Tips Makan dan Minum Tanpa Khawatir Sariawan

25 February 2021 | Joo Izzi

Luka sariawan di mulut kerap membuat kita merasa khawatir setiap kali akan makan dan minum. Perasaan khawatir tersebut justru membuat kita jadi enggan makan. Padahal, asupan nutrisi sama pentingnya dengan mengobati sariawan itu sendiri. Meski sedang sariawan, kita sebenarnya bisa tetap makan dan minum tanpa khawatir. 

Karena saat ini, sudah ada obat yang bisa menghilangkan rasa perih pada luka sariawan. Khasiatnya bisa langsung dirasakan sesaat setelah obat diaplikasikan. Apa nama obat sariawan yang ampuh tersebut? Dan, bagaimana caranya agar minum atau makan tanpa khawatir sariawan? Mari kita cari tahu.

Makan dan Minum Tanpa Khawatir Sariawan

1. Konsumsi makanan lunak dan yang mengandung banyak cairan

Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, kita harus makan. Baik itu buah-buahan maupun sayuran yang dikenal banyak mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral. Membuatnya menjadi smoothie atau shake adalah cara paling mudah untuk mengkonsumsi buah ketika sariawan.

Sedangkan untuk sayuran, bisa dibuat menjadi sup yang dimasak hingga matang. Agar tidak menyebabkan luka terlalu perih saat makan, cobalah untuk menyajikan sup dalam keadaan dingin.

Alternatif makanan untuk penderita sariawan diantaranya adalah sereal yang dikonsumsi dengan tambahan air atau susu. Disamping itu, mempertimbangkan juga yoghurt, puding, ubi atau kentang tumbuk, serta pasta.

2. Lembutkan makanan dengan cairan

Contoh makanan yang dilembutkan dengan cairan adalah bubur dan jus. Makanan yang lembut seperti bubur biasanya tidak menimbulkan rasa perih ketika dikonsumsi. Selain bubur dan jus, Anda juga bisa mencoba membuat susu kedelai atau jeli.

3. Konsumsi makanan dalam keadaan dingin

Makanan dingin biasanya lebih mudah dikonsumsi ketika sariawan dibandingkan dengan makan yang hangat atau panas. Buah-buahan seperti anggur, irisan melon, atau semangka lebih mudah dimakan oleh penderita sariawan setelah dimasukkan ke kulkas. 

4. Konsumsi buah-buahan yang kaya air

Cara makan tanpa khawatir sariawan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya air seperti buah semangka, buah persik, hingga mentimun.

5. Hindari buah-buahan yang agak kecut dan asam

Buah-buahan yang kecut biasanya dapat menyebabkan luka sariawan jadi bertambah perih. Sebaliknya, makanan-makanan yang terlalu asam justru bisa menimbulkan sariawan dan dapat menyebabkan sariawan makin parah.

Oleh sebab itu, kurangi konsumsi makanan-makanan yang terlalu asam. Jika ingin memperoleh tambahan vitamin C dari makanan-makanan yang asam seperti buah jeruk, cobalah membuat jus jeruk dan meminumnya dengan menggunakan sedotan.

6. Tambahkan sedikit minyak zaitun ke makanan

Menambahkan minyak zaitun ke masakan atau makanan sangat bermanfaat karena bisa menjadi pelicin. Sehingga, makanan akan lebih mudah ditelan. Tips makan dan minum tanpa khawatir sariawan dengan menambahkan minyak zaitun ke makanan ini sangat cocok bagi penderita sariawan di pangkal mulut.

7. Kumur-kumur dengan air hangat

Setelah makan atau ngemil, biasakan berkumur dengan menggunakan air hangat. Karena selain bisa membantu menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, air hangat juga bermanfaat untuk mengurangi bakteri dan mengurangi rasa perih pada ulkus.

8. Minum dengan menggunakan sedotan

Mengkonsumsi jus buah bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang kuat akan mempercepat proses penyembuhan peradangan. Agar leluasa mengkonsumsi jus buah, sebaiknya gunakan sedotan yang bisa membantu melewati bagian-bagian luka sariawan. Sehingga, luka tidak akan terasa perih.

9. Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu keras dan besar

Makanan-makanan yang keras seperti keripik sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat sariawan. Begitu juga dengan makanan-makanan yang ukurannya terlalu besar. Sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Makanan sedikit demi sedikit dengan gigitan-gigitan kecil secara hati-hati, cara ini akan memudahkan anda menghindari bagian-bagian mulut yang mengalami sariawan agar tidak tersentuh makanan.

10. Kumur dengan menggunakan obat sariawan mouthwash

Obat sariawan seperti Aloclair Mouthwash adalah salah satu contoh obat yang bisa membantu melindungi dan melapisi ulkus agar tidak akan terasa perih. Obat ini sangat direkomendasikan jika kamu ingin leluasa saat minum atau makan tanpa khawatir sariawan.

Obat seperti Aloclair Mouthwash dikenal sangat efektif dalam melindungi atau melapisi luka sariawan. Karena bisa bekerja dalam waktu singkat--antara 2 hingga 3 menit saja. Selain bermanfaat untuk melapisi ulkus agar tidak terasa perih ketika makan dan berbicara, obat sariawan ini juga ampuh dan cepat dalam menyembuhkan luka.

Obat Sariawan Alami

Sariawan di mulut atau gusi yang terasa menyakitkan dan membuat kita seringkali kesulitan untuk berbicara atau makan dan minum, biasanya tidak bertahan lama. Kebanyakan sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga beberapa minggu.

Beberapa pengobatan alami bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Contoh obat alami untuk sariawan yang aman digunakan diantaranya adalah, air garam, bedak tawas, berkumur dengan air soda kue, hingga madu. Akan tetapi, berbagai pengobatan tersebut tentu saja tidak dapat memberikan hasil instan. Karena tidak ada obat apapun yang bisa menyembuhkan sariawan dalam waktu semalam.

Sebagian besar pengobatan alami tidak diteliti dengan baik. Karena itu, gunakanlah secara bijak dan hati-hati. Jika ingin lebih aman dan menginginkan obat yang lebih manjur, sebaiknya gunakan obat formulasi seperti Aloclair yang terpercaya di lebih dari 60 negara.

 

Sumber:

NHS: Mouth ulcers
Healthline: What’s the Difference Between Canker Sores and Cold Sores?

Breastcancer: Eating When You Have a Sore Mouth or Throat


Artikel

Artikel Lainnya