Hal yang Perlu Dilakukan pada Saat Kamu Check Up ke Dokter Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat membantu memelihara kesehatan kita secara keseluruhan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara penyakit gusi dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, hingga diabetes. Itu artinya, enggan menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya berisiko menyebabkan kita mengalami sakit gigi, tetapi juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena rawan terkena sariawan dan berisiko terkena penyakit jantung dan penyakit lainnya.


Menurut para ahli, salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rutin memeriksa kesehatan mulut ke dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali. Mengapa memeriksakan kesehatan gigi secara teratur itu penting? Berikut alasan-alasannya.

Dokter akan membantu membersihkan plak, tartar, dan rongga-rongga gigi

Sekalipun kita sudah membiasakan diri menyikat gigi dan melakukan flossing secara teratur, tetap saja ada banyak area di mulut yang kadang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi dan tidak mudah dibersihkan dengan bantuan flosser.

Bagian-bagian gigi yang sulit dijangkau tersebut lama-kelamaan dapat tertimbun plak yang terus terakumulasi dari waktu ke waktu. Semakin lama, plak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi hingga sulit dibersihkan tanpa bantuan ahli yaitu dokter gigi atau dentist. Karang gigi apabila dibiarkan dapat menyebabkan gigi berlubang. Membersihkan gigi secara teratur dapat mencegah karang gigi.

Mencegah penyakit gusi termasuk sariawan

Penumpukan plak dan karang gigi tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi, tetapi juga dapat mengikis jaringan gusi di mulut. Karang gigi juga berpotensi menyebabkan gusi terlepas dari gigi dan menyebabkan terjadinya infeksi. Infeksi pada gusi lebih dikenal dengan istilah gingivitis. Gingivitis dapat mengakibatkan pembengkakan pada gusi, rasa nyeri di mulut,serta pendarahan. Apabila tidak segera ditangani, kerusakan jaringan gusi akan menciptakan efek domino yang berdampak pada kerusakan tulang penahan gigi. Akibatnya, lambat laun gigi akan longgar dan copot.

Membantu mendeteksi kanker mulut

Kanker mulut merupakan salah satu penyakit yang sangat serius dan kerapkali tidak terdiagnosa sejak awal, namun bisa berkembang dengan sangat cepat hingga mengancam nyawa. Risiko ini dapat dicegah dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter. Dengan begitu, kanker mulut bisa dideteksi lebih dini dan lebih mudah diobati.

Baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Mulut yang Perlu Diwaspadai

Mengendalikan kebiasaan buruk yang berdampak negatif pada kesehatan mulut

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, begitu juga dengan kebiasaannya. Ada sebagian orang yang terbiasa mengunyah es, tidak sadar menggigit kuku, kerap mengatupkan rahang, sering menggeretakkan gigi, doyan makan makanan yang lengket dan keras, terbiasa menyikat gigi terlalu keras, doyan minum kopi, hingga kecanduan rokok.

Berbagai kebiasaan negatif tersebut bisa berdampak pada kesehatan mulut. Dengan rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa dikendalikan karena dokter akan memberikan peringatan atau informasi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Meskipun mengunjungi dokter gigi mungkin tidak akan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Namun paling tidak, peringatan dari dokter akan membuat Anda lebih waspada dan mau meninggalkan kebiasaan-kebiasaan negatif tersebut.

Dokter gigi juga akan memeriksa leher, kelenjar getah bening, serta kepala

Melakukan medical check up ke dokter gigi tidak hanya sekadar membantu kita mengetahui kondisi mulut yang sesungguhnya, memelihara kesehatan mulut, gusi, lidah, atau mencari tanda-tanda kanker mulut. Akan tetapi, lebih dari itu, check up ke dentist juga akan membantu kita mengetahui secara pasti kondisi kesehatan pada leher, rahang, hingga kelenjar getah bening.

Pemeriksaan menyeluruh akan dilakukan oleh dokter gigi untuk menemukanapakah ada benjolan, kelainan, serta pembengkakan. Apabila dokter menemukan kelainan yang mencurigakan, mereka akan segera memberitahukan Anda dan merujuk Anda ke ahli medis yang sesuai. Dengan demikian, risiko penyakit yang lebih serius bisa dicegah lebih dini.


Tips Aman ke Dokter Gigi saat Pandemi

1. Mandi, dan gunakan pakaian bersih

Setelah melakukan berbagai aktivitas, sempatkan diri untuk mandi sebelum pergi ke dokter gigi. Karena membersihkan diri dengan bahan-bahan yang bersifat surfaktan (berbusa) seperti sabun dan shampoo dapat membantu menghilangkan virus dari tubuh.

Selain mandi, Anda juga direkomendasikan untuk berganti pakaian sesaat setelah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah atau setelah mandi dan sebelum pergi ke dokter gigi. Menggunakan pakaian yang baru dan bersih dianjurkan untuk mencegah penularan virus kepada orang lain yang mungkin saja menempel di pakaian Anda.

2. Gunakan masker yang memenuhi syarat

Menggunakan masker dalam setiap kunjungan ke dokter sangat dianjurkan, terutama untuk melindungi diri di tempat-tempat yang pembatasan secara fisik (physical distancing) tidak memungkinkan.

