5 Pilihan Aktivitas dan Destinasi Liburan Akhir Tahun saat Pandemi

31 December 2020

Meski liburan akhir tahun 2020 dipangkas selama 3 hari. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menikmati dan mengisi liburan singkat ini dengan kegiatan-kegiatan yang seru dan bermanfaat. Terutama, kegiatan yang bisa membantu mengurangi stres, membantu mempertahankan produktivitas kerja, serta kegiatan yang bisa meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga.

Mengingat alasan pemangkasan liburan akhir tahun adalah karena pandemi maka, kita harus tetap waspada dan bijak dalam memilih aktivitas dan destinasi liburan.

Kalau kamu masih bingung dan belum punya agenda serta belum menentukan aktivitas apa yang akan kamu lakukan untuk mengisi libur natal dan akhir tahun (nataru), kamu bisa mempertimbangkan beberapa ide berikut ini.

Rekomendasi Destinasi dan Aktivitas Liburan Akhir Tahun Selama Pandemi

1. Tinggal #Dirumahaja adalah pilihan paling aman

Satgas Covid-19 nasional telah mengeluarkan himbauan agar masyarakat mengurangi mobilitas meski libur. Karena saat ini, kasus Corona di berbagai daerah belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Hal itu pulalah yang memaksa 3 Departemen Kementrian (Menag, Menpan-RB, dan Menaker) mengeluarkan SKB untuk mengurangi libur dan cuti bersama sebanyak 3 hari, terhitung sejak 28 hingga 30 Desember.

Karena liburan makin singkat dan resiko tertular coronavirus sangat tinggi, maka tinggal di rumah aja adalah salah satu opsi terbaik untuk mengisi liburan dan melindungi diri serta keluarga. 

Tapi meski tinggal di rumah, ada banyak kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan, seperti misalnya:

  1. Berkebun. Adalah kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin menciptakan rumah yang sehat, indah, dan nyaman serta tidak membosankan untuk dihuni. Selain menanam bunga untuk menambah keindahan rumah, kamu juga bisa menanam sayur-mayur untuk dikonsumsi sendiri agar tak terlalu sering belanja ke pasar yang rawan penularan covid-19
  2. Mengecat dan menata ulang rumah. Menyambut tahun baru, akan terasa lebih menyenangkan apabila rumah yang kita tinggali terlihat berbeda atau terlihat seperti baru. Jika renovasi rumah memakan biaya terlalu banyak, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana dan murah seperti menata ulang rumah serta memperbaharui catnya agar terlihat lebih fresh
  3. Mempersiapkan kantor untuk WFH (work from home). Kalau kamu berencana bekerja dari rumah tahun depan, adalah ide bijak apabila kamu mau meluangkan waktu membuat dan menata ruangan khusus untuk dijadikan sebagai kantor. Karena, salah satu rahasia mempertahankan produktivitas saat WFH adalah, memiliki kantor khusus meski kerja #dirumahaja
  4. Istirahat (doing nothing). Setelah melewatkan tahun yang panjang dengan bekerja keras, liburan akhir tahun dan cuti bersama bisa dimanfaatkan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tidak harus menyepi di villa atau pergi ke pulau-pulau terpencil, beristirahat juga bisa dilakukan dari rumah. Berdasarkan studi tahun 2014 dari University of Virginia, mengistirahatkan pikiran dan tubuh dengan tidak melakukan apapun bisa memperkuat mental. Penelitian lain yang dilakukan oleh HSE Laboratory of Positive Psychology menunjukkan bahwa, menyendiri bisa membantu seseorang lebih dewasa dalam bersikap dan berpikir, lebih tahan terhadap tantangan hidup, dan lebih siap menghadapi perubahan. Studi yang dilakukan oleh University of Buffalo pada 2017 juga membuktikan bahwa, menghabiskan waktu dengan menyendiri sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif
  5. Menyalurkan hobi. Setiap orang pasti punya hobi masing-masing. Dan untungnya, ada banyak hobi yang bisa dikerjakan dari rumah seperti, hobi memasak atau baking, crafting, menonton film atau drama (movie marathon), olahraga kalistenik untuk membentuk otot, hingga hingga bermain musik

2. Camping keluarga

Berkemah (camping) adalah opsi kegiatan untuk mengisi liburan akhir tahun yang bisa kamu pilih untuk mengurangi resiko tertular virus Corona. Agar lebih aman, sebaiknya cari camping ground yang aman dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan membawa perlengkapan sendiri.

