Kebiasaan Anak Dengan Gadget, Aman Gak Ya?

Untuk yang sudah jadi orang tua, saat ini keadaan kita berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.  Biasanya anak belajar di sekolah, lalu kursus atau aktivitas lain di luar rumah.  Karena pandemi, kita terpaksa melakukan semuanya dari rumah.  Otomatis anak-anak harus menjalani kegiatan belajar secara mandiri di rumah melalui kelas online.  Orangtua yang harus menjadi guru juga di rumah. Nah selesai sekolah online, ada anak-anak yang juga kursusnya melalui online.  Penggunaan gadget yang tadinya hanya ketika akhir pekan dengan durasi terbatas, menjadi setiap hari dengan durasi lebih panjang.


Banyak orangtua yang akhirnya memberikan akses gadget tidak terbatas kepada anaknya.  Walaupun banyak penelitian mengatakan bahwa anak-anak di bawah umur 19 tahun baiknya belum diberikan gadget yang tekoneksi dengan internet, dan tetap harus dalam pengawasan orangtua.


Selain itu penggunaan gadget yang terlalu sering, dapat memberikan efek negatif pada anak, seperti jadi ketergantungan, akses tidak terbatas di dunia maya, sampai menurunnya sistem imun karena faktor paparan radiasi.  Tapi jangan terlalu khawatir, gadget juga banyak sekali sisi positifnya untuk anak.  Diantaranya, belajar dengan gadget menumbuhkan rasa penasaran anak, karena lebih menarik. Gadget juga memudahkan anak untuk mengakses banyak informasi yang mereka butuhkan, dan anak juga akan menjadi lebih kreatif. Ditambah lagi dengan gadget saat ini anak bisa berkomunikasi melalu videocall dengan teman-teman dan saudaranya.


Agar anak tetap aman ketika harus memakai gadget, pastikan gadgetnya sudah dibuatkan sistem pengaman nih. Beberapa jenis gadget mewajibkan aktivasi penggunaan dengan menyertakan tanggal lahir, jika dirasa usia pengguna masih dibawah umur, maka gadget akan meminta pengguna untuk menjadikan account orangtuanya sebagai account utama. Dan gadget akan otomatis membatasi akses untuk situs atau aplikasi yang tidak sesuai dengan umur penggunanya, lalu aplikasi ini akan memberitahukan orangtua, apa saja yang baru diakses oleh anaknya.


Selain aplikasi ini, kita sebagai orangtua tetap harus memberikan Do’s and Dont’s untuk anak.  Diskusikan apa saja yang baik dan tidak ketika menggunakan gadget, dan ingat selalu awasi anak ketika bermain dan belajar dengan gadget.  Ada baiknya sesekali menghabiskan waktu bersama tanpa gadget. Mungkin bisa sambil berolahraga bersama, agar badan tetap dalam kondisi fit.


Tapi kalau ternyata lagi ada sariawan dan jadinya aktivitas bersamanya tidak seru gimana? Jangan khawatir, kalau sariawan langsung ingat saja Aloclair plus, yang bahan utamanya dari aloevera. Aman dan alami, ditambah lagi ada tiga varian sesuai kebutuhan keluarga.  Ada gel, spray dan mouthwash.  Dan belinya bisa melalui online juga di https://aloclair.id/product , biar tambah seru, bisa ajak anak untuk pilih dan beli lewat gadget juga.


 


Artikel

Artikel Lainnya