Cara mudah dan alami atasi sariawan pada anak

04 May 2017

Sariawan tidak hanya dialami oleh orang dewasa melainkan, anak-anak juga bisa mengalaminya sejak masih bayi. Meski demikian, Ayah/Bunda tidak perlu khawatir. Pasalnya, sariawan pada anak tidak berbahaya. Dan, ada banyak pilihan obat sariawan untuk anak yang bisa digunakan. Baik yang terbuat dari bahan alami maupun obat yang diformulasikan secara modern dan aman diterapkan pada bayi, balita, hingga anak remaja.

Meski sariawan dianggap tidak berbahaya, namun sariawan pada anak harus mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, sariawan bisa menyebabkan anak enggan makan dan minum. Yang ujung-ujungnya akan mengurangi asupan gizi mereka, disamping bisa menyebabkan penurunan berat badan. Selain dapat menyebabkan anak kurang gizi, malas makan dan minum dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta otak anak. Karena itulah, meski tidak berbahaya, sariawan pada anak harus segera diatasi.

Gejala Sariawan pada Anak

Gejala sariawan pada anak sangat mudah dikenali. Biasanya, anak yang mengalami sariawan akan menunjukkan beberapa ciri-ciri berikut ini:

Cara Mendiagnosis Sariawan Anak

Apabila anak menunjukkan satu atau dua gejala di atas, cobalah untuk mendiagnosis mulut anak untuk memastikan apakah anak-anak mengalami sariawan atau tidak? Caranya, bisa dengan membuka mulut mereka untuk mencari tahu apakah ada luka berwarna putih dengan tepi kemerah-merahan berukuran kecil maupun besar. 

Agar bisa melakukan pemeriksaan dengan lebih leluasa, sebaiknya periksalah mulut anak di tempat yang terang atau gunakan bantuan senter untuk menerangi bagian dalam mulut.

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari bagian dalam bibir atas maupun bawah, gusi, dinding pipi, di pangkal mulut serta di bawah lidah. Untuk memudahkan pemeriksaan di bawah lidah, Ayah/Bunda bisa memanfaatkan sendok kecil untuk membantu mengangkat atau memindahkan lidah anak agar bisa terlihat dengan lebih jelas.

Penyebab Sariawan pada Anak

  1. Kekurangan nutrisi (vitamin dan mineral) yang terdiri atas vitamin B 12, asam folat, dan zinc
  2. Alergi atau iritasi akibat makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang asam cenderung bisa mengakibatkan iritasi. Beberapa contohnya adalah, jeruk, mangga, rambutan, hingga buah kiwi dan strawberry (utuh maupun dalam bentuk jus buah)
  3. Sensitif terhadap bahan yang ada di dalam pasta gigi. Cobalah untuk mengganti pasta gigi dan cari tahu apakah hal sebut memberikan pengaruh
  4. Gangguan emosional atau stres (tertekan)
  5. Penggunaan kawat gigi
  6. Kebersihan mulut kurang terjaga
  7. Cedera ringan akibat tergigit di gigi sendiri ataupun akibat membersihkan gigi dan mulut terlalu kasar menggunakan kain (pada bayi) ataupun sikat gigi
  8. Mulut melepuh disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terlalu panas
  9. Cold Sores atau Fever Blisters adalah penyebab sariawan pada anak lainnya. Yang dimaksud dengan cold sore adalah luka yang terjadi di mulut atau bibir bagian luar
  10. Infeksi akibat virus herpes simplex atau cold sore virus. Virus ini dapat mengakibatkan munculnya banyak luka di bibir, lidah, hingga gusi. Sangat umum dialami oleh anak usia 1-3 tahun. Infeksi akibat virus herpes simplex dapat mengakibatkan anak mengalami demam dan kesulitan untuk menelan
  11. Penyebab sariawan pada anak lainnya adalah virus coxsackie. Virus ini adalah penyebab utama penyakit tangan, kaki, dan mulut (Hand-Foot-Mouth Disease). Virus ini umumnya menyebabkan luka di sisi mulut dan di lidah. Kaki atau tangan melepuh adalah gejala lain yang bisa ditimbulkan oleh penyakit ini