Sejumlah manfaat pergi camping bersama anggota keluarga diantaranya adalah: bisa membantu mengurangi stres, kesempatan menghirup udara segar, memperkuat hubungan antar anggota keluarga, meningkatkan kebugaran fisik, meningkatkan kualitas tidur, lebih dekat dengan alam, menambah pengalaman, serta tingkatkan kepercayaan diri dan memberikan kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru.

3. Staycation di hotel atau penginapan yang taat prokes

Selain camping, staycation atau holistay adalah alternatif kegiatan untuk mengisi liburan akhir tahun yang beresiko rendah tertular covid-19. Karena, jenis liburan yang satu ini umumnya dilakukan di dalam kota atau di daerah sendiri.

Keuntungan memilih staycation dibandingkan dengan pilihan liburan lainnya adalah, bisa membantu kita menghindari kerumunan di objek wisata, tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga untuk bepergian, tidak membutuhkan rencana yang kompleks, kita bisa menikmati liburan lebih cepat, dan hemat uang.

4. Touring motor atau mobil

Melakukan perjalanan memang bisa meningkatkan resiko tertular Covid-19. Namun, jika kamu taat menerapkan peraturan kesehatan dengan memakai masker, rajin cuci tangan, serta menjaga jarak atau menghindari kerumunan, kemungkinan besar kamu akan baik-baik saja.

Dibandingkan dengan pergi mengunjungi objek wisata, touring motor atau mobil untuk menikmati keindahan alam dianggap lebih aman.

5. Liburan di dalam kota atau traveling ke zona hijau

Berlibur di dalam kota akan memudahkan kita memilih tujuan dan kegiatan yang aman karena kita lebih tahu situasi di kota sendiri dibandingkan dengan destinasi liburan di daerah lain.

Jika tetap ingin mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata, kamu perlu mempertimbangkan rekomendasi para peneliti dan spesialis penyakit menular asal Michigan Amerika Serikat berikut ini, (dimulai dari yang beresiko paling rendah).

  1. Camping ground
  2. Museum 
  3. Pantai

Sebaliknya, kamu perlu menghindari beberapa destinasi yang dianggap beresiko tinggi menyebabkan penularan penyakit, seperti: konser musik, taman hiburan, dan kolam renang umum.

Tips Liburan Selama Pandemi Corona

Pastikan kamu mematuhi prokes selama berlibur. Mulai dari, memakai masker, menjaga jarak antara 1-2 meter, hindari kontak dengan orang lain, rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik, hindari kebiasaan menyentuh area wajah, mandi dan ganti pakaian setelah keluar, utamakan membawa bekal makan sendiri, dan kurangi menggunakan fasilitas publik.

Jangan lupa juga untuk membawa hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%, tisu desinfektan dengan kadar alkohol minimal 70% untuk mengelap permukaan barang-barang bawaan, obat-obatan yang kamu perlukan--termasuk alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan dalam keadaan darurat. Misal, obat penurun demam, termometer digital, hingga obat sariawan.

Khusus untuk obat sariawan, Aloclair adalah salah satu obat yang sangat direkomendasikan karena terbuat dari bahan-bahan terbaik dan alami, ampuh atasi sariawan, tidak meninggalkan rasa perih, serta bebas alkohol. Alat-alat kesehatan dan obat-obatan seperti yang telah disebutkan di atas, selain harus selalu tersedia di rumah juga sebaiknya tidak lupa dibawa saat berlibur.


Artikel

Artikel Lainnya