meningkatkan terjadinya sariawan. 

Melemahnya daya tahan tubuh disebut sebagai salah satu pencetus sariawan, ini karena ketika daya tahan tubuh kita melemah, maka jamur terutama jamur candida albicans dan kuman di dalam area rongga mulut dapat tubuh dengan cepat. Jamur candida albicans ini memang biasa terdapat di dalam mulut namun dengan jumlah yang kecil, peningkatan jamur inilah yang dapat menyebabkan sariawan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan jumlah jamur candida albicans adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik serta melemahnya kekebalan tubuh

Oleh karena itu sariawan juga dapat digunakan untuk mendeteksi daya tahan tubuh. Penurunan daya tahan tubuh tanpa disertai dengan infeksi berkaitan dengan munculnya sariawan di rongga mulut. Maka, jika kamu telah menghindari faktor pencetus sariawan namun masih terserang sariawan bisa jadi daya tahan tubuh sedang melemah.

Karena orang dengan daya tahan tubuh lemah akan mudah terserang sariawan, maka kamu perlu meningkatkan konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan penuh vitamin dan antioksidan serta melakukan olahraga agar sariawan tidak mudah menyerang kamu. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah sariawan datang menyerang:

  1. Minum banyak air putih
  2. Konsumsi makanan dengan vitamin B12 dan zat besi
  3. Hindari makanan yang terlalu pedas, panas dan berminyak
  4. Merawat dan memeriksakan kondisi mulut serta gigi secara teratur ke dokter gigi.
  5. Berhati-hati saat mengunyah sehingga lidah atau pipi bagian dalam tidak tergigit.
  6. Membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi.
  7. Merawat serta menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan.
  8. Berhenti merokok.
  9. Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi secara teratur.
  10. Menjaga kebersihan mulut dengan rajin sikat gigi dan berkumur menggunakan Aloclair Plus Rinse, sehingga kebersihan mulut akan terjaga.

Mengapa Aloclair Plus Oral Rinse? Aloclair Plus Oral Rinse mempunyai fungsi mencegah sekaligus mengobati sariawan dengan sangat efektif. Kamu bisa menggunakan Aloclair Plus Oral Rinse meskipun tidak sedang sariawan untuk upaya pencegahan. Jika sariawan terlanjur menyerang, serahkan kepada Aloclair Plus. 

Aloclair Plus Oral Rinse ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Efektif dan cepat mengurangi nyeri rongga mulut
  2. Nyaman dan mudah digunakan
  3. Tidak perih
  4. Cocok untuk anak, dewasa dan orang tua
  5. Perlindungan lebih lama

Selain beberapa keunggulan diatas, Aloclair Plus Oral Rinse juga memiliki kandungan utama yang terbuat dari bahan alami sehingga aman digunakan setiap hari:

  1. Mengandung Aloe vera yang bersifat sebagai anti-inflamasi, antiseptik, analgesik.
  2. Glycyrrhetinic Acid sebagai Anti-inflamasi pada kulit (kemerahan, rasa terbakar dan gatal di kulit
  3. Sodium Hyaluronate Memilikiefek Hidrasi dan berfungsi sebagai pelembab dan healing wound effect
  4. Polyvinylpyrrolidone (Pvp) Bekerja membentuk suatu lapisan pelindung terhadap ulkus di mukosa mulut yang bertahan selama beberapa jam, dan tidak diserap tubuh.

Selain Aloclair Plus Oral Rinse, kamu juga bisa memilih Aloclair Plus Gel, atau Aloclair Plus Spray untuk mengatasi sariawan kamu. Ketiganya sama-sama berkhasiat dan praktis dibawa kemana-mana. Aloclair Plus, pilihan nyaman atasi sariawan!

Sumber :

https://health.detik.com/read/2014/11/10/143223/2743992/763/waspadai-sariawan-yang-muncul-lebih-dari-2-dan-di-satu-bagian-mulut-saja

http://nutrindojaya.com/index.php/tips-kesehatan/181-awal-kanker-rongga-mulut-jangan-sepelekan-sariawan-

https://mediskus.com/penyakit/jenis-jenis-penyebab-sariawan

https://keluarga.com/4564/mengukur-daya-tahan-tubuh-lewat-frekuensi-anda-terserang-sariawan

 

Artikel

Artikel Lainnya