Kenali penyebab Sariawan Pada Balita

Sariawan merupakan penyakit mulut yang sederhana, namun ternyata tak jarang berdampak pada asupan makanan dan minuman pada balita. Bagi para new moms biasanya mereka akan panik karena sariawan pada balita tak jarang menimbulkan efek susah makan, susah tidur dan bahkan susah untuk minum susu.

Agar new moms tidak kaget dan panik ketika balita anda mengalami hal demikian, yuk kenali beberapa penyebab sariawan pada balita!

1. Kebiasaan makan yang buruk

Kebiasaan makan yang buruk ternyata adalah salah satu pemicu timbulnya sariawan pada balita. Seperti makan makanan yang keras berlebihan; seperti kerupuk, keripik atau makanan dengan bumbu dan penyedap rasa yang kuat.

2. Trauma mulut bertabrakan dengan gigi

Trauma ini bisa terjadi saat anak-anak sedang bermain dengan temannya yang lain. Keadaan ini bisa saja terjadi saat moms lengah sedikit memperhatikan balita anda saat bermain.

3. Tidak sengaja bagian bibir tergigit saat bicara atau makan

Jangankan orang dewasa, ternyata anak-anak atau balita pun kadang tidak sengaja dapat mengigit bibir mereka saat makan atau bicara. Hal tersebut bisa saja terjadi meskipun sudah dalam pantauan dari moms ketika anak anda ingin makan sendiri. Namun, moms tidak perlu khawatir! Karena ada Aloclair Plus yang dapat meredakan sariawan pada balita. Kandungan bahan alami dan Aloe vera dan Licorice yang terdapat pada Aloclair Plus ini aman untuk dikonsumsi pada balita yang sedang mengalami sariawan.

4. Kekurangan nutrisi tertentu

Akibat asupan makanan yang buruk, balita dapat kekurangan  beberapa nutrisi tertentu. Seperti vitamin C, vitamin B12, zat besi dan asam folat yang ternyata menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan pada balita.

5. Infeksi pada bagian gusi, gigi atau mulut

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti moms malas atau tidak mau mengajarkan cara menggosok gigi atau membersihkan mulut sedari dini juga dapat menjadi penyebab timbulnya sariawan pada balita loh moms! Ayo jangan malas untuk mulai menanamkan hidup sehat pada anak anda sedari dini, ya!

6. Reaksi pemberian obat-obatan tertentu

Dalam masa penyembuhan dari penyakit tertentu, terkadang obat yang harus dikonsumsi oleh anak-anak atau balita dapat memberikan efek yang lain. Seperti kulit kemerahan, atau bahkan sariawan. Namun, jika reaksi dari obat tertentu nya berlebihan. Sebaiknya moms jangan diam saja ya! Segera konsultasikan masalah tersebut dengan dokter moms.

 

Sariawan biasanya memang bisa sembuh sendiri. Meskipun sariawan bisa membuat anak-anak menjadi sangat rewel dan selalu membutuhkan perhatian lebih. Karena itu sebelum sariawan menjadi lebih parah dan agar cepat sembuh maka Anda bisa menggunakan berbagai obat sariawan baik alami maupun medis.

Artikel

Artikel Lainnya