Bagaimana Millennial Mom Mengubah Dunia?

Generasi millennial adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1981 - 1997. Itu artinya, kini mereka telah berada pada usia 20 – 36 tahun, sehingga banyak dari generasi millennial ini sekarang telah menjadi orangtua. Menurut analisis data di US Census Bureau, sekitar 1 dari 5 ibu di dunia ini adalah millennial mom atau ibu millennial. Apakah kamu salah satunya? Jika, ya, berbahagialah!

Ibu millennial punya peran yang tidak sedikit dalam berkontribusi membawa perubahan dunia. Berikut ini hal-hal yang dilakukan millennial mom dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya:

Millennial Mom Membebaskan Anak Menentukan Masa Depannya

Orangtua generasi sebelumnya biasanya memiliki kecenderungan untuk menetapkan masa depan seperti apa yang harus dijalani anak-anaknya. Tidak heran anak-anak yang dibesarkan orangtua generasi X (lahir antara 1965 - 1980) dan baby boomer (lahir antara 1946 - 1964) memiliki lebih sedikit pilihan untuk membebaskan minat dan ketertarikannya, sehingga banyak yang terpaksa mengubur cita-cita atau passion yang digelutinya.

Menghargai Minat dan Hobi Anak

Kebanyakan millennial mom tidak ingin membesarkan anak-anak mereka dengan cara yang sama seperti mereka dibesarkan. Karena itu mereka memiliki pola asuh yang lebih menyenangkan, santai, dan suportif.

Jika orangtua generasi X dan baby boomer cenderung senang mengkritik apa yang menjadi ketertarikan anak-anaknya, orangtua millenial berpikiran lebih terbuka untuk mendengarkan apa yang disukai anak-anaknya. Tidak hanya mendengarkan, tetapi juga mendukung dan mengarahkan.

 

 

Memiliki Standar Baru dalam Pengasuhan Anak

Jika ada pola-pola pengasuhan anak konvensional yang sudah tidak relevan, ibu millennial tidak akan segan-segan mengabaikannya. Hal-hal yang berbau mitos dan irasional biasanya tidak akan mereka terapkan. Mereka juga umumnya tidak otoriter dalam mendidik anak.

Tidak Mengecilkan Pendapat Anak

Berapa banyak keluarga zaman dulu yang menutup telinga akan pendapat anak mereka? Orangtua millenial menyadari bahwa setiap anak memiliki kebebasan untuk bersuara dalam keluarga, walaupun pendapat mereka bisa saja bertentangan dengan pendapat kita. Orangtua millenial menghargai pendapat anak-anaknya.

Menjunjung Kesetaraan Peran Antara Suami dan Istri

Millennial mom tidak segan meminta bantuan suaminya dalam merawat anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Adanya pembagian tugas antara ayah dan ibu berarti membantu terwujudnya keadilan dan kesetaraan dalam rumah tangga yang bisa diwariskan ke generasi selanjutnya.  Menurut laporan di Working Mother, sebuah media di Amerika Serikat, ayah millennial lebih suka mengerjakan pekerjaan rumah dibanding generasi sebelumnya. Mereka tidak segan mencuci baju, berbelanja, dan mengurus anak.

Memiliki Kecerdasan Digital

Menurut survey di BabyCenter, sebuah situs pengasuhan anak dan kehamilan di Amerika Serikat, millennial mom berpikir bahwa kecerdasan digital mereka akan menjadi alat untuk meraih kesuksesan. Dibanding generasi X, ibu millennial lebih banyak 17% yang memilih bekerja freelance, dan 1 dari 5 di antaranya memulai membuat blog, serta 39% millennial mom menggunakan media sosial untuk menjual barang-barang yang mereka buat (lebih tinggi 63% dari ibu generasi X).

“Mereka tidak hanya berpikir untuk menghemat uang, melalui dunia digital mereka menemukan cara kreatif untuk memulai bisnis dan mendapatkan uang” ujar Mike Fogarty, SVP dan Global Publisher di BabyCenter.

 

Memiliki Identitas Lain Selain Sebagai Ibu

Memilih menjadi ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja di rumah ada sepenuhnya di tangan mereka. Millennial mom yang memilih menjadi ibu rumah tangga juga banyak yang tetap mencari kesibukan lain yang membuat mereka tetap produktif atau melakukan pekerjaan yang lebih fleksibel. Dengan tetap menjalankan passion dan profesi mereka, mereka pun lebih bahagia menjalankan perannya sebagai orangtua.

Memprioritaskan Kesehatan

Generasi millennial menganggap makanan sehat sebagai prioritas utama untuk investasi tubuh jangka panjang. Karena itu semakin banyak ibu-ibu yang memilih makanan organik, alami hingga membuat makanan sendiri untuk anak-anak dan keluarga mereka. Tak heran banyak ditemukan ibu-ibu muda yang saling berbagi resep sehat di platform media sosial

Membekali yang Terbaik untuk Keluarga

Seorang ibu, dari generasi apa pun pasti menginginkan yang terbaik untuk keluarganya. Meski memiliki standar tersendiri dalam mengasuh anak, millennial mom tetap mempertimbangkan hal-hal baik yang diajarkan orang-orang terdahulu. Mereka mengolahnya kembali dalam bentuk berbeda tanpa menghilangkan hal yang esensial.

Seperti misalnya, jika orangtua zaman dulu memilih pengobatan tradisional yang mengambil bahan-bahan alami dari alam, begitu pun juga orangtua millennial, hanya saja, cara dan prosesnya yang mungkin berbeda. Mereka menginginkan hal-hal terbaik dari alam tapi yang mudah didapat dan praktis digunakan.

Kalau kamu adalah salah satu dari ibu millennial, jangan pernah menyerah memberikan hal terbaik untuk keluargamu, terutama untuk permasalahan kesehatan. Penting untuk melakukan pencegahan agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit yang tampak tidak serius seperti sariawan.

Jika kamu atau keluargamu ada yang terkena sariawan, obati segera dengan Aloclair Plus. Aloclair Plus berbahan dasar alami lidah buaya yang dapat meringankan nyeri dan efektif menyembuhkan sariawan. Aloclair Plus juga tidak mengandung alkohol sehingga tidak perih saat digunakan. Bisa dipakai oleh seluruh anggota keluargamu, dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa.

Sumber:

https://www.babycenter.com/0_babycenter-174-reveals-profile-of-todays-millennial-mom-shes_10415025.bc

https://www.romper.com/p/9-ways-millennial-moms-are-raising-smarter-happier-kids-39646

http://abcnews.go.com/Lifestyle/millennial-moms-study-points-time/story?id=22296806

https://www.washingtonpost.com/news/parenting/wp/2014/04/08/millennial-working-parents-happier-than-previous-generations/?utm_term=.5cd51fe197eb

Artikel

Artikel Lainnya