Apa Saja Obat Sariawan yang Manjur?

09 August 2017

Mencari alternatif obat sariawan yang manjur, saat ini tidaklah terlalu sulit. Apalagi, di era modern ini, informasi dan dokumentasi mengenai obat-obat alami semakin mudah kita jumpai di buku-buku, website, atau literatur lainnya. Tidak hanya mudah ditemukan, inovasi demi inovasi turut mendorong terciptanya berbagai pilihan obat sariawan manjur yang tidak hanya ampuh mengatasi sariawan, tapi juga efektif mencegah gejalanya, cepat melindungi luka, tidak perih saat diaplikasikan, dapat menghilangkan rasa perih dengan seketika, serta aman digunakan oleh bayi dan ibu hamil. Aloclair, adalah salah satu contoh obat hasil inovasi dunia kesehatan modern yang telah memenuhi kriteria tersebut.

Obat Sariawan yang Manjur dan Aman

Meski pilihan obat sariawan alami tersedia dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun, sebagai orang awam, kita perlu menahan diri untuk tidak menggunakan obat sariawan alami apapun tanpa menggali informasi terlebih dahulu untuk mengetahui dosis penggunaannya, efek samping apa saja yang bisa ditimbulkan oleh obat-obatan tersebut, siapa yang boleh dan tidak boleh menggunakannya, serta panduan bagaimana mengolah dan cara menerapkannya yang tepat serta benar.

Hal ini sangat penting, mengingat dewasa ini semakin banyak kita jumpai info obat sariawan yang diberi label “ampuh” namun hadir tanpa keterangan cara mengolah, tanpa dosis penggunaan, dan tanpa informasi efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat alami tersebut apabila digunakan secara berlebihan, atau informasi mengenai siapa saja yang boleh dan tidak boleh menggunakannya.

Karena alasan tersebut, kita harus bijak dalam memilih obat. Jika ingin lebih aman, beli obat sariawan anti perih yang terbuat dari bahan-bahan alami, yang telah diuji secara klinis, dijamin keamanannya, dan yang diformulasikan oleh para praktisi kesehatan, merupakan pilihan bijak.

Jika anda tertarik menggunakan bahan-bahan alami yang dikenal efektif untuk atasi sariawan, Anda bisa mencoba beberapa alternatif obat berikut ini. Pengobatan sariawan dengan bahan-bahan ini dikenal minim efek samping dan aman diterapkan kepada anak-anak hingga manula.

1. Tenangkan sariawan dengan es batu

Luka pada sariawan yang kerap kali terasa perih dan mengganggu dapat membuat mulut tidak nyaman digerakkan untuk berbicara ataupun untuk makan dan minum.

Cara paling aman dan efektif untuk meredakan rasa nyeri pada luka adalah dengan menghisap es batu atau es krim. Es batu dikenal efektif menenangkan luka sehingga, mulut bisa lebih leluasa digerakkan untuk berbicara ataupun makan dan minum.

2. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni adalah salah satu jenis obat alami yang aman digunakan pada bayi hingga manula serta memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan pada sariawan.

Cara menerapkan minyak kelapa untuk mengatasi sariawan sangat mudah. olesi luka sariawan dengan minyak kelapa menggunakan bantuan bola kapas. ulangi setiap beberapa jam sekali. Anda juga bisa menerapkan minyak kelapa pada luka sariawan di malam hari ketika hendak tidur.

3. Cuka sari apel ampuh obati sariawan

Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu membunuh kuman penyebab luka sariawan serta membantu mempercepat pemulihan.

Obat alami yang ampuh atasi sariawan ini bisa diterapkan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam setengah cangkir air hangat. Lalu, gunakan untuk berkumur-kumur selama 15 hingga 30 detik. Ulangi dua atau tiga kali. Lalu, bilas mulut dengan menggunakan air putih.

