Makan Sebanyak-Banyaknya Saat Sahur, Apakah Bikin Kenyang Sampai Maghrib dan Sehat?

12 April 2022

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nanti setiap muslim. Bulan ini dilaksanakan dengan menjalankan ibadah puasa. Menahan hawa nafsu dan menjaga lisan merupakan komponen penting dalam puasa, dimana menjaga nafsu untuk tidak makan dan minum juga termasuk di dalamnya. Dengan demikian, tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam membuat sebagian orang menganggap bahwa saat sahur kita harus makan sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, apakah makan sebanyak-banyaknya saat sahur dapat membuat kita kenyang hingga maghrib dan sehat? 


Tidak. Menurut dr. Devia Irine Putri, kita harus menghindari makan terlalu banyak saat sahur. "Perhatikan porsinya dan komposisi dalam satu piring agar tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya dan rasa kenyangnya tahan lama. Jangan makan seperti orang kalap," ujar dr. Devia. Beliau menjelaskan bahwa makan terlalu banyak saat sahur akan menyebabkan lambung membesar. Hal tersebut justru yang akan membuat Anda menjadi lebih cepat lapar saat berpuasa. 


"Jika kita terlalu banyak makan, baik di waktu sahur atau berbuka, lambung akan membesar. Akibatnya, kita akan kerap merasakan lapar di waktu-waktu berikutnya," ujar dr. Devia Irine. Selain itu, terlalu banyak makan saat sahur juga kurang baik untuk kesehatan kita sebab akan menimbulkan begah dan rasa tidak nyaman pada perut. Dengan demikian, makan sebanyak-banyaknya saat sahur tidak dianjurkan demi menjaga rasa lapar dan kesehatan. 


Saat puasa, tubuh kita akan kekurangan mineral dan nutrisi seperti biasanya. Hal tersebut berakibat pada rentannya kita terkena penyakit, salah satunya sariawan. Tentu sariawan akan mengganggu ibadah berpuasa kita dengan rasa perih yang tidak nyaman sebagai efek sampingnya. Untuk itu, ketika sariawan mulai menyerang selalu gunakan obat sariawan berkualitas seperti Aloclair Plus. Degan kandungan bahan alami aloe vera dan asam hialuronat, praktis untuk dibawa dan tentunya #BebasPerih atasi sariawan. Aloclair Plus terdiri dari 3 varian produk (Gel, Obat Kumur dan Spray). Dapatkan Aloclair Plus di apotek, toko obat atau ecommerce favorit kalian, atau ambil jalan pintas dengan klik di sini!

Artikel

Artikel Lainnya