Menggigit Bibir Menyebabkan Sariawan

Mengapa terkadang kita menggigit bibir, lidah, atau bagian mulut lainnya secara tak sengaja? Apakah menggigit bibir menyebabkan sariawan?

Alasan Mengapa Kita Menggigit Mulut Sendiri

Terlepas dari mitos apapun yang pernah anda dengar mengenai penyebab mengapa kita menggigit lidah sendiri, berikut adalah alasan-alasan ilmiah mengapa kita kadang tanpa sadar menggigit mulut sendiri.

Penyebab Sariawan Lainnya

Menggigit bibir atau area mulut yang lainnya adalah satu dari sekian penyebab sariawan. Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab sariawan lainnya yang perlu diwaspadai.

Cara Mencegah Tak Sengaja Menggigit Bibir Sendiri

Mengalami sariawan akibat menggigit bibir sendiri sangat tidak menyenangkan karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, menyebabkan bad mood, malas makan, hingga enggan berbicara atau berkomunikasi secara verbal. Berbagai gangguan tersebut sudah pasti akan membuat produktivitas kita menurun dan membuat waktu produktif berkurang. Agar menggigit bibir atau mulut sendiri dapat dihindari, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Cara Mencegah Sariawan Karena Tergigit

Luka akibat tergigit gigi sendiri yang pada awalnya kecil bisa berangsur-angsur membesar dan menjadi luka yang lebar atau sariawan. Jika sudah tergigit, agar tak membesar dan menjadi sariawan yang parah, sebaiknya:

Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam, hindari makanan dan minuman yang terlalu panas, jaga kondisi mulut dengan rutin gosok gigi minimal 2 kali sehari serta gunakan obat kumur untuk menghilangkan bakteri. Perbanyak makanan bergizi yang dapat membantu tubuh mengobati dirinya sendiri seperti sayur dan buah-buahan, konsumsi juga makanan atau minuman probiotik seperti yogurt, dan obati dan lindungi luka dengan menggunakan obat sariawan seperti Aloclair Plus agar tidak melebar.

Cara Mengobati Sariawan Akibat Tergigit Gigi Sendiri

Pada artikel sebelumnya, kami telah menulis beberapa cara alami mengobati sariawan menggunakan bahan herbal ataupun buah dan sayuran. Selain menggunakan cara-cara alami, sariawan juga dapat diobati dengan menggunakan obat yang diformulasikan secara khusus dengan menggunakan ilmu medis dan teknologi modern.

Aloclair Plus adalah contoh obat sariawan yang ampuh dan aman digunakan oleh bayi usia 6 bulan hingga manula. Obat ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti tanaman lidah buaya atau Aloe vera, akar manis (licorice), ekstrak kayu manis, dan bahan-bahan lain yang berguna untuk mempercepat waktu penyembuhan serta berfungsi untuk melindungi luka agar tidak melebar dan tidak perih saat digunakan untuk makan atau berbicara.

Aloclair Plus yang tersedia dalam tiga pilihan kemasan (kemasan gel, mouthwash, serta kemasan spray) tidak mengandung alkohol dan tidak meninggalkan rasa perih saat diaplikasikan. Karena itulah, obat ini kerap direkomendasikan oleh dokter untuk mengobati sariawan di bibir akibat tergigit gigi sendiri atau karena faktor lainnya, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

 

Sumber:

  1. Klikdokter: 8 Penyebab Lidah Sering Tergigit
  2. dentalhealth: Mouth ulcers
  3. Liputan6: 10 Cara Mencegah Sariawan karena Tergigit, Mudah Dilakukan
  4. Medical News Today: Bit tongue: What to know
  5. Medicinenet: Canker Sores (Causes, Home Remedies, Treatment, and Prevention)
  6. Medical News Today: When to see a doctor

Artikel

Artikel Lainnya