Tiga Penyebab Insomnia yang Perlu Sobat Ketahui

13 May 2022

Halo Sobat! Kurangnya jam tidur dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Hal tersebut juga dapat mengganggu aktivitas Sobat keesokan harinya karena harus menahan rasa kantuk yang berat. Masalah tidur ini mungkin disebabkan karena insomnia. Sebuah gangguan tidur yang membuat Sobat tetap terjaga semalaman dan sukar untuk tidur.


Mendapatkan tidur malam yang tenang dan nyenyak bukanlah sesuatu yang sulit Sobat dapatkan lho! Jika Sobat penasaran mengapa sangat sulit untuk tidur di malam hari, faktor-faktor penyebab insomnia di bawah ini mungkin akan membantu Sobat untuk dapat mengetahui mengapa insomnia terjadi. Mengutip dari Healthline dan Sleep Foundation, berikut penyebab terjadinya insomnia yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Sobat.


  1. Jadwal Tidur yang Tidak Teratur 

Gaya hidup yang kurang baik seperti bergadang dapat meningkatkan risiko mengalami insomnia. Hal tersebut disebabkan karena pola tidurnya tidak teratur. Hampir sekitar 35% persen orang dewasa mengalami insomnia. Jadwal tidur tidak menentu biasanya akan berpengaruh juga terhadap kualitas tidur. Meski durasi tidur Sobat adalah hampir 7 jam, namun tubuh Sobat tetap terasa letih dan lelah. Upaya paling efektif untuk cara mengatasi insomnia seperti ini yakni dengan mengatur jam tidur secara teratur dan menghindari aktivitas begadang pada malam hari.


  1. Kondisi Fisik dan kesehatan 

Beberapa gangguan kesehatan juga dapat menjadi penyebab terjadinya insomnia, seperti sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, sakit gigi dan sebagainya. Kondisi ini dapat mengganggu waktu istirahat dan berpotensi menyebabkan Sobat mengalami insomnia. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Sobat menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga, konsumsi air putih minimal 2 liter sehari dan konsumsi makanan bergizi. 


  1. Stres 

Insomnia yang diderita setiap orang tidak selalu sama ya Sobat. Seperti halnya insomnia ringan yang biasanya disebabkan oleh kondisi stres. Pikiran yang tidak tenang akan meningkatkan risiko terkena insomnia. Jika siklus ini berlanjut, kondisi sulit tidur di malam hari yang Sobat alami semakin parah. Sejumlah peneliti meyakini bahwa orang-orang dengan stres berkepanjangan akan sangat mudah mengalami insomnia. Cara mengatasi insomnia yang disebabkan oleh tingkat stres tinggi, dapat dilakukan dengan selalu berpikir positif. Meski terlihat cukup sulit, cara ini tetap bisa dilakukan agar gangguan tidur tersebut tidak menghinggapi Sobat.


Nah, itu dia 3 hal yang mungkin menjadi penyebab kenapa Sobat sulit untuk tidur di malam hari dan mengalami insomnia. Kurangnya jam tidur memberikan dampak yang kurang baik ke kesehatan Sobat, salah satunya penurunan daya tahan tubuh. Penurunan daya tahan tubuh ini juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah sariawan. Jika sariawan mulai menyerang, selalu gunakan obat sariawan yang mengandung bahan alami seperti Aloclair Plus. Dengan kandungan aloe vera, baik digunakan mulai dari anak usia 2 bulan hingga orang dewasa dan tentunya #BebasPerih atasi sariawan! Tersedia 3 varian produk (Mouthwash, Gel dan Spray) yang juga praktis dan nyaman dipakai untuk sariawan. Dapatkan Aloclair Plus di apotek terdekat, ecommerce favorit Sobat atau ambil jalan pintas di sini



Artikel

Artikel Lainnya