5 Tanaman Herbal Obat Sariawan

Sariawan dapat diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya, bisa menggunakan obat herbal. Obat sariawan herbal mudah dijumpai karena banyak tumbuh di sekitar kita. Beberapa contohnya adalah air kelapa, Aloe vera, daun tulsi atau daun kemangi, dan masih banyak yang lainnya. Jika anda tertarik dan ingin mengetahui bagaimana tanaman herbal mengatasi sariawan? Anda bisa membaca artikel ini hingga tuntas.

Sebelumnya, kami telah menulis beberapa artikel mengenai cara alami mengobati sariawan dan artikel tentang makanan serta minuman pencegah sariawan. Anda bisa membaca artikel artikel tersebut untuk menambah khazanah alternatif pengobatan sariawan.

Melengkapi artikel tersebut, kali ini kami akan mencoba mengulas obat herbal untuk sariawan yang bisa anda tanam di pekarangan atau disediakan di rumah untuk dimanfaatkan suatu saat nanti apabila dibutuhkan.

Berikut 5 Obat Sariawan Herbal


  1. Tanaman lidah buaya atau Aloe vera

  2. Obat sariawan alami yang paling mudah dibudidayakan adalah tanaman lidah buaya atau yang dikenal dengan istilah Aloe vera dalam bahasa asing. Tanaman ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bagian luar maupun dalam. Dari sekian banyak manfaatnya untuk kesehatan, mengatasi sariawan adalah salah satunya.

    Lidah buaya merupakan tanaman yang banyak digunakan dalam dunia kosmetik, farmasi, dan juga industri makanan. Tanaman ini dikenal memiliki sifat antibakteri dan sangat baik untuk perawatan kulit (skin care). Menariknya, lidah buaya juga dianggap sebagai obat alami sariawan terbaik. Sehingga tak mengherankan apabila obat sariawan sekelas Aloclair Plus juga mengandalkan ekstrak lidah buaya sebagai salah satu bahannya.

    Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati sariawan?

    Mengobati sariawan menggunakan Aloe vera caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil sedikit gel lidah buaya, kemudian aplikasikan ke bagian luka sariawan yang ada di mulut. Diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dibersihkan dan dibilas. Lakukan dua atau tiga kali sehari sampai sariawan sembuh.

    Untuk mendorong penyembuhan dari dalam, Anda bisa memanfaatkan sisa gel lidah buaya yang Anda ambil untuk dikonsumsi atau diminum begitu saja setiap hari. Selain mempercepat proses penyembuhan luka, mengkonsumsi Aloe vera secara rutin juga bermanfaat untuk mengobati penyakit lambung (stomach ulcers), mengurangi asam lambung, dan mengurangi kadar bakteri Helicobacter pylori.


  3. Cengkeh termasuk tanaman herbal untuk mengatasi sariawan

  4. Obat sariawan herbal berupa cengkeh merupakan alternatif pengobatan rumahan yang sederhana dan mudah untuk diterapkan. Cengkeh dikenal luas memiliki kemampuan membunuh bakteri dan bisa membantu menyembuhkan sariawan. Cara menerapkan obat alami ini juga tergolong sangat mudah, yakni:

    Anda hanya perlu mengunyah beberapa kuncup cengkeh yang sudah kering selama beberapa menit. Segera, anda akan merasakan perbedaannya. Selain kuncup cengkeh, Anda juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh untuk mengobati sariawan. Adapun cara menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sariawan adalah dengan, menerapkannya langsung pada luka menggunakan bantuan kapas.


  5. Cuka Sari apel

  6. Bagi sebagian Anda, cuka sari apel mungkin masih terdengar asing. Dan beberapa dari anda mungkin bertanya-tanya di mana anda bisa memperolehnya?

    Cuka sari apel adalah obat alami sariawan yang cukup populer karena dianggap cukup ampuh mengatasi sariawan serta gejalanya. Ramuan alami ini juga relatif mudah ditemukan, terutama apabila anda mencari di toko online. Bagaimana cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati sariawan?

    Penderita sariawan umumnya dilarang mengkonsumsi terlalu banyak makanan-makanan yang asam karena bisa memperparah lesi/luka sariawan. Namun apabila dikonsumsi dalam jumlah moderat, makanan-makanan asam seperti buah stroberi, apel, mangga, jeruk, rambutan, hingga nanas justru bisa mendongkrak imun tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

    Begitu juga dengan cuka sari apel yang sudah pasti terbuat dari buah apel. Meskipun rasanya asam dan tampak bertentangan dengan prinsip pengobatan sariawan, namun fakta bahwa cuka sari apel memiliki sifat antibakteri justru membuatnya dianggap sebagai salah satu obat sariawan yang ampuh.

    Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik hingga 1 menit. Lalu, keluarkan dan bilas mulut Anda dengan menggunakan air putih. Terapkan obat sariawan herbal ini satu atau dua kali--di pagi dan sore hari, hingga sariawan sembuh.


  7. Kunyit

  8. Masyarakat Indonesia sebagian besar tidak asing dengan kunyit karena herbal yang satu ini kerap digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai pewarna alami makanan. Beberapa orang menggunakannya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk sariawan.

    Umbi yang berwarna kuning pekat dan memiliki aroma yang khas ini ternyata berkhasiat untuk melawan infeksi, peradangan, dan mengurangi rasa nyeri pada sariawan.

    Cara menggunakan kunyit untuk mengobati sariawan dan meredakan gejalanya, bisa dengan cara: memarut kunyit, lalu hasil parutannya diterapkan pada luka. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan air agar membentuk pasta yang dapat langsung dioleskan di permukaan luka sariawan.


  9. Daun sirih

  10. Mengunyah daun sirih memang tidak begitu menyenangkan karena rasanya yang agak pedas. Namun jika ingin sariawan lebih cepat sembuh, mengunyah daun sirih adalah salah satu caranya. 

    Seberapa efektif daun sirih apabila digunakan sebagai tanaman herbal mengatasi sariawan? Dalam dunia pengobatan tradisional maupun modern, daun sirih banyak digunakan karena mengandung antioksidan, memiliki sifat anti radang, serta antibakteri. Karena sifat-sifat dan kandungan tersebut, maka tak mengherankan apabila orang yang gemar mengunyah sirih (umumnya) jarang terkena sariawan serta punya gigi yang kuat dan mulut yang sehat.


Kesimpulan Obat Sariawan Herbal

Apabila obat herbal tidak mampu mengatasi luka sariawan yang anda alami, jangan ragu mempertimbangkan obat ampuh untuk sariawan seperti Aloclair Plus yang diformulasikan secara medis dan dikemas dengan menggunakan teknologi modern. Obat sariawan alami bertaraf internasional ini diformulasikan dari bahan-bahan alami seperti akar licorice (akar manis), kayu manis, serta ekstrak lidah buaya. Aloclair Plus juga dibuat dari bahan-bahan lainnya yang aman untuk bayi hingga manula, bebas alkohol, dan mengandung bahan yang efektif melindungi luka agar tidak bertambah parah disamping bahan-bahan yang dapat mempercepat proses penyembuhan lesi.

 

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/stomach-ulcer-remedies#section10

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3812372/cara-mengobati-sariawan-dengan-tanaman-lidah-buaya

https://www.alodokter.com/cara-menyembuhkan-sariawan-dengan-cepat

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4867162/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27840496/


Artikel

Artikel Lainnya