Cara Alami Mengobati Sariawan Anak

Obat alami sariawan anak harus dipilih secara bijak berdasarkan usia dan kemampuan anak. Karena beberapa obat tersebut ada yang dapat menimbulkan rasa perih, hingga membuat anak jadi trauma terhadap metode pengobatan yang Anda terapkan. Beberapa obat, ada yang membutuhkan kemampuan tertentu seperti, kemampuan berkumur-kumur--yang umumnya hanya bisa dilakukan oleh anak usia 5-6 tahun keatas.

Dalam mengobati sariawan pada anak, selain harus memperhatikan usia dan kemampuan mereka, setiap orang tua juga harus tahu bahwa, menerapkan obat alami sariawan sebaiknya menggunakan bantuan alat yang steril, agar luka tidak terkontaminasi oleh bakteri atau mikroorganisme berbahaya.

1. Madu adalah obat sariawan alternatif untuk anak

Jika anak sudah berusia 1 tahun ke atas, anda bisa mengobati sariawan mereka dengan menggunakan madu. Cara menerapkannya adalah dengan mengoleskannya beberapa kali sehari.

Madu memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu menyembuhkan luka. Namun perlu diingat, madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun.

2. Santan atau air kelapa adalah obat tradisional untuk sariawan

Obat alami sariawan untuk anak lainnya yang bisa Anda coba adalah air atau santan kelapa. Air kelapa merupakan pengobatan tradisional masyarakat India untuk mengatasi sariawan.

Selain bisa memanfaatkan air dan santan kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa murni. Namun sama seperti madu, minyak kelapa juga tidak boleh diberikan kepada anak usia dibawah 1 tahun.

3. Yogurt efektif mengatasi bakteri penyebab sariawan

Penyebab pasti sariawan hingga saat ini belum diketahui. Selain disebabkan karena beberapa faktor yang telah disebutkan di atas, sariawan juga bisa diakibatkan oleh bakteri helicobacter pylori atau penyakit radang usus.

Sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan bahwa probiotik seperti lactobacillus bisa membantu memberantas bakteri helicobacter pylori sekaligus mengobati beberapa penyakit radang usus. Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan pada anak, yogurt yang mengandung probiotik bisa membantu mengatasinya.

4. Daun kemangi juga bisa obati sariawan anak

Bagi anak yang sudah bisa mengunyah. Daun kemangi bisa jadi obat alternatif sariawan yang sangat efektif. Cara memanfaatkannya sangat sederhana. Daun kemangi setelah dibersihkan bisa dikunyah sambil minum air hangat. Pengobatan alami untuk sariawan anak ini bisa diterapkan 2 kali sehari.

5. Gel tanaman lidah buaya (aloe vera)

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu obat alami sariawan anak yang paling populer. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila anda menanam pohon lidah buaya di rumah. Karena gel-nya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Selain untuk sariawan, aloe vera juga berkhasiat mengobati berbagai penyakit ataupun menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Aloe Vera bisa menenangkan luka, memiliki sifat antibakteri, dan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan serta menjaga kesehatan gusi.

Berikut adalah langkah-langkah mengobati sariawan anak dengan menggunakan tanaman lidah buaya.

6. Es krim efektif mengurangi gejala sariawan

Makanan dingin seperti es krim bisa membantu mengurangi rasa perih atau sakit pada luka sariawan. Selain bisa membantu mengurangi gejalanya, es krim juga bisa bermanfaat untuk menambah asupan cairan bagi anak agar mereka terhindar dari dehidrasi.

7. Kunyit dan madu

Kunyit merupakan bahan alami lainnya yang sangat mudah ditemukan di rumah-rumah. Karena hampir di setiap dapur tersedia kunyit.

Kunyit dapat digunakan untuk mengobati sariawan pada anak-anak karena memiliki sifat antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Untuk memudahkan kasihan obat alami ini, sebaiknya campuran bubuk kunyit dengan madu.

