Makanan - Makanan Pemicu Sariawan

Di dalam mulut kita terdapat lapisan pelindung yang apabila cedera atau bocor akan menyebabkan kulit (sensitif) di bawahnya terekspos hingga terbentuklah sariawan. Luka sariawan bisa sangat menyakitkan, tidak peduli ukurannya kecil atau besar. Terlebih, jika luka berada di tempat-tempat yang membuatnya dapat bergesekan langsung dengan gigi atau makanan yang kita konsumsi. Niscaya, rasa sakitnya akan bertambah beberapa kali lipat.

Lapisan mulut kita bisa robek atau terbuka karena berbagai hal. Mulai dari, tidak sengaja menggigit lidah atau bagian mulut yang lainnya pada saat mengunyah, bisa juga disebabkan karena penggunaan gigi tiruan yang tidak pas, penggunaan behel atau kawat gigi, perubahan hormon, stres emosional, hingga bisa juga disebabkan karena makanan yang kita konsumsi.

Makanan Pemicu Sariawan

Jika anda sering mengalami sariawan. Dan, apabila sariawan yang Anda alami sulit sembuh, Anda patut curiga dengan makanan-makanan yang anda konsumsi setiap hari. Karena ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu sariawan, atau bisa meningkatkan resiko terkena sariawan, seperti misalnya:

1. Buah-buahan yang berasa asam

Ada banyak jenis buah-buahan yang sifatnya asam dan menyebabkan lapisan mulut mudah terluka. Buah seperti nanas, jeruk, lemon, rambutan, strawberry, hingga buah kiwi dapat meningkatkan resiko iritasi pada mulut apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Rasa asam pada buah-buahan tersebut dapat menyebabkan stres jaringan mulut dan merusak gusi. Risiko terkena sariawan karena mengkonsumsi buah-buahan yang rasanya asam akan meningkat apabila mulut Anda memang sangat sensitif terhadap buah yang sifatnya asam. Tak hanya ketika dikonsumsi dalam keadaan segar, buah-buahan tersebut juga bisa memberikan efek yang sama saat dibuat menjadi jus buah atau olahan minuman lainnya.

Namun tidak semua buah-buahan dapat mengakibatkan sariawan. Beberapa di antaranya justru ada yang bisa mencegah dan membantu mengatasi sariawan, seperti buah semangka dan pisang misalnya. Buah-buahan tersebut akan membantu Anda terhindar dari abrasi mulut.

2. Kacang-kacangan (nuts)

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena banyak mengandung gizi. Akan tetapi, sebagian kacang-kacangan atau nuts, ada yang dapat mengakibatkan sariawan apabila dikonsumsi terlalu banyak. Misalnya, kacang tanah, kacang mede, kenari, hingga kacang almond. Berbagai jenis kacang tersebut mengandung asam amino L-arginine yang berkontribusi terhadap sariawan.

3. Cemilan atau makanan asin

Jenis makanan pemicu sariawan lainnya yang perlu diwaspadai adalah makanan-makanan yang asin atau mengandung banyak garam. Makanan yang asin atau banyak mengandung natrium dapat menyebabkan mulut menjadi kering hingga menyebabkan peradangan pada lapisan mulut.

4. Coklat

Coklat menurut sejumlah penelitian memang bisa membantu menurunkan tingkat stress dan memperbaiki mood. Akan tetapi, coklat bisa menjadi makanan penyebab sariawan bertambah parah. Pasalnya, di dalam coklat terkandung alkaloid yang disebut theobromine.

Orang-orang yang sensitif terhadap kandungan theobromine pada coklat dapat mengalami reaksi yang mirip alergi hingga menyebabkan sariawan di pipi atau di lidah.

5. Sambal adalah makanan pemicu sariawan

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat suka sambal dan berbagai jenis makanan pedas lainnya. Berbagai jenis makanan pedas, khususnya sambal, dapat menyebabkan gangguan pada lapisan mulut dan menyebabkan sakit pada lambung.

Makanan yang pedas memiliki efek yang sama dengan buah-buahan yang bersifat asam. Makanan pedas umumnya memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Jadi, jika suatu saat Anda mengalami sariawan dan tak kunjung sembuh, bisa jadi kebiasaan makan makanan pedas seperti sambal, cemilan pedas, atau yang lainnya adalah penyebabnya. Karena setiap yang pedas pedas merupakan makanan penyebab sariawan bertambah.

6. Makanan yang keras, kasar, dan tajam

Makanan pemicu sariawan lainnya adalah jenis makanan yang teksturnya keras dan kasar serta tajam. Makanan-makanan seperti ini dapat mengakibatkan lapisan pada mulut tergores hingga muncul sariawan. Beberapa contoh makanan yang kasar, tajam, dan keras diantaranya adalah, keripik singkong, rambutan yang dikonsumsi beserta lapisan bijinya, hingga sejumlah sayuran mentah.

Agar tak menyebabkan luka di mulut, sebaiknya pilihlah keripik singkong yang renyah dan empuk, jangan memasukkan terlalu banyak makanan (penyebab sariawan) untuk dikunyah sekaligus, hindari makanan yang berpotensi melukai mulut seperti lapisan kulit biji rambutan yang kerap kali ikut terbawa bersama daging buahnya.

7. Makanan yang menyebabkan alergi

Di atas telah disebutkan beberapa makanan yang yang dapat menyebabkan alergi seperti coklat dan kacang tanah. Jika anda kebetulan menyukai makanan tertentu yang mengandung alergen seperti coklat atau kacang tanah, dan kerap mengalami sariawan atau menyebabkan sariawan tak kunjung sembuh--setiap kali mengkonsumsi makanan seperti coklat dan kacang tanah, hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa anda alergi terhadap makanan tersebut.

Menghindari makanan penyebab sariawan bertambah parah seperti makanan yang mengandung alergen (berupa coklat, kacang, atau yang lainnya) adalah cara terbaik untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Jika anda kerap mengalami sariawan berulang-ulang kali, cobalah lakukan sedikit eksperimen dengan makanan-makanan yang biasa anda konsumsi. Mungkin saja salah satu di antaranya adalah makanan pemicu sariawan.

8. Susu ataupun produk susu

Susu sapi atau makanan dan minuman yang terbuat dari susu seperti keju dan yoghurt juga bisa mengakibatkan sariawan. Beberapa dokter berpendapat bahwa kandungan protein yang ada pada susu sapi juga bisa meningkatkan resiko sariawan. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita bereaksi secara berlebihan terhadap susu sapi maupun produk susu sapi yang kita konsumsi.

9. Kopi

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Minum kopi dalam jumlah moderat akan memberikan banyak manfaat. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, kopi yang rasanya asam dapat menyebabkan sariawan.

Kesimpulan: Makanan Pemicu Sariawan

Beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ada yang dapat meningkatkan resiko sariawan hingga beberapa kali lipat. Seperti keripik singkong yang kurang empuk misalnya. Selain tajam dan berpotensi mengakibatkan goresan pada lapisan mulut, tidak sedikit keripik singkong yang dibumbui dengan garam atau bumbu bumbu pedas, sehingga resiko sariawan apabila makan makanan seperti ini bisa meningkat beberapa kali lipat. Jika kena sariawan, sebaiknya kurangi atau hindari semua makanan penyebab sariawan bertambah seperti yang telah disebutkan di atas agar lebih cepat sembuh.

 

Sumber:


Artikel

Artikel Lainnya