Sebisa mungkin, gunakanlah masker yang memenuhi standar kesehatan seperti masker N95, masker bedah atau masker sekali pakai, atau masker kain yang terdiri atas 3 lapis. Hindari menggunakan masker tipe scuba atau buff yang dianggap tidak efektif dalam mencegah virus karena pori-porinya terlalu besar

3. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah menemui dokter gigi

Sekalipun Anda merasa cukup aman dan sehat serta tidak pernah menyentuh benda-benda yang Anda anggap mengandung virus, sebaiknya biasakan diri mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 s/d 30 detik sebelum masuk ke pusat pelayanan kesehatan atau ruang praktek dokter.

4. Patuhi peraturan physical distancing

Tempat-tempat umum seperti pusat pelayanan kesehatan dan tempat praktek dokter gigi biasanya menyediakan ruang tunggu yang dilengkapi kursi dan telah diberi tanda (X) untuk memudahkan kita menerapkan physical distancing. Patuhi peraturan tersebut untuk memberikan keamanan bagi diri Anda sendiri maupun orang lain.

5. Buatlah janji temu dengan dokter gigi secara online

Jika memungkinkan, buatlah janji temu dengan dokter gigi secara online. Cara ini akan membantu Anda menghindari tempat-tempat umum dan mengurangi waktu Anda berada di antara kerumunan.

6. Hindari mengajak orang lain yang tidak berkepentingan

Ketika Anda pergi ke tempat-tempat umum, seperti berkunjung ke dokter gigi misalnya. Hindari mengajak serta orang lain yang tidak berkepentingan. Jika Anda sudah cukup dewasa dan bisa melakukan segala sesuatunya sendiri, cobalah untuk datang sendirian saja alih-alih mengajak serta anggota keluarga yang lain. Namun jika ada anggota keluarga yang membutuhkan pendamping, batasi jumlah pendamping maksimal 1 orang.

Apa yang Perlu Dilakukan dan Dipersiapkan saat Akan Check Up ke Dokter Gigi?

Setelah membaca berbagai keuntungan apabila rutin melakukan check up ke dokter gigi di atas, mungkin Anda berencana atau tertarik untuk melakukan check up ke dokter gigi. Sebelum melakukan check up, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut adalah beberapa contoh persiapan yang perlu Anda lakukan pada saat akan check up ke dokter gigi.

Pilih tempat tempat dengan bijak

Dokter gigi bisa kita jumpai di puskesmas, rumah sakit, klinik, atau di praktek pribadi. Berbagai pilihan tempat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Melakukan check up ke dokter gigi di puskesmas umumnya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan memeriksakan diri ke praktek pribadi dokter. Terlebih jika Anda memiliki kartu BPJS. Anda dapat melakukan pemeriksaaan gigi di puskesmas secara gratis dengan menggunakan kartu BPJS.

Jika Anda memiliki cukup biaya dan ingin mendapatkan pelayanan yang lebih eksklusif dan pemeriksaan yang lebih lengkap, mendatangi rumah sakit atau dokter praktek bisa jadi pilihan yang tepat. Agar tidak salah memilih, pastikan Anda memeriksa daftar perawatan gigi yang dijamin oleh BPJS Kesehatan, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sikat gigi dan flossing

Sangat penting untuk menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss beberapa saat sebelum Anda melakukan check up ke dokter gigi. Meski demikian, Anda tak perlu melakukannya secara berlebihan. Jika Anda sama sekali tidak pernah menggunakan dental floss, jangan memaksakan diri untuk menggunakannya karena bisa berisiko dan membuat rasa tidak nyaman. Anda hanya perlu menyikat gigi dengan bersih.

Usahakan untuk tidak makan sebelum memeriksakan gigi

Tidak makan setelah menyikat gigi beberapa saat sebelum check up berkaitan dengan sopan santun. Sisa-sisa makanan yang ada di mulut serta bau yang ditimbulkan oleh makanan seperti bawang putih atau makanan berbau tajam lainnya tentu tidak menyenangkan bagi dokter gigi. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak makan apapun satu jam sebelum memeriksakan diri ke dokter atau setelah menyikat gigi.

Siapkan riwayat kesehatan Anda

Jika ini adalah kali pertama Anda mengunjungi dokter gigi dan Anda memiliki riwayat gangguan pada mulut atau kesehatan tertentu, pastikan Anda menyiapkan informasi seputar riwayat kesehatan tersebut. Hal ini penting karena informasi tersebut bermanfaat bagi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih mendetail.

Tulislah pertanyaan atau masalah yang Anda alami

Kunjungan pertama kerap kali membuat kita merasa gugup hingga melupakan pertanyaan-pertayaan penting yang ingin kita tanyakan atau diskusikan dengan dokter. Agar pertanyaan-pertanyaan penting tersebut tidak melewatkan, sebaiknya catat pertanyaan-pertanyaan tersebut di kertas atau di aplikasi note pada smartphone Anda.

Datanglah lebih awal

Apabila Anda adalah seorang pasien baru, datang lebih awal bisa membantu Anda mengurangi rasa gugup atau cemas. Disamping itu, datang lebih awal juga akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk beradaptasi dengan tempat praktik dokter gigi tersebut.

Siapa yang Sebaiknya Rutin Memeriksakan Diri ke Dokter Gigi?

Jika Anda mengalami beberapa kondisi kesehatan atau berulang kali mengalami masalah mulut dan gigi berikut ini, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter gigi.

Baca juga: Tips perawatan kawat gigi

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menurut Dr. Nina Bal DBS, seorang ahli bedah gigi sekaligus kolumnis kesehatan di website standard.co.uk menyebutkan bahwa menjaga kesehatan mulut bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.


Sumber:



Artikel

Artikel Lainnya