Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan Karena Sariawan

Sariawan pada anak dapat membuatnya tidak nyaman makan, sehingga nafsu makannya berkurang dan bisa berdampak pada turunnya berat badan. Jangan sampai si kecil jadi kurang gizi karena ia malas makan akibat sariawan. Lantas, cara apa saja yang bisa dilakukan agar anak mau makan saat sedang sariawan?

Berikan Es Krim

Anak-anak pasti suka es krim. Ternyata ada manfaatnya juga es krim untuk si kecil yang sedang sariawan. Dr. MM Deah Harry Hapsari, Sp.A(K) dari Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan bahwa es krim bisa diberikan kepada anak yang sedang sariawan karena efek dingin dari es krim dapat meredakan rasa perih akibat sariawan yang dideritanya. Selain itu, es krim juga mengandung nutrisi. Dengan memberikannya es krim, si kecil bisa terpancing untuk makan dan karena rasa nyerinya yang berkurang, ia bisa kembali menelan makanan lebih nyaman.

Makanan Lembut atau Bertekstur Cair

Jangan sampai anak kekurangan gizi saat sedang sariawan. Berikan sup ayam yang kaya akan gizi dan mudah untuk ia telan. Bila perlu, buat makanan menjadi bubur, jika anak sulit mengunyah makanan padat.

Berikan Jus Buah atau Sayuran

Saat anak sariawan, perbanyaklah berikan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin untuk mempercepat proses penyembuhannya. Buah potong mungkin sulit untuk dikunyah, sebaiknya lumatkan buah menjadi jus, agar anak tetap mendapatkan nutrisi yang baik dari buah-buahan.

Jangan Memaksa

Memaksa anak untuk makan dapat membuatnya menjadi tidak nyaman atau bahkan menimbulkan trauma. Tunggu sampai ia mau membuka mulutnya sendiri dan biarkan ia mengunyah makanannya dengan perlahan. Jika ia melepehkan makanan, bersabarlah dan tetapsemangati anak untuk mau makan.

Makan Bersama dan Ciptakan Suasana Menyenangkan

Temani anak makan. Dengan makan bersama anak, orangtua memberi contoh yang akan ditiru oleh anaknya. Biarkan anak makan dengan santai dan pindah tempat makan jika anak bosan makan di tempat yang sama setiap harinya. Ini akan membantu mood-nya membaik saat hendak makan meski sedang sariawan.

Sajikan Makanan Favoritnya

Biasanya anak punya makanan-makanan tertentu yang menjadi kesukaannya. Jika anakmu sudah cukup besar, tanyakan apa yang ingin ia makan. Melibatkan anak menentukan menu makanan yang hendak dimakannya dapat membuatnya lebih tertarik untuk makan.

Buat Menu yang Bervariasi

Ada anak yang suka memilih-milih makanan (picky eater), terlebih jika saat sedang sariawan. Jika si kecil bahkan menolah diberikan makanan kesukaannya, cobalah berkreasi dengan menu baru. Variasikan menu makanan yang kamu berikan, mulai dari bahan makanannya hingga cara pengolahannya. Dengan merasakan menu baru, si kecil bisa lebih berselera makan.

Camilan Ringan Lengkap Gizi

Jika anak sulit makan makanan utama, berikan camilan ringan agar ia tetap mendapatkan gizi yang cukup walaupun hanya makan sedikit makanan utama. Camilan diberikan dua kali diantara jam makanan utama, yakni pada jam 10 pagi (di antara sarapan dan makan siang) dan jam 4 sore (di antara makan siang dan makan malam). Cemilan sehat yang bergizi menjadi solusi jika anak menolak makanan utama, sehingga asupan gizinya tetap terpenuhi.

Berikan Makanan dalam Porsi Kecil

Berikan si kecil makanan yang ia sukai dalam porsi kecil dan dalam frekuensi yang lebih sering. Karena malas makan akibat sariawan, wajar jika anak hanya mau makan sedikit porsi dibanding biasanya. Bila ia baru makan sedikit, berikan jeda sekitar 2 jam dan coba berikan makan lagi. Jangan paksa ia menghabiskan makanannya.

Sajikan Makanan dengan Menarik

Untuk meningkatkan selera makan si kecil yang sedang sariawan, kamu bisa menyiasatinya dengan menyajikan makanan dalam bentuk yang lebih menarik. Selain bentuk makanannya, kamu juga bisa memberikannya peralatan makan yang lucu, yang dapat membuatnya lebih semangat makan. Penyajian dari mulai tampilan, tekstur, warna, aroma hingga pemilihan alat makan dapat memengaruhi selera makan anak.

Sembuhkan Sariawan pada Anak dengan Obat yang Tepat

Supaya anak kembali nafsu makan, sembuhkan sariawannya dengan obat yang manjur. Hati-hati jangan salah pilih obat sariawan untuk anak. Pilih yang memangaman dan tidak mengandung alkohol seperti Aloclair Plus. Aloclair Plus memiliki 3 varian, yakni Aloclair Plus Oral Rinse (kumur), Aloclair Plus Gel (oles), dan Aloclair Plus Spray (semprot). Berikan jeda waktu sekitar satu jam setelah menggunakannya sebelum mengonsumsi makanan atau minuman agar obat bekerja optimal. Ketiganya terbukti ampuh mengobati sariawan karena telah dipercaya dipakai di 57 negara di dunia.

Dengan mengandung bahan alami ekstrak lidah buaya, Aloclair Plus aman jika tertelan anak-anak. Aloclair Plus tidak hanya menyembuhkan sariawan tapi juga memberikan kesegaran di mulut. Pastikan kamu selalu sedia Aloclair Plus di rumah agar keluargamu terbebas dari sariawan, dan jangan lupa selalu bawa Aloclair Plus ketika bepergian. Kemasannya praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

 

Sumber:

http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/stomatitis-sariawan-pada-anak

Febry, Ayu Bulan dan Zulfito Marendra. 2008. Buku Pintar Menu Balita. Jakarta: WahyuMedia

Artikel

Artikel Lainnya