Stres Dapat Memicu Sariawan Sering Kambuh

Kamu pernah mengalami sariawan yang berulang atau sering kambuhan? Sudah konsumsi makanan sehat dan vitamin C tapi sariawan sering muncul lagi? Bisa jadi kamu menderita Recurrent Aphthous Stomatitis (RAS) atau sariawan berulang. Ternyata, pemicu sariawan kambuhan kamu itu bisa jadi karena stres akut, lho!

Penelitian mengenai kaitannya keadaan psikologis dengan sariawan berulang atau RAS ini pernah dilakukan oleh Camila de Barros Gallo dari Department of Stomatology, School of Dentistry, University of Sao Paulo, di Brazil bersama rekan-rekan peneliti lainnya. Penelitian ini melibatkan 50 peserta, dengan jumlah 25 orang yang memiliki riwayat sariawan berulang dan 25 orang yang tidak memiliki riwayat RAS.

Setiap peserta dievaluasi berdasarkan 4 domain stres (emosional, fisik, sosial dan kognitif) dengan menggunakan kuesioner yang dapat mengukur frekuensi dan intensitas gejala stres. Kuisioner ini divalidasi secara internasional, dianalisis melalui perangkat lunak hingga kemudian ditafsirkan oleh ahli psikologi. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang terkena RAS tingkat stres psikologisnya lebih tinggi.

Stres yang dianalisis dalam penelitian tersebut berkaitan dengan perubahan signifikan dalam hidup, seperti masalah keluarga, pekerjaan, dan sebagainya. Sebanyak 17 peserta mengaku bahwa stres yang mereka hadapi membuat sariawan menjadi tambah parah. Sementara 16 orang melaporkan bahwa menderita lesi dalam mulut itu sendiri menaikkan tingkat stres mereka.

Kesimpulan yang didapat meskipun stres tidak menyebabkan penyakit sariawan secara langsung, stres dapat memicu timbulnya penyakit ini. RAS merupakan penyakit umum pada mukosa oral, yang menyebabkan rasa terbakar yang berlangsung 24 - 48 jam. Umumnya akan sembuh setelah 10 - 14 hari. Selain stres, yang bisa memicunya adalah kekurangan gizi, sensitif terhadap makanan tertentu, hingga gangguan kekebalan tubuh.

Manajemen Stres yang Bisa Dilakukan agar Terhindar dari Sariawan

Dampak dari penyakit oral berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Penyakit mulut memiliki banyak dampak yang merugikan di antaranya kesulitan berbicara, kekurangan asupan nutrisi (karena malas makan dan mengunyah), mengganggu interaksi sosial hingga berdampak pada penampilan fisik dan kepercayaan diri.

Stres psikologis dapat menginduksi aktivitas imunoregulasi (regulasi sistem imun) dengan meningkatkan jumlah leukosit pada tempat yang mengalami peradangan sehingga infeksi dapat terjadi. Infeksi ini bisa memicu patogenesis atau berjangkitnya penyakit sariawan yang berulang. Karena itu manajemen stres dapat bermanfaat mengurangi kambuhnya sariawan. Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres.

  1. Relaksasi

    Tenangkan pikiran dan tubuh. Mengistirahatkan pikiran bisa jadi hal yang lebih sulit dibanding mengistirahatkan tubuh. Ini yang bisa membuat kita merasakan lelah yang tidak berkesudahan. Bersantailah, nikmati hidup dan lakukan hal-hal yang kamu senangi. Bila perlu lakukan meditasi untuk memberikan ketenangan batin.

  2. Mengatur Waktu dengan Baik

    Menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting membuat kamu jadi selalu merasa kekurangan waktu untuk beraktivitas. Akibatnya, kamu bisa panik dan merasa tertekan karena harus terburu-buru menyelesaikan pekerjaan. Dengan mengatur jadwal dengan baik, kita jadi punya kontrol lebih atas waktu yang kita miliki dan terhindar dari kecemasan-kecemasan yang tidak perlu.

  3. Perbanyak Humor

    Tontonlah film komedi atau hal-hal yang lucu lainnya yang bisa mem buat kamu lebih sering tertawa. Temukan kelucuan di dalam kehidupan sehari-hari dan tertawakan kejadian konyol yang kamu alami. Menertawakan diri sendiri dapat membuat perasaan menjadi lebih lega.

  4. Mengurangi Amarah

    Berhentilah merasa kesal karena hal-hal kecil. Marah perlu dikurangi dan diatur. Selalu ingatkan diri untuk tidak marah jika melihat hal yang tidak sesuai keinginanmu. Belajar untuk tidak menaruh ekspektasi berlebih juga bisa membuat perasaanmu lebih ringan.

  5. Hiduplah dengan Minim Rasa Cemas

    Tidak semua hal harus kamu cemaskan. Maafkan semua yang terjadi di masa lalu dan hiduplah sebaik-baiknya di hari ini. Khawatir berlebihan pada masa depan juga hanya akan membuat kecemasanmu meningkat. Belajar untuk memilah mana yang penting dan genting serta mana yang sebenarnya bisa kamu abaikan dan tidak perlu diambil pusing. Dengan begitu kamu jadi tidak mudah cemas.

    Bila kamu sudah mengelola stresmu dengan baik, tapi sariawan juga masih bandel dan sering datang lagi, obati dengan Aloclair Plus. Obat sariawan lain bisa membuat perih dan kamu jadi semakin stres karena tidak nyaman. Kalau kamu pakai Aloclair Plus, dijamin sariawan kamu bisa cepat sembuh tanpa menimbulkan rasa perih.

    Aloclair Plus juga sudah efektif terbukti menyembuhkan sariawan di 57 negara, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Pilih varian Aloclair Plus sesuai yang kamu suka, mulai dari Aloclair Plus Oral Rinse (kumur), Aloclair Plus Spray (semprot) atau Aloclair Plus Gel (oles).

    Ketiganya bisa digunakan oleh semua umur, termasuk anak bayi, karenaaman bila tertelan dan tidak mengandung alkohol. Jadi, selalu kelola stresmu dengan baik, ya supaya terhindar dari sariawan kambuhan, dan jangan lupa sedia selalu Aloclair Plus.


Artikel

Artikel Lainnya