Di samping beberapa obat alami sariawan untuk anak yang telah disebutkan diatas, Sebenarnya masih ada sejumlah alternatif lainnya yang bisa digunakan. Seperti air garam untuk berkumur-kumur, air rendaman akar manis (licorice), hingga minyak samin atau ghee. Meski demikian, kami memang tidak secara khusus merekomendasikan bahan-bahan tersebut karena, air garam bisa menimbulkan rasa perih, akar manis tidak begitu mudah diperoleh, begitu juga dengan minyak samin yang sangat jarang bisa ditemukan di rumah-rumah masyarakat Indonesia.

Saran Penyajian Makanan dan Minuman untuk Anak yang Sariawan

Jika anak-anak enggan makan karena sariawan, mereka tetap harus diberikan asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Jika anak enggan minum air putih, Anda bisa mencoba memberikan alternatif sumber cairan seperti es krim, jus buah, milkshake, atau es loli.

Untuk sementara waktu, hindari memberikan anak-anak makanan padat yang sulit untuk dikunyah. Dan hindari memberikan makanan-makanan yang terlalu asam atau asin.

Sebaliknya, menyajikan makanan yang lunak seperti bubur, keju, sup makaroni, kentang tumbuk, atau sereal dengan susu adalah yang paling direkomendasikan. Perlu diingat bahwa, asupan cairan jauh lebih penting dibandingkan dengan pemberian makanan padat.

Apabila sariawan dialami oleh bayi, disarankan untuk menghentikan penggunaan botol susu atau pemberian ASI secara langsung. Karena dot maupun puting susu bisa menambah rasa perih atau sakit. Agar bayi tetap bisa memperoleh asupan ASI atau susu, Bunda bisa memberikan bayi asupan cairan dengan menggunakan sendok atau cangkir.

Rekomendasi Obat Sariawan Anak Terbaik yang Ampuh dan Tidak Perih

Sebagian besar obat alami yang telah disebutkan di atas tidak begitu ampuh mengatasi sariawan. Mengapa? Selain karena kandungannya sangat terbatas, sebagian besar obat alami tidak digunakan dalam dosis yang tepat. Karena itulah, kami tetap menyarankan alternatif obat sariawan anak yang diformulasikan secara medis seperti Aloclair Plus.

Obat sariawan Aloclair aman digunakan untuk anak usia 6 bulan keatas dan tersedia dalam berbagai kemasan. Mulai dari kemasan mouthwash atau kemasan kumur, kemasan gel yang cocok untuk anak-anak (bayi maupun balita), serta kemasan spray.

Mengapa kami merekomendasikan Aloclair untuk mengobati sariawan anak?

Aloclair tidak meninggalkan rasa perih ketika diaplikasikan. Karena itulah, obat ini sangat direkomendasikan untuk mengobati sariawan pada bayi atau anak-anak. Sebaliknya, obat ini justru membantu menghilangkan rasa nyeri atau perih pada luka. Sehingga, anak akan kembali ceria, bisa makan dan minum dengan nyaman, serta lebih leluasa menggerakan mulut untuk berbicara tanpa rasa perih yang berarti--langsung beberapa saat setelah diobati.

Selain aman digunakan untuk anak-anak usia 6 bulan ke atas, Aloclair juga aman digunakan untuk mengobati sariawan pada ibu hamil.

Obat sariawan yang tidak mengandung alkohol ini juga dibuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak aloe vera atau tanaman lidah buaya, akar manis atau licorice, hingga ekstrak kayu manis. Kombinasi berbagai bahan alami tersebut membuat Aloclair cukup ampuh mengatasi sariawan, membantu mempercepat proses penyembuhan luka, sekaligus membantu melindungi luka dari kemungkinan gesekan dengan makanan dan gigi.


Sumber:

Detik: 10 Obat Sariawan Alami yang Ampuh untuk Dewasa dan Anak

Alodokter: Obat Sariawan Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Halodoc: Cara Ampuh Mengobati Sariawan pada Anak

Healthline.com: 16 Ways to Get Rid of Canker Sores


Artikel

Artikel Lainnya