Peringatan! jangan menggunakan cuka sari apel secara berlebihan atau tanpa dilarutkan (dicampur dengan air). Karena, dapat menyebabkan kerusakan lapisan enamel gigi dan meningkatkan risiko iritasi mulut. Obat alami sariawan ini sebaiknya, diterapkan hanya kepada anak-anak atau remaja yang sudah bisa berkumur dan orang dewasa.

4. Berkumur dengan air garam

Air garam memiliki sifat antiseptik. Karena itulah, air garam bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri sariawan secara alami. Bagaimana cara menggunakan air garam untuk meredakan sariawan?

Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur selama 10 hingga 15 detik. Ulangi antara 3-5 kali. Kemudian bilas mulut dengan air biasa.

Berkumur air garam dapat menyebabkan rasa perih pada luka dan menimbulkan ketidaknyamanan di lidah yang sangat mengganggu. Karena itu, berkumur air garam tidak cocok diterapkan kepada anak-anak.

5. Madu adalah obat alami paling aman untuk atasi sariawan

Menurut penelitian yang dipublikasikan di pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, madu telah terbukti efektif dan aman dalam mengurangi rasa nyeri pada sariawan minor, mempercepat proses penyembuhan, dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Dalam penelitian tersebut, madu digunakan untuk mengobati luka sariawan pada pasien dengan cara dioleskan sebanyak 4 kali sehari selama 5 hari berturut-turut.

6. Daun kemangi adalah alternatif obat sariawan anti perih

Rasa perih yang ditinggalkan oleh beberapa obat alami seperti air garam, larutan baking soda, ataupun cuka sari apel, kadang-kadang membuat orang yang mengalami sariawan, terutama anak-anak, enggan untuk diobati. Jika anda ingin mencari obat sariawan herbal yang tidak menimbulkan rasa perih, Anda bisa mencoba menggunakan daun kemangi.

Daun kemangi, menurut penelitian yang juga dipublikasikan di laman pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, memiliki sifat antimikroba yang efektif mencegah infeksi, bisa membantu mengurangi gejala pada luka sariawan, mengatasi masalah gigi dan mulut, serta efektif melawan materi bakteri, ragi,ataupun jamur gram-negatif dan positif.

Cara menggunakan kemangi untuk mengobati sariawan, bisa dengan cara dikunyah dan dilalap untuk orang dewasa. Atau, dibuat menjadi teh untuk anak-anak.

Cara membuat teh kemangi sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun kemangi. Kemudian, rendam di dalam air panas. Setelah cukup dingin, air rendaman daun kemangi tersebut bisa digunakan untuk berkumur-kumur agar sariawan anak cepat sembuh.

7. Jus kubis untuk obat dan sumber nutrisi

Selain menyebabkan penderita malas berbicara, sariawan juga bisa membuat penderita enggan makan dan minum. Padahal, mengkonsumsi makanan, terutama sayur-sayuran dan berbagai jenis makanan maupun minuman sehat lainnya sangat dianjurkan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Karena itu, jus kubis, selain bisa dimanfaatkan untuk obat, juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi tubuh. Cara memanfaatkan kubis untuk mengatasi sariawan adalah,

Rebus kubis menggunakan air mendidih. Lalu, haluskan/blender satu kali rebusan kubis beserta airnya. Kemudian, minumlah jus kubis tersebut antara 3 atau 4 kali sehari.

8. Air jeruk cepat sembuhkan luka dan meningkatkan imun tubuh

Jeruk adalah sumber vitamin C yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan meningkatkan imun tubuh.

Minum air/jus jeruk 2 gelas setiap hari, selain bisa bermanfaat sebagai obat sariawan alami, juga bermanfaat untuk membantu tubuh melawan semua jenis infeksi dan penyakit.

Baca juga: 9 Buah Ini Bermanfaat Mencegah dan Mengobati Sariawan

9. Jus jambu kaya vitamin C

Jambu merah maupun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. 100 gram jambu biji bisa mengandung sekitar 273 mg vitamin C. 

