Mulut Kering Menyebabkan Sariawan dan Mulut Bau

Mulut kering (xerostomia) yang diakibatkan karena rasa gugup atau dehidrasi adalah sesuatu yang masih dianggap normal. Namun apabila mulut terus-menerus kering, bahkan setelah minum banyak air, hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Mulut bisa menjadi kering karena kelenjar ludah tidak menghasilkan cukup air liur. Ciri-ciri mulut kering yang paling umum diantaranya adalah: lidah terasa lengket dengan langit-langit, tenggorokan terasa kering, bibir pecah-pecah, bau mulut tak sedap, dan kadang mengakibatkan sariawan.

Mulut kering menyebabkan sariawan dan berbagai masalah lainnya karena bakteri akan lebih mudah berkembang jika jumlah produksi air liur (di mulut) berkurang. Karena, salah satu fungsi air liur adalah untuk mengontrol perkembangan bakteri di mulut.

Air liur sendiri adalah bagian penting dari proses pencernaan karena bisa membantu melembabkan dan memecah makanan. Air liur juga berfungsi sebagai pertahanan utama untuk melindungi tubuh dan menjaga kesehatan mulut sehingga tidak mudah terkena penyakit gusi atau mengalami kerusakan gigi.

Mulut kering bukanlah kondisi medis yang serius. Akan tetapi, tetap perlu diwaspadai karena mulut kering bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu di samping dapat menyebabkan komplikasi seperti kerusakan gigi, infeksi jamur, penyakit gusi, hingga sariawan.

Penyebab Mulut Kering

Di bagian atas telah disebutkan bahwa, diantara penyebab mulut kering adalah rasa gugup dan dehidrasi. Selain penyebab tersebut, berikut adalah beberapa faktor penyebab lain yang perlu Anda ketahui.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Mulut Kering

Seseorang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, alzheimer, sariawan, fibrosis kistik, hingga HIV dan AIDS, juga bisa mengalami mulut kering.

Bagaimana Cara Mengatasi Mulut Kering?

Telah disebutkan bahwa mulut kering menyebabkan bau mulut dan berbagai masalah lainnya termasuk bibir pecah-pecah serta sariawan. Bagi Anda yang sering mengalaminya, Anda bisa mengatasi atau meredakan gejala serta mencegahnya dengan beberapa cara berikut ini.

Selain menerapkan beberapa solusi di atas, seseorang yang menderita mulut kering juga direkomendasikan untuk menjaga kebersihan mulutnya, terutama gigi. Caranya adalah dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

Menurut ahli kesehatan, perawatan mulut yang baik bisa membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi dan berbagai masalah lainnya. Karena seperti yang telah disebutkan diatas, selain mengakibatkan bibir pecah-pecah dan tenggorokan kering, mulut kering menyebabkan sariawan serta bau mulut.

Ciri-ciri Mulut Kering yang Mengharuskan Anda ke Dokter

Penderita mulut kering dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila merasakan gejala yang membuat tidak nyaman atau mengkhawatirkan seperti,

Yang Harus Dilakukan Apabila Mulut Kering Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut atau yang disebut halitosis seringkali membuat kita kehilangan rasa percaya diri, malu berkomunikasi jarak dekat secara verbal, dan malu berdekatan dengan orang lain.

Apabila anda merasa mudah gugup, sering stress, atau kerap menjumpai diri sendiri mengalami mulut kering hingga menimbulkan halitosis, cobalah untuk:

Apabila Mulut Kering Menyebabkan Sariawan

Untuk mencegah agar mulut kering tidak menyebabkan sariawan, Anda dianjurkan untuk mencoba sejumlah cara mencegah mulut kering yang telah disebutkan diatas, selain berkonsultasi ke dokter.

Jika terlanjur mengalami sariawan akibat mulut kering, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan obat-obatan yang aman seperti Aloclair Plus.

Aloclair adalah obat sariawan alami yang ampuh dan cukup manjur. Obat ini tidak mengandung alkohol hingga tidak menyebabkan rasa perih ketika diaplikasikan pada luka. Kandungannya berasal dari bahan-bahan alami seperti ekstrak akar manis (licorice), ekstrak Aloe vera (lidah buaya), serta ekstrak kayu manis. Selain bisa mempercepat proses penyembuhan, obat sariawan Aloclair juga dapat membantu melapisi dan melindungi luka sehingga tidak terlalu perih ketika digunakan untuk berbicara atau makan.

Kesimpulan

Apabila mulut kering yang anda alami diakibatkan oleh faktor-faktor yang tidak berbahaya seperti, akibat nervous, bernafas dari mulut karena sedang flu, atau karena perasaan tertekan dan ketakutan, Anda bisa mengatasinya sendiri dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Namun, apabila mulut kering menyebabkan sariawan, bau mulut, dan berbagai masalah lainnya yang mengganggu seperti kesulitan mengunyah dan menelan, segeralah berkonsultasi ke dokter dengan mendatangi Puskesmas atau pusat pelayanan kesehatan terdekat.


Sumber:


Artikel

Artikel Lainnya