3 Perilaku Penyebab Kanker Mulut

21 February 2022 | Admin

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali yang menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Penyakit tersebut dapat berkembang di bagian tubuh mana saja, termasuk mulut. Penyebab kanker mulut adalah mutasi gen yang membuat pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Akan tetapi, ada juga beberapa perilaku yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengidap penyakit akut tersebut. Kita mungkin kerap tidak menyadari atau mengabaikan beberapa perilaku tersebut. Adapun perilaku-perilaku tersebut antara lain: 


  1. Merokok

Salah satu kebiasaan yang berisiko meningkatkan kanker mulut adalah penggunaan tembakau. Hal ini termasuk merokok rokok biasa, cerutu, dan pipa, serta tembakau kunyah. Orang yang merokok memiliki risiko enam kali lebih besar untuk terkena kanker mulut dibandingkan orang yang tidak merokok. Sedangkan pengguna produk tembakau, celup, hisap, atau kunyah 50 kali berisiko terkena kanker pipi, gusi, dan lapisan bibir. 

  1. Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol berpotensi meningkatkan risiko terkena kanker mulut sekitar enam kali dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Semakin sering seseorang mengonsumsi alkohol, maka semakin tinggi orang tersebut terkena kanker mulut. Risiko untuk terkena kanker mulut juga semakin tinggi bila seseorang mengonsumsi alkohol secara berlebihan sekaligus merokok. 


  1. Kurangnya Konsumsi Buah dan Sayur

Para peneliti menunjukkan bahwa kurangnya konsumsi buah dan sayur meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut. Zat seperti karotenoid yang biasanya ditemukan pada buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kanker mulut. Selain itu, buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga kekurangan zat nutrisi sebagai asupan kita juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mulut. 


Itulah 3 kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kita terkena kanker mulut. Namun, terdapat 1 faktor lagi yang terkadang luput kita sadari lho! Yakni kurangnya kita dalam menjaga kebersihan mulut. Untuk itu, Aloclair Plus Mouthwash hadir sebagai obat kumur dengan bahan alami Aloe Vera yang efektif #BebasPerih atasi sariawan dan menjaga kebersihan mulut kita! Dapatkan produk Aloclair Plus Mouthwash di apotek, toko obat, atau ecommerce kesayangan Anda, atau ambil jalan pintas di sini! 


Artikel

Artikel Lainnya