Cuci Tangan, Pentingkah?

Cuci tangan mungkin sebagian dari kamu meremehkan hal yang satu ini. Namun sebenarnya ada manfaat besar dibalik aktivitas yang satu ini lho. Oleh karena itu mengapa, dibuat peringatan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober. Penunjukan ini dibuat melalui Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm.

Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya. Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisiatif ini dikumandangkan oleh Public Private Partnership for Handwshing (PPWH) dan didukung oleh PBB

Adapun yang menjadi salah satu tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan.Selain itu, penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangin dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.

Mencuci tangan merupakan cara paling efektif untuk melindungi diri dari sejumlah penyakit menular, mulai dari yang ringan hingga yang dapat mengancam nyawa. Kuman dan bakteri bisa menular melalui banyak cara, dan yang paling rawan adalah tangan. Ketika tangan yang mengandung kuman menyentuh mata, hidung, atau mulut maka anda bisa terserang penyakit. Lewat cuci tangan sebenarnya kita dapat mencegah beberapa penyakit berikut.

1. Diare

Mencuci tangan akan mengurangi resiko diare dan gangguan infeksi usus secara signifika, khususnya pada anak-anak. Seperti yang telah diketahui bahwa diare merupakan penyebab tertinggi kematian pada anak usia balita di seluruh dunia. Selain itu mencuci tangan juga dapat mencegah cacingan.

2. Infeksi Mata

Penyebaran bakteri penyebab infeksi mata dapat kamu cegah dengan kebiasaan mencuci tangan secara rutin. Jika kamu mengalami gatal pada mata pasti kamu akan langsung mengusapnya dengan tangan, hal in justru akan menjadi penyebab dari penyebaran bakteri di tangan. Oleh karena itu cegah berbagai infeksi pada mata dengan mencuci tangan dengan sabun.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Patogen yang menjadi penyebab utama ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) sangat umum dijumpai pada jari dan telapak tangan. Kamu bisa menurunkan resiko terkena infeksi penapasan ini dengan rajin mencuci tangan.

4. Berbagai Penyakit lainnya

Tangan yang tidak bersih dapat menjadi jalan masuknya penyakit ke dalam tubuh. Dengan mencuci tangan dengan benar kamu dapat melindungi diri dari beberapa penyakit menular seperti pilek, flu, diare, hingga hepatitis A, dan meningitis.

 

Bagaimana? Masih mau meremehkan manfaat dari cuci tangan? Mulai sekarang ayo mulai jadikan cuci tangan sebagai kebutuhan dan rutinitas. Sehingga kamu dapat mencegah masuknya berbagai penyakit ke tubuhmu! Kemudian, selalu gunakan pembersih tangan agar kamu selalu terhindar dari kuman dan bakteri!

Artikel

Artikel Lainnya