Tips memilih obat oral untuk bayi dan anak-anak

Umumnya bayi dan anak-anak dibawah 5 tahun rentan terhadap beberapa penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Oleh karena itu, bayi dan balita disarankan untuk melakuan imunisasi untuk memberi antibodi guna menghindari beberapa jenis penyakit seperti polio, campak dan influenza.

Namun, ada beberapa jenis penyakit yang tidak bisa dicegah hanya dengan imunisasi, salah satu contohnya adalah beberapa penyakit yang menyerang area rongga mulut. Apa saja penyakit yang dapat menyerang area rongga mulut? Berikut daftarnya:

  1. Gingivitis
    Gingivitis bisa disebut dengan radang gusi atau gusi bengkak. Kondisi ini terjadi karena mulut kurang terjaga kebersihannya, dan akhirnya timbul karang gigi atau plak yang menumpuk dan berbatasan dengan tepi gusi. Kondisi ini akan makin parah dan serius jika tidak segera ditangani dengan benar.
  1. Glositis
    Glositis bisa dikatakan sebagai penyakit radang pada lidah, dimana umumnya terlihat adanya pembengkakan pada lidah. Pada kasus glositis yang parah, dapat memicu penyumbatan pernapasan saat lidah membengkak sangat parah .
  1. Gigi Hipersensitif
    Hipersensitif bisa saja muncul pada gigi siapapun, termasuk balita yang telah tumbuh gigi. Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa ngilu pada gigi. Namun umumnya, penyakit ini menyerang para lansia secara alamiah dikarenakan terjadi penurunan gusi.
  1. Abses Gusi
    Kondisi ini merupakan salah satu penyakit gigi dan mulut dimana gusi dapat bernanah. Nanah yang keluar di bagian gusi tampak cairan kental dan berwarna kuning, putih kekuningan atau kuning kecoklatan. Nanah tersebut dapat muncul apabila terjadi inflamasi pada gusi ketika bagian gusi terinfeksi
  1. Karies Gigi
    Penyakit ini merupakan jenis infeksi yang bisa memicu kerusakan struktur gigi. Adanya karies ini dapat memicu gigi berlubang. Penyakit ini jika tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan rasa nyeri, infeksi maupun gigi tanggal.
  1. Penyakit Coxsackie
    Penyakit Coxsacke kurang begitu dikenal oleh masyarakat, tapi sangat wajib diketahui karena penyakit ini cenderung menyerang anak-anak. Penyakit ini ditandai dengan adanya titik-titik merah yang terjadi di bagian mulut.
  1. Sariawan/Stomatitis
    Hampir semua orang pernah mengalami kondisi sariawan. Sariawan bisa terjadi di hampir semua usia, dan salah satu penyebabnya adalah jamur candida albicans. Meski tidak menular, kondisi ini sering menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya, apalagi jika anak-anak yang menderitanya.

Untuk mengatasi berbagai masalah penyakit yang menyerang area rongga mulut, biasanya dokter akan menyarankan obat minum atau obat oral. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing, khusus untuk obat oral bisa menjadi alternatif yang baik jika si kecil tidak mau mengonsumsi obat minum. Beberapa kelebihan obat oral adalah sebagai berikut:

  1. Harga relatif lebih murah
  2. Bisa di kerjakan sendiri oleh penderita
  3. Tidak menimbulkan rasa nyeri
  4. Bila terjadi keracunan, obat masih bisa di keluarkan dari tubuh dengan cara dimuntahkan asalkan obat di minum belum melebihi 4 jam.
  5. Tidak diperlukan latihan khusus
  6. Lebih aman dan nyaman saat diaplikasikan

Dengan kelebihan diatas, kamu bisa memberi si kecil obat oral jika ia menderita penyakit yang menyerang area rongga mulutnya, terutama sariawan. Namun perlu diingat, tidak semua obat oral baik untuk bayi dan anak-anak. Obat oral yang baik akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut

  1. Terbuat dari bahan alami
  2. Nyaman saat diaplikasikan
  3. Aman jika tidak sengaja tertelan
  4. Memiliki efek samping minimal
  5. Telah terbukti ampuh mengatasi sariawan dan gejalanya

Ciri-ciri diatas bisa kamu dapatkan semuanya di produk-produk Aloclair Plus. Ada Aloclair Plus Gel, Aloclair Plus Spray, dan Aloclair Plus Oral Rinse yang bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhan. Untuk si kecil yang belum bisa kumur sendiri, kamu bisa memakaikan Aloclair Plus Gel untuknya.

Cara aplikasi pada bayi dan anak-anak pun mudah, cukup dengan cara berikut ini;

  1. Oleskan 1-2 cm Aloclair Plus Gel pada area sariawan hingga menutup seluruh ulkus/lesi.
  2. Hindari kontak langsung antara ujung tube dengan
  3. Jangan menyentuh lesi dengan lidah mininal 2 menit agar terbentuk selaput
  4. Gunakan 3-4 kali sehari / sesuai
  5. Hindari makan dan minum minimal 1 jam setelah

Selain itu, ada baiknya kamu juga melakukan beberapa hal berikut agar terhindar dari penyakit rongga mulut

  1. Gosok gigi teratur
  2. Memakai obat kumur
  3. Konsumsi makanan sehat bervitamin
  4. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat
  5. Hindari konsumsi makanan berkadar gula tinggi
  6. Rutin mengecek kesehatan area rongga mulut ke dokter gigi
  7. Hindari merokok
  8. Memakai produk-produk dari Aloclair Plus untuk terbebas dari sariawan dan menjaga kesehatan area rongga mulut 

Aloclair Plus, benar-benar pilihan nyaman atasi sariawan.

Sumber :

http://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/jenis-jenis-penyakit-gigi-dan-mulut

http://mariskasyafri.blogspot.co.id/2011/03/penggolongan-obat-pada-antibiotik_02.html

http://hartsant.blogspot.co.id/2013/02/pemberian-obat-oral-melalui-mulut_9454.html

Artikel

Artikel Lainnya