Tips Agar Tidak Overpacking Saat Bepergian

Saat hendak bepergian, berkemas menjadi poin penting, jangan sampai kamu  membawa barang berlebihan atau overpacking. Overpacking akan membuatmu repot dan tentunya memberatkan. Berikut ini tips packing efisien agar kamu tidak overpacking saat hendak bepergian

Tidak Membawa Tas yang Terlalu Besar

Tas atau koper yang terlalu besar dapat membuatmu ingin menaruh lebih banyak barang lagi untuk dibawa. Padahal, bisa jadi barang-barang tersebut tidak benar-benar kamu butuhkan. Jika memang butuh tempat penyimpanan lagi, bawa saja satu tas kecil tambahan yang mudah dibawa.

Bawa Tas Kecil untuk Benda-Benda Peralatan Penting

Pisahkan benda-benda penting seperti handphone, dompet, kacamata, tisu di satu tas kecil yang mudah kamu bawa kemana-mana. Hindari menyatukan benda-benda ini di dalam tas utama atau koper karena akan menyulitkanmu ketika mencari saat membutuhkannya.

Mix & Match Pakaian

Bayangkan jika kamu harus membawa banyak set pakaian (atasan dan bawahan) untuk setiap style. Akan ada berapa banyak potong pakaian yang harus kamu bawa? Dengan keterampilan mix and match, kamu bisa meminimalisir pakaian yang kamu bawa. Bawa pakaian yang multifungsi seperti misalnya kemeja. Dalam satu style kamu bisa memakainya sebagai kemeja biasa, untuk style lainnya bisa kamu siasati kemejamu menjadi outer setelah memakai kaus.

Pilih Pakaian Warna Netral

Agar mudah dipadupadankan, pilihlah pakaian berwarna netral, seperti hitam, cokelat, putih, dan abu-abu. Bawa juga dress berbahan nyaman untuk meringkas penampilan. Dengan keterampilan padu padan dan warna-warna netral yang mudah dikreasikan, hanya dengan beberapa potong pakaian, kamu bisa menyiasatinya menjadi beragam gaya.

Sedikit Peralatan Make Up

Kamu tidak perlu membawa seluruh perawatan tubuh dan alat rias kamu saat bepergian. Membawaa banyak produk perawatan tubuh dan alat make up akan sangat memakan tempat di tas kamu. Daripada membawa lulur, body scrub, hair mask dan lain sebagainya, lebih baik bawalah yang memang benar-benar penting seperti pembersih dan pelembab wajah, serta sunscreen atau body lotion agar kulitmu tidak kering dan alat make up yang simple. Pada dasarnya, traveling itu tidak butuh make up yang berlebihan.

Lebihkan Baju

Dibanding memperbanyak bawahan yang harus dibawa seperti rok, celana pendek dan celana panjang, lebih baik pertimbangkan untuk melebihkan baju. Ini untuk menjaga-jaga jika baju kamu kotor atau terkena keringat yang terlalu banyak, sehingga harus diganti. Kamu mungkin masih bisa memakai celana yang sama untuk seharian penuh, sedangkan memakai baju yang sama sejak pagi hingga malam, tentu sudah tidak membuat nyaman.

Cuci Bajumu

Agar tidak perlu membawa baju banyak, cucilah bajumu saat berpergian. Kamu bisa mencucinya sendiri atau manfaatkan layanan hotel untuk mencucinya. Kamu juga bisa mencuci di layanan laundry setempat yang biasanya harganya lebih terjangkau.

Pakai Sepatu yang Simple

Kamu tidak perlu menyiapkan sepatu yang berbeda untuk setiap outfit-mu. Pilih sepatu yang bisa dipakai untuk berbagai outfit dan suasana, serta nyaman dipakai untuk waktu yang lama, misalnya seperti flat shoes atau sneakers. Membawa banyak sepatu hanya akan memakan banyak tempat. Jika perlu membawa alas kaki tambahan, jangan berlebihan. Jika dalam itinerary kamu ada daftar pantai sebagai destinasi, kamu mungkin memang perlu sandal tambahan yang nyaman untuk dibawa.

Menggulung Pakaian

Gulunglah pakaianmu. Menggulung pakaian selain hemat tempat juga bisa mencegahnya agar tidak mudah kusut.

Tidak Membawa Jeans Terlalu Banyak

Jika kamu memang sangat nyaman memakai celana jeans, cukup bawa seperlunya karena jeans termasuk bahan yang berat, memakan tempat, lama kering jika dicuci, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap jika dalam keadaan basah. Jika sudah membawa celana jeans, hindari membawa fashion item serba jeans lainnya seperti jaket jeans atau rok jeans.

Aksesoris Seperlunya

Topi mungkin salah satu aksesoris yang perlu dibawa jika bepergian ke tempat yang cukup panas, serta sunglasses. Scarf juga bisa kamu perlukan baik untuk udara panas atau dingin. Scarf bisa membantu menutupi tubuh dari sengatan matahari saat panas, dan juga bisa menghangatkan tubuh saat udara dingin. Pilih scarf dengan motif menarik untuk membuat tampilan pakaian yang cenderung netral menjadi tidak membosankan.

Bawa Obat-Obatan yang Praktis

Jangan lupa membawa vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama bepergian. Bawa obat-obatan yang praktis dibawa seperti salah satunya Aloclair Plus. Sariawan yang tiba-tiba muncul saat traveling akan sangat mengganggu. Salah satu kegiatan wajib saat traveling adalah wisata kuliner. Bayangkan kalau kamu sariawan, kamu jadi tidak bisa menikmati beragam sajian kuliner di tempat kamu berlibur.

Jadi, sedia selalu Aloclair Plus sebagai salah satu teman perjalanan kamu. Kemasannya praktis, mungil dan mudah dibawa bepergian. Untuk menggunakan Aloclair Plus Gel kamu tidak perlu menggunakan tangan untuk mengoleskannya, karena kemasan Aloclair Plus Gel sudah memudahkanmu untuk memakainya bahkan tanpa perlu bersentuhan dengan kemasannya. Karena tidak perlu bersentuhan dengan tangan, jadi sariawanmu bebas terkontaminasi dari kuman yang terdapat di tangan. Kamu juga bisa menggunakan Aloclair Plus Oral Rinse atau Aloclair Plus Spray yang selain menyembuhkan sariawan juga dapat memberikan kesegaran di mulut.

 

Sumber:

https://www.forbes.com/sites/lesliewu/2015/10/31/five-tips-in-five-minutes-how-to-avoid-overpacking/#2596dedf76af

https://phinemo.com/tips-packing-paling-efisien-sebelum-anda-liburan/

http://www.travelfashiongirl.com/how-to-avoid-overpacking-with-20-awesome-tips/

Artikel

Artikel Lainnya