Tiga Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan

12 April 2022

Ketika kita beraktivitas saat puasa, tubuh pasti membutuhkan energi, vitamin, dan mineral lebih untuk dapat beraktivitas dengan maksimal. Oleh sebab itu, Sobat perlu untuk mengganti energi yang sudah digunakan tersebut dengan menu buka puasa yang sehat dan ideal.


Pada dasarnya, menu berbuka puasa harus memenuhi tiga prinsip. Pertama, mengonsumsi makanan yang cepat dan mudah untuk dicerna. Kedua, isi mineral tubuh yang telah terhidrasi selama Sobat beraktivitas seharian. Ketiga, konsumsi makanan atau hidangan yang dapat memberikan dan mengembalikan pasokan energi dengan cepat. Berdasarkan ketiga prinsip tersebut, Sobat dapat mencoba beberapa tips menu buka puasa sehat dan ideal untuk tubuh. Berikut 3 menu buka puasa yang baik untuk kesehatan: 


  1. Kurma

Buah yang satu ini kaya akan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan yang baik untuk tubuh. Kurma juga merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah kurma juga kaya dengan kandungan zat, gula alami, sumber serat yang sangat baik untuk mengawali hidangan menu buka puasa sehat. Disarankan mengonsumsi 2 buah kurma untuk mengembalikan energi dengan kadar gula dan mineral dari buah kurma.


  1. Sup Hangat 

Sup adalah salah satu makanan yang ideal untuk berbuka puasa. Hangatnya sup akan membuat perut terasa lebih nyaman dan Sobat pun bisa memasukkan berbagai bahan sehat ke dalamnya seperti tahu dan sayur-sayuran yang kaya akan nutrisi. 


  1. Nasi Merah dan Sumber Karbohidrat

Nasi merah, nasi putih, roti gandum atau mie yang terbuat dari gandum juga sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa. Sebab, makanan-makanan ini mengandung karbohidrat yang akan memberikan energi untuk tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan serat dan mineral. 


Tiga menu diatas merupakan menu sehat dan ideal sebagai hidangan untuk Sobat berbuka puasa. Untuk itu, yuk mulai perhatikan konsumsi makanan buka puasa kita untuk tubuh yang lebih sehat. Tidak jarang pula, ketika puasa kita kerap terkena sariawan sebab tubuh kita kekurangan cairan dan mineral. Ketika sariawan mulai menyerang, selalu gunakan obat sariawan berkualitas yang mengandung bahan alami seperti Aloclair Plus yang terdiri dari 3 varian (Spray, Mouthwash dan Gel). Dapatkan Aloclair Plus di apotek terdekat Sobat atau semudah klik di sini!

Artikel

Artikel Lainnya