Tips nyaman bepergian bersama bayi dan anak-anak

Pergi berlibur bersama buah hati memang sangat menyenangkan, selain bisa menghabiskan waktu bersama, buah hati pun akan merasa senang. Selain itu ternyata ada banyak sekali manfaat kesehatan dari pergi berlibur untuk bayi dan anak-anak, diantaranya:

  1. Melepas stres
    Anak-anak pun dapat mengalami stress lho. Aktifitas yang dijalaninya mulai dari pagi berangkat ke sekolah, lalu dilanjutkan dengan les tambahan membuatnya terkadang merasa penat dan bosan dengan kegiatan-kegiatan yang dijalaninya. Oleh karenanya, sediakan waktu di akhir pekan atau di waktu khusus seperti saat ulang tahunnya untuk mengajak buah hati pergi berlibur menikmati keindahan alam atau sekedar jalan-jalan di taman bermain anak untuk melepas penat mereka.
  2. Belajar hal baru
    Sama dengan orang dewasa, saat pergi berlibur ke suatu tempat baru, maka anak akan cenderung belajar banyak hal yang ia temui selama liburan berlangsung. Insting rasa ingin tahu pada anak akan membuatnya memahami dan mengerti hal-hal baru selama liburan, seperti saat pergi ke pantai, anak akan melatih imajinasi mereka untuk bermain pasir pantai dan melatih otak mereka untuk membangun sebuah karya menggunakan pasir pantai.
  3. Perkembangan otak
    Perkembangan otak anak terutama otak kanan akan lebih berkembang dengan adanya hal-hal baru yang memicu kreatifitas mereka terutama saat pergi berlibur ke suatu tempat, baik itu wahana bermain, tempat wisata alami, dan lain sebagainya.
  4. Melatih kemampuan konsentrasi
    Bermain dengan alam memiliki manfaat yang lebih baik daripada obat-obatan untuk anak-anak. Penelitian pada otak mengatakan bahwa alam dapat meningkatkan fungsi khusus dalam mengatur tingkat stress, perhatian, konsentrasi, perenacanaan yang bagus dan kemampuan untuk belajar, dan juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada anak-anak.
  5. Mempererat hubungan keluarga
    Jika kamu termasuk orang tua yang pergi pagi pulang malam dalam bekerja, jadikan waktu liburan untuk menebus waktu yang hilang bersama anak. Pastikan dia mengerti sesibuk apapun kamu, pasti masih ada waktu untuk bersamanya.

Meskipun banyak manfaatnya, tetap akan menjadi perhatian khusus untuk kamu yang ingin bepergian bersama buah hati yang masih bayi atau balita. Mereka masih belum mengenal emosi dengan baik sehingga rentan mengalami jenuh dan stress meskipun saat liburan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini agar nyaman bepergian bersama bayi dan anak-anak.

  1. Pilih tujuan yang baik untuk seluruh keluarga
    Sebelum pergi berlibur, upayakan untuk selalu berdiskusi dengan keluarga tentang tujuan liburan kali ini. Pilihlah destinasi wisata yang baik dan aman dikunjungi untuk bayi dan anak-anak.
  2. Perhatikan jarak tempuh selama liburan
    Pastikan kamu mengetahui seberapa jauh tujuan berlibur keluarga kali ini karena akan melibatkan anak-anak. Usahakan jarak tempuhnya tidak terlalu lama agar anak tidak cepat bosan.
  3. Mencari akomodasi dan transportasi yang tepat
    Pilih transportasi yang sesuai dengan tempat tujuan wisata keluarga. Jika kamu ingin berlibur ke luar pulau, maka pastikan pesawat menjadi pilihan utama. Jika ingin keluar kota namun masih dalam pulau kamu bisa memilih kereta atau mobil pribadi dan pastikan mobil dalam kondisi prima, sehingga membuat anak-anak tetap merasa nyaman berada di dalam mobil.
  4. Hindari aktifitas yang melelahkan
    Orang dewasa berbeda dengan anak-anak dalam hal aktifitas. Bagi sebagian orang, berjalan bisa mengasyikan, namun bagi mereka terutama anak-anak, berjalan bisa menjadi hal yang melelahkan dan membosankan. Hal itu mampu merusak mood dan anak akan mudah bosan. Oleh karenanya, hindari berbagai aktifitas yang melelahkan untuk anak-anak.
  5. Sedia obat-obatan selama perjalanan
    Meskipun kamu dan keluarga sudah mempersiapkan fisik untuk pergi berlibur, namun tidak menutup kemungkinan hal-hal kecil bisa membuat liburan tidak berkesan. Seperti ketika buah hati terserang sariawan saat liburan ataupun sebelum liburan, tentu hal itu akan mengganggu ia dan menyebabkan perasaan yang tidak nyaman akibat rasa sakit yang ditimbulkan sariawan. Oleh karena itu, selalu sedia kotak P3K pada kendaraan atau tas kamu yang berisi Aloclair Plus Gel yang mampu meringankan dan mengatasi sariawan pada si kecil.

Aloclair Plus Gel sangat aman dan baik untuk bayi dan anak-anak, karena terbuat dari bahan alami seperti aloe vera dan kayu manis, serta aman jika tertelan. Cara aplikasinya pun mudah, cukup dengan cara berikut ini:

  1. Oleskan 1-2 cm AloclairTM Plus Gel hingga menutup seluruh ulkus/lesi.
  2. Hindari kontak langsung antara ujung tube dengan lesi.
  3. Jangan menyentuh lesi dengan lidah minimal 2 menit agar terbentuk selaput pelindung.
  4. Gunakan 3-4 kali sehari/ sesuai kebutuhan.
  5. Hindari makan dan minum minimal 1 jam setelah pengolesan.

Aloclair Plus, pilihan nyaman atasi sariawan.

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/manfaat-liburan-keluarga-pada-otak-anak

Artikel

Artikel Lainnya