Tips perawatan kawat gigi

Ketika mendengar kata kawat gigi, terlintas di benak kita adalah suatu alat yang berfungsi untuk memperbaiki susunan gigi, dengan tujuan utamanya adalah estetika dan memperbaiki penampilan. Lalu, adakah fungsi lain dari pemasangan kawat gigi? Tentu saja, berikut beberapa fungsi pemakaian kawat gigi:

  1. Memperbaiki susunan gigi
    Manfaat utama yang dapat diperoleh dari pemasangan kawat gigi adalah untuk meratakan posisi susunan gigi. Bagi sebagian orang yang memiliki susunan gigi yang tidak rata atau memiliki jarak antara gigi yang terlalu renggang, kawat gigi menjadi solusi utama untuk meratakan kembali gigi kamu.
  2. Menjaga kesehatan gigi
    Penggunaan kawat gigi memang bertujuan untuk menyelesaikan permasalah pada susunan gigi, misalnya seperti gigi tidak rata. Karena alasan ini pula banyak dokter gigi menyarankan kepada mereka yang memasang kawat gigi agar selalu menjaga kesehatan area rongga mulut termasuk gigi. Dengan begitu kesehatan gigi akan tetap terjaga.
  3. Mencegah penumpukan plak
    Karena susunan gigi menjadi lebih rapi karena adanya kawat gigi, maka kebersihan gigi pun akan lebih terjaga. Ketika kebersihan gigi dan gusi terjaga maka kamu akan lebih terbebas dari resiko adanya penumpukan plak pada gigi dan gusi. Penumpukan plak dan bakteri dapat menyebabkan beberapa masalah pada gigi dan gusi, seperti sakit gigi, karang gigi, gigi berlubang, sariawan dan penyakit kronis seperti kanker mulut.
  4. Mencegah Temporomandibular Disorder
    Jika kanker mulut dapat disebabkan oleh penumpukan bakteri dan plak, maka berbeda dengan Temporomandibular Disorder yang merupakan kondisi kelainan akan tekanan dan stress pada sendi rahang. Umumnya disebabkan oleh posisi serta kondisi gigi yang susunannya tidak rapi. Oleh karena itu, pemakaian kawat gigi merupakan langkah yang tepat untuk membuat gigi kamu terlihat rapi dan terbebas dari stress pada sendi rahang.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri
    Pemakaian kawat gigi membuat penampilan gigi yang semula tidak rata dan tidak beraturan menjadi rapi dan indah. Perubahan ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri, sehingga kamu akan dengan bebas mengekspresikan diri secara terbuka tanpa ragu atau malu.

Setelah mengetahui beberapa fungsi penting pemasangan kawat gigi, berikut ini ada beberapa tips perawatan untuk kamu yang memakai kawat gigi agar terhindar dari beberapa masalah di area rongga mulut, diantaranya:

  1. Menggunakan sikat dan pasta gigi khusus
    Perawatan pada kawat gigi dapat dilakukan dari pemilihan sikat dan pasta gigi khusus untuk kawat gigi. Biasanya, dokter akan langsung menyarankan penggunaan sikat dan pasta gigi khusus ini. Untuk sikat gigi, umumnya berbentuk kecil dan halus yang memudahkan kamu membersihkan sela sela kawat gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa.
  2. Menggunakan dental floss
    Jika mereka yang tidak menggunakan kawat gigi saja dianjurkan menggunakan dental floss demi menjaga kebersihan gigi, begitu pula dengan mereka yang menggunakan kawat gigi. Selain dengan menyikat gigi, dental floss bertujuan untuk menghilangkan plak yang tersisa yang tidak mampu dijangkau oleh sikat gigi.
  3. Hindari makanan bertekstur alot dan keras
    Makanan bertekstur alot seperti daging atau keras seperti buah pir, buah apel, dan aneka kripik sebenarnya diperbolehkan asal kamu memotongnya terlebih dahulu sehingga menjadi lebih kecil dan siap untuk dimakan tanpa harus menggunakan gigi untuk memotongnya.
  4. Hindarilah makanan yang lengket
    Selain mudah menyangkut di sela-sela gigi dan kawat gigi, makanan lengket dikhawatirkan bisa menarik kawat atau karet behel sehingga bergeser atau lepas dari tempatnya. Oleh karena itu, hindari juga makanan lengket seperti karamel, permen kenyal, atau permen karet.
  5. Bersihkan mulut setelah makan
    Upayakan setelah makan, kamu segera membersihkan sisa-sisa makanan dengan menggunakan tusuk gigi atau berkumur dengan air putih. Begitu juga setelah minum minuman manis, berkumurlah dengan air putih sehingga kamu terhindar dari beberapa bakteri penyebab asam mulut.
  6. Mengonsumsi vitamin
    Ortodontis akan menyarankan kamu untuk memperbanyak konsumsi kalsium, vitamin C dan D untuk memperkuat gigi dan gusi.
  7. Gunakan obat kumur
    Salah satu tips menjaga kebersihan kawat gigi adalah dengan berkumur. Salah satu penggunaan  obat kumur bertujuan untuk menghilangkan berbagai masalah penyebab sariawan. Dengan begitu, kesehatan gusi dan rongga mulut dapat dipastikan terjaga dengan baik. Kamu dapat berkumur dengan menggunakan Aloclair Plus Oral Rinse

Mengapa harus Aloclair Plus Oral Rinse? Karena produk ini bekerja secara efektif, menyeluruh ke dalam bagian rongga mulut hingga area yang sulit terjangkau sekalipun, serta memberi efek samping yang minimal. Berikut adalah cara menggunakan Aloclair Plus Oral Rinse untuk membantu kamu merawat area rongga mulut terutama untuk kamu yang memakai kawat gigi.

Mulut bebas sariawan, bebas berkespresi berkat Aloclair Plus. Aloclair Plus, pilihan nyaman atasi sariawan.

Artikel

Artikel Lainnya