Sariawan di Gusi dan Cara Mengobatinya

Sariawan di gusi tidak kalah mengganggu dibandingkan dengan sariawan di bibir atau di lidah. Makan dan berbicara bisa meningkatkan intensitas rasa perih atau nyeri pada bagian yang luka. Namun ini bukanlah masalah besar jika Anda tahu apa obat sariawan di gusi yang paling ampuh dan bisa dengan cepat menyembuhkannya.

Penyebab sariawan di gusi bisa bermacam-macam, mulai dari cedera dan iritasi hingga penyakit tertentu. Penyebabnya yang bermacam-macam, membuat pilihan obat sariawan di gusi pun jadi beragam. Mengetahui penyebabnya juga akan memudahkan kita untuk mencegahnya datang kembali.

Membeli obat yang diformulasikan secara medis adalah cara menyembuhkan sariawan di gusi yang paling direkomendasikan, meski bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Saat akan membeli obat, kita juga diharuskan mengidentifikasi bagian mana dari gusi-gusi yang rentan terserang sariawan agar bisa memilih obat yang paling tepat dan paling mudah diaplikasikan.

Namun tidak boleh asal mengobati, kita juga harus mengenali tanda sariawan di gusi untuk mengetahui penyebabnya. Karena, meskipun sebagian besar sariawan tidak menular, namun bisa saja luka di gusi yang Anda derita disebabkan oleh virus atau bakteri yang dapat menular dan membutuhkan penanganan berbeda.

Jadi, agar sariawan di gusi bisa diobati dengan tepat dan bisa lebih cepat sembuh, Anda harus bisa mengenali ciri-cirinya untuk memastikan jenis sariawan, pastikan di mana letaknya, dan pilihlah obat terbaik untuk dibeli. Agar bisa melakukan semua itu, pastikan Anda membaca artikel ini hingga tuntas. 

Tanda Sariawan di Gusi

Beberapa tanda atau gejala sariawan di gusi diantaranya adalah:

Dalam sejumlah kasus tertentu, sariawan dapat disertai satu atau beberapa gejala berikut ini:

  1. Nyeri sendi
  2. Demam
  3. Latih atau lesu
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening, dan
  5. Diare

Apabila Anda menderita sariawan dengan 5 gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter atau datangi pusat pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas serta rumah sakit.

Apa Penyebab Sariawan di Gusi?

Sariawan atau yang dalam bahasa medis disebut stomatitis aftosa bisa disebabkan oleh dan berbagai faktor, seperti misalnya:

Faktor yang Dapat Meningkatkan Resiko Sariawan di Gusi

Agar bisa mencegah sariawan, kita juga perlu tahu apa saja faktor yang dapat meningkatkan resiko luka di mulut, khususnya di gusi seperti misalnya:

Obat Sariawan di Gusi yang Ampuh

Cara menyembuhkan sariawan di gusi sebenarnya cukup mudah. Bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami disekitar kita seperti campuran baking soda dan garam, berkumur dengan air kayu manis, minyak kelapa, atau menggunakan irisan bawang.

Obat sariawan alami, sayangnya seringkali tidak seefektif obat-obatan yang diformulasikan secara khusus secara medis dan menggunakan teknologi modern. Bahan alami kerap dianggap kurang manjur karena dosis dan formulanya yang terlalu sedikit. Begitu juga dengan khasiatnya yang kadang-kadang sangat terbatas.

Agar cepat pulih, cara menyembuhkan sariawan di gusi yang paling direkomendasikan adalah dengan menggunakan obat profesional yang diformulasikan secara khusus seperti Aloclair Plus misalnya. Apa saja keunggulan obat sariawan yang diformulasikan secara profesional dibandingkan dengan obat alami?


Artikel

Artikel Lainnya