Stress Pemicu Permasalahan Kesehatan Mulut

27 September 2021 | Admin

Stress sudah diakui sebagai salah satu pengaruh munculnya penyakit fisik dalam tubuh dan tidak terkecuali permasalahan di dalam mulut. Stress merupakan sebuah kondisi psikologis dimana seseorang merasakan tekanan secara mental karena berbagai pengaruh dari lingkungan. Stress merupakan hal yang wajar untuk dialami, setiap orang pasti pernah merasakan stress dalam hidupnya namun stressor berlebih dapat menyebabkan permasalahan yang tidak diinginkan, terlebih lagi pada bagian mulut. Berikut adalah masalah yang dapat muncul ketika sedang stres berlebih:

Menggertakan Gigi

Menggertakan gigi saat tidur adalah salah satu tanda dari stres berlebih pada seseorang. Kebiasaan ini berpotensi menimbulkan beberapa permasalahan seperti sakit kepala, kerusakan pada gigi, sakit pada rahang, bahkan bisa membuat lepas atau mengikis gigi. Stres dan perasaan resah adalah penyebab besar dalam menggertakan gigi. Meditasi dan konseling adalah beberapa cara untuk mengurangi stres, jika konsultasi ke dokter gigi juga bisa diberi pelindung gigi untuk menjaga dari kerusakan apabila memiliki kebiasaan menggertakan gigi.

Gangguan Pada Rahang

TMD atau Temporomandibular Disorder adalah kondisi gangguan yang mempengaruhi otot dan sendi pada rahang. Rasa sakit atau tidak nyaman pada sendi rahang di dekat telinga bukan suatu hal yang normal, sakit pada otot di sekitar rahang ataupun bunyi klik pada sendi merupakan salah satu tanda bahwa anda memiliki TMD. Terkadang rahang dapat membengkak atau terasa kaku, yang dapat mengganggu anda untuk makan atau berbicara. Sakit kepala juga bisa diasosiasikan pada kondisi ini karena tensi otot yang tinggi pada leher, rahang, ataupun punggung. 

Sariawan

Sariawan adalah peradangan di mulut yang sangat mengganggu, walaupun bukan terhitung sebagai penyakit yang parah namun cukup untuk mengganggu keseharian. Biasanya sariawan disebabkan defisiensi vitamin B dan segala bentuk iritasi atau cedera pada mulut. Namun beberapa riset medis menunjukkan bahwa stres dan rasa cemas dapat menyebabkan sariawan. Biasanya sariawan akan hilang dalam waktu beberapa hari namun jika sangat mengganggu anda dapat menggunakan Aloclair Plus untuk solusi cepat bebas perih.

Penyakit Gusi

Stres dapat menyebabkan penurunan fungsi tubuh dalam menghalau infeksi dan penyakit gusi disebabkan oleh infeksi pada bagian gusi anda. Bakteri yang menyebar akibat adanya infeksi ini menyebabkan gusi yang mudah berdarah, penumpukan plak, gigi lepas, dan mulut bau. Untuk menghindari kondisi ini maka dibutuhkan kunjungan ke dokter gigi atau jika sudah memiliki kondisi yang serius maka bisa mengunjungi dokter spesialis periodontal


Artikel

Artikel Lainnya