Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Mulut Saat Berpuasa

Saat memasuki puasa Ramadan, udah harus lebih aware nih sama kesehatan mulut. Karena kita ga makan dari setelah makan sahur hingga bedug maghrib, ga jarang membuat mulut kita jadi bau tidak sedap. Untuk itu, menjaga kesehatan mulut saat berpuasa penting juga nih! Yuk simak tipsnya!

1. Menyikat Gigi 2x Sehari, Setelah Makan Sahur Dan Sebelum Tidur

Tahukah kamu kalau ternyata tidak menyikat gigi setelah makan adalah makanan bagi si kuman mulut? Ya, tenyata jika kita lupa untuk menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur si kuman dalam mulut kita punya kesempatan banyak untuk mengubah sisa-sisa makanan di mulut kita menjadi asam yang dapat mengakibatkan karies atau lubang pada gigi.

Makanya saat berpuasa seharian jangan malah menyikat gigi ya! Demi kesehatan gigi dan mulutmu.

2. Membersihkan Lidah

Walaupun sepele membersihkan lidah saat menyikat gigi ada gunanya juga lho! Agar kuman yang tidak terlihat dapat ikut tersingkir juga pastinya.

3. Berkumur Saat Berwudhu

Berkumur saat berwudhu adalah salah satu hal yang wajib dalam wudhu. Bukan hanya itu, saat berwudhu sebaiknya kamu berkumur dengan benar ya, agar sisa-sisa makanan di dalam mulut bisa tersingkir ketika dikumur.

4. Perbanyak Minum Air Mineral Saat Sahur Dan Berbuka

Air mineral atau air putih adalah komponen utama dalam tubuh kita. Tapi yang lebih penting lagi ternyata air mineral juga komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu, banyak minum juga dapat mencegah dehidrasi, dan menghindari bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering.

Dan sebaiknya kamu menghindari minum soda dan minuman berkafein karena dapat merusak dan mewarnai gigi. Ayo jangan malas ya  untuk minum air mineral!

5. Perbanyak Makan Yang Berserat Tinggi (Seperti Buah Dan Sayur)

Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, terlebih saat berpuasa.

6. Sedia obat sariawan dan panas dalam

Selain melakukan lima tips di atas, ga ada salahnya sedia juga nih obat panas dalam dan sariawan. Apalagi saat puasa, perut kosong seharian ditambah saat berbuka dan sahur kamu makan makanan yang pedas dan panas. Wajib banget nih buat sedia Aloclair Plus, Aloclair Plus yang ampuh mempercepat penyembuhan luka dan meredakan nyeri saat sariawan. Monggoh dicoba ya!

Artikel

Artikel Lainnya