Selain itu, jambu juga mengandung beberapa mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat penyembuhan luka seperti zat besi, potasium, dan seng. Karena itulah, minum jus jambu sangat direkomendasikan bagi penderita sariawan.

10. Buah-buahan musiman ampuh atasi sariawan dan cegah dehidrasi

Buah-buahan musiman seperti mangga hingga semangka, banyak mengandung vitamin C dan berbagai jenis mineral yang dapat membantu mempercepat proses recovery dan meningkatkan imun tubuh.

Secara khusus, semangka disebutkan di dalam buku “9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit” sebagai salah satu obat ampuh yang diyakini sangat efektif untuk atasi sariawan selain, bisa juga dimanfaatkan sebagai sumber cairan agar tubuh tidak dehidrasi.

Penyebab Sariawan yang Perlu Diwaspadai

Sariawan adalah contoh penyakit yang hingga saat ini tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya. Meski demikian, ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang mengalaminya. Seperti,

  1. Cedera akibat menggosok gigi terlalu keras
  2. Infeksi virus atau bakteri
  3. Stres mental dan cemas yang berlebihan
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang bersifat asam
  5. Imun tubuh lemah
  6. Cedera akibat olahraga
  7. Kekurangan nutrisi yang terdiri atas: asam folat, zat besi, seng, dan vitamin B12
  8. Perubahan hormon. Misalnya saat menstruasi, akibat kehamilan, atau pada saat menopause
  9.  Alergi makanan
  10. Atau, berlebihan dalam menggunakan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfat

Makanan dan minuman yang harus dihindari saat sariawan

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah, akibat mengkonsumsi terlalu banyak makanan/minuman yang pedas dan berminyak, bertekstur keras dan tajam, serta yang rasanya terlalu asam.

Kopi, minuman bersoda, sambal, keripik, hingga rambutan adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang perlu dihindari atau dikurangi selama mengalami sariawan. Karena selain menyebabkan rasa perih, makanan pedas, keras atau tajam, dan yang terlalu asam, dapat memperparah sariawan.

Aloclair, Obat Sariawan Anti Perih Terbaik

Saat ini, obat sariawan yang minim efek samping, tidak hanya dapat dijumpai pada obat alternatif atau herbal, tapi juga bisa ditemukan pada obat-obatan modern yang diformulasikan secara medis dan dikemas menggunakan teknologi mutakhir. Salah satu obat yang terkenal ampuh atasi sariawan adalah Aloclair.

Obat ini terbuat dari berbagai bahan alami pilihan yang terkenal berkhasiat dan ampuh atasi sariawan. Seperti, ekstrak tanaman lidah buaya, ekstrak kayu manis, hingga akar licorice. 

Kelebihan Aloclair sebagai obat sariawan di antaranya adalah:

  1. Tidak meninggalkan rasa perih saat diaplikasikan
  2. Aman digunakan untuk bayi usia 6 bulan keatas maupun ibu hamil
  3. Tidak mengandung alkohol
  4. Diformulasikan dengan bahan yang dapat melindungi luka
  5. Efektif mengurangi rasa perih
  6. Tepat sasaran, sehingga sariawan lebih cepat sembuh
  7. Kemasannya dirancang secara khusus untuk memudahkan pengaplikasian, dan agar luka sariawan tidak terkontaminasi mikroorganisme berbahaya. Serta,
  8. Tersedia dalam 3 varian yang dapat dipilih sesuai dengan usia pasien, kondisi luka, dan lokasi sariawan di mulut. Contohnya: varian obat sariawan Aloclair Mouthwash, Gel, dan Spray


Sumber:

  1. Kenali Penyebab Sariawan yang Sering Tidak Disadari
  2. What Causes Mouth Ulcers and How to Treat Them
  3. dr Stevenlin: 11 Natural Home Remedies for Canker Sores
  4. 7 Best Home Remedies For Mouth Ulcers



Artikel

Artikel